إندونيسيا تفرض قواعد جديدة على الرحلات الجوية القادمة إليها

Prosedur Baru Kedatangan Penumpang Internasional Di Bandara Soekarno Hatta

0 373

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – للحد من انتشار فيروس كورونا في إندونيسيا؛ قررت اللجنة الجوية لمكافحة وباء كوفيد 19 بالتعاون مع شركة أنكاسا بوترا، تشديد إجراءات الفحص على الرحلات الدولية القادمة إلى إندونيسيا عبر مطار سوكارنو حتا الدولي.

نقلاً عن وكالة أنتارا الإخبارية، بتاريخ الإثنين (3/5/2021)، صرح محمد وسيد، المدير التنفيذي لشركة أنكاسا بوترا، بأنه منذ 30 أبريل الماضي تم فرض إجراءات جديدة على الركاب القادمين إلى إندونيسيا على الرحلات الدولية، سواء أكانوا مواطنين إندونيسيين أو أجانب. حيث يتعين على المسافرين القادمين إلى إندونيسيا المرور عبر تسع نقاط فحص قبل السماح لهم بالخروج من مطار سوكارنو حتا.

  • يبدأ المسافر الواصل إلى إندونيسيا إدخال بياناته الشخصية في طلب حجز فندق في منطقة الوصول الدولية.
  • فحص الشهادات الصحية الخاصة بالمسافر من قبل المكتب الصحي التابع لوزارة الصحة الإندونيسية.
  • جمع بيانات المسافرين الخاصة بمكان الحجر الصحي.
  • المرور على مكتب الجوازات.
  • يتسلم المسافر أمتعته بالمنطقة الخاصة بالأمتعة.
  • يمر المسافر على مكتب الجمارك.
  • يسجل المسافر في مكتب الحجوزات الفندقية الخاصة بالحجر الصحي.
  • يقوم المسافر بملئ بياناته الشخصية ومكان حجره الصحي لدي شرطة المطار.
  • يستقل المسافر الحافلة التي ستقله لمكان الحجر الصحي، والتي تم تخصيصها لهذا الغرض فقط.

أضاف وسيد أن المسافرين القادمين إلى إندونيسيا، سواء مواطنين أو أجانب، لم يواجهوا صعوبة في الالتزام بهذه الإجراءات ومنذ اليوم الأول لتطبيقها. كما شكر وسيد الركاب الذين أبدوا تعاون مع سلطات المطار لأجل إنجاح هذه الإجراءات الجديدة.

شروط أخرى للدخول إلى إندونيسيا:

تأمل سلطات مطار سوكارنو حتا الدولي بأن تسهل الإجراءات الجديدة عملية الحجر الصحي للمسافرين القادمين إلى إندونيسيا، حيث تسهل عملية نقلهم إلى أمكان الحجر الصحي في المدينة الرياضية بباديمانغان أو في الفنادق التي تم تخصيصها لهذا الغرض.

الأجانب القادمين إلى إندونيسيا يجب عليهم أن يلتزموا بعدة شروط لكي يسمح لهم بالدخول إلى إندونيسيا. وفقًا للقرار الإداري رقم 8 لعام 2021 الصادر عن لجنة مكافحة كورونا، والخاص بالبروتوكول الصحي للرحلات الجوية الدولية خلال فترة انتشار وباء كورونا، يجب على المسافرين القادمين إلى إندونيسيا إجراء تحليل كوفيد 19، والالتزام بفترة الحجر الصحي.

كما منعت إندونيسيا دخول المسافرين الأجانب القادمين من الهند أو الذين زاروا الهند خلال 14 يومًا قبل السفر إلى إندونيسيا. أما المواطنين الإندونيسيين فتسمح إندونيسيا بدخولهم بشرط الالتزام بإجراءات صحية مشددة منها الحجر الصحي لمدة 14 يومًا.

 

 

المترجم : مؤمن السيفي | المصدر: ليبوتان 6


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Berupaya mencegah transmisi COVID-19 dari luar negeri, Satuan Tugas (Satgas) Udara Penanganan COVID-19 bersama PT. Angkasa Pura II menetapkan prosedur baru kedatangan penumpang penerbangan internasional di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Implementasinya berupa “pengetatan pemeriksaan” saat kedatangan.

Melansir laman Antara, Senin (3/5/2021), Director of Operation and Service AP II, Muhamad Wasid, mengatakan bahwa sejak 30 April 2021, penumpang dari luar negeri, baik Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asiang (WNA), yang tiba di Bandara Soetta wajib melalui sembilan checkpoint untuk memproses kedatangan.

  1. Penumpang mengisi data diri dan penerbangan melalui aplikasi Hotel Reservation di area kedatangan internasional.
  2. Pemeriksaan dokumen kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes).
  3. Pendataan penumpang internasional terkait lokasi karantina.
  4. Proses imigrasi.
  5. Penumpang mengambil bagasi dibaggage claim area.
  6. Penumpang menjalani proses kepabeanan.
  7. Penumpang melakukan registrasi di Help Desk Hotel untuk proses karantina.
  8. Penumpang kembali menjalani pendataan identitas diri dan lokasi karantina yang dilakukan oleh Polresta Bandara.
  9. Penumpang dijemput bus untuk menuju lokasi karantina dengan konsep single pick up point. Bus yang boleh menjemput hanya yang sudah ditunjuk.

Wasid mengatakan, sejak penerapannya, prosedur ini bisa dijalankan dengan baik oleh penumpang pesawat rute internasional, baik WNI maupun WNA. Pihaknya juga berterima kasih pada para penumpang yang sudah bekerja sama dengan baik dalam penerapan aturan baru tersebut.

Memenuhi Syarat Lain untuk Masuk ke Indonesia

Prosedur baru kedatangan internasional di Bandara Soekarno Hatta ini diharapkan juga dapat mendukung kelancaran proses karantina bagi penumpang pesawat di lokasi yang telah ditentukan. Entah itu di Wisma Atlet Pademangan atau di hotel-hotel yang bisa dipilih.

Di samping, penumpang dari luar negeri juga harus memenuhi berbagai syarat, termasuk menunjukkan surat hasil tes COVID-19 dan melakukan karantina sesuai Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 8 tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Covid-19 dan Nomor 9 tahun 2021 tentang Tempat Karantina, Isolasi dan Kewajiban RT-PCR bagi WNI Pelaku Perjalanan Internasional.

Pelaku perjalanan dari India dilarang masuk ke Indonesia mulai 25 Maret 2021. Bagi WNI yang pernah tinggal atau mengunjungi India dalam 14 hari terakhir diperbolehkan masuk ke Indonesia dengan protokol kesehatan ketat, salah satunya melakukan karantina selama 14 hari.

Translated by: Mukmin Assaifi | Source: Liputan6.com

تعليقات
Loading...