إندونيسيا تدعم ترشيح سنغافورة للرئاسة الدورية لرابطة دول جنوب شرق آسيا “أسيان”

Indonesia Dukung Keketuaan Singapura di ASEAN

0 1٬030

 

بانتين، اندونيسيا اليوم – قامت إندونيسيا بدعم ترشيح سنغافورة في للرئاسة الدورية لرابطة دول جنوب شرق آسيا “أسيان” لعام 2018 م لجعل “أسيان” أكثر اتحادا.

صرّحت بذلك وزيرة الشؤون الخارجية ريتنو مارسودي في الاجتماع الثنائي الذي ضمها ووزير التنمية الاجتماعية والأسرة في سنغافورة وحضور وزير التربية والتعليم، محمد فيصل إبراهيم، في بانتن (7/12).

وأكدت وزيرة الخارجية، ريتنو، على أهمية متابعة كافة الاتفاقيات الثنائية التي تم التوصل إليها في الاجتماع السنوي بين إندونيسيا وسنغافورة، ومن بينها تدريب 25 من معلمي المدارس المهنية، والتعاون في تعزيز التعليم العالي والاقتصاد الرقمي والخدمات اللوجستية الإلكترونية.

جاء ذلك التعاون في إطار تنمية الموارد البشرية الماهرة بالإضافة إلى دعم وتطوير الاقتصاد الرقمي، وكذلك لتلبية احتياجات التنمية في المنطقة الصناعية ( كندال).

وتطرق الاجتماع أيضا إلى مناقشة اتفاقية تنمية الاستثمار وحمايته أو ما يعرف باسم معاهدة الاستثمار الثنائية (بيت) التي تجري حولها المفاوضات حتى الآن. وكذلك الحديث عن تطوير اتفاقية الازدواج الضريبي.

ويبلغ اجمالي تجارة إندونيسيا مع سنغافورة 26،4 مليار دولار أمريكي، ومن الممكن أن تتجاوز هذا الرقم نظرا إلى قيمة التجارة في الفترة بين يناير – سبتمبر 2017م حيث بلغت 21،5 مليار دولار أمريكي. وسنغافورة تعد أكبر الدول استثماراً في إندونيسيا فقد سجلت استثماراتها في عام 2016م بما قيمته 9,2 مليار دولار أمريكي، أي بزيادة أكثر من 50% عن عام 2015م.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: وزارة الخارجية الإندونيسية

Banten, Indonesiaalyoum.com – Indonesia mendukung secara penuh Keketuaan Singapura di ASEAN untuk tahun 2018 guna menciptakan ASEAN yang lebih bersatu. Demikian papar Menlu Retno L.P. Marsudi dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Pembangunan Sosial dan Keluarga Singapura dan Menteri Pendidikan, Muhammad Faishal Ibrahim, di Banten (7/12).

Dalam pertemuan ini, Menlu Retno juga menekankan pentingnya menindaklanjuti berbagai kesepakatan yang sudah dicapai dalam Pertemuan Tahunan Indonesia-Singapura di antaranya adalah pelatihan bagi 25 tenaga pendidik sekolah kejuruan, kerja sama peningkatan pendidikan tinggi, ekonomi digital dan e-logistik.

Kerja sama ini dalam kerangka peningkatan sumber daya manusia yang semakin terampil selain untuk mendukung pembangunan ekonomi digital, juga guna memenuhi kebutuhan pengembangan Kendal Industrial Park.

Pertemuan juga menyentuh proses pembahasan Perjanjian Peningkatan dan Perlindungan Penanaman Modal (P4M) atau dikenal dengan bilateral investment treaty (BIT) yang negosiasinya masih berlangsung hingga saat ini. Juga diangkat mengenai perkembangan pembahasan Penghindaran Pajak Berganda (double taxation agreement).

Total perdagangan Indonesia dengan Singapura mencatat nilai USD 26,4 milyar dan terdapat peluang angka ini akan dapat dilampaui mengingat untuk periode Januari – September 2017 telah mencapai lebih dari USD 21,5 milyar. Singapura selaku investor terbesar di Indonesia mencatatkan nilai investasi pada tahun 2016 sebesar USD 9,2 milyar, meningkat lebih dari 50% dari tahun 2015. (sumber: Kemlu)

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSaiqi | Sumber: Kemlu

 

تعليقات
Loading...