إندونيسيا تفوز في مجال الابتكار بمنظمة السياحة العالمية في إسبانيا

Bangga! Indonesia Raih Juara Inovasi Wisata UNWTO di Spanyol

0 523

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – فازت إندونيسيا مرة أخرى بجائزة مرموقة  في مجال الابتكار السياحي الدولي من منظمة السياحة العالمية التابعة للأمم المتحدة (UNWTO) في مدريد، إسبانيا، الأربعاء (17/01/2018).

حصدت إندونيسيا هذه الجائزة في جوائز منظمة السياحة العالمية للابتكار في مجال السياحة النسخة 14. ولا تقل عن 55 بلدا في العالم  أرسلوا 128  إنتاجا ابتكاريا في مجال السياحة لتتنافس في أربع فئات.

وفاز أحد البرنامج من إندونيسيا ويسمى تريبونيو، في فئة الابتكار السياحي للمنظمات غير الحكومية  وتفوق على عدة ترشيحات وهي المكسيك في المركز الثاني، و ايطاليا في المركز الثالث.

وقال وزير السياحة الاندونيسى عريف يحيى الذى حضر في مراسم تقديم الجوائز فى مدريد باسبانيا “ان ما قد حققنا يدعم جهود الحكومة التي تأمل تجسيد الرقمية في قطاع السياحة لتكون الأسهل وأقل تكلفة.

واضاف عريف “ومن الفائدة من هذه الجائزة الأولى هو التقييم فالأعمال التي نقوم بها؛ هل هي مناسبة وكما هو المطلوب ، وثانيا المصداقية التي تعمل على رفع كفاءة الوطن. والثالث هو الثقة بالنفس الذي يزيدنا ثقة أكبر”.

ووفقا له ومما يجعل برنامج  تريبونيو فائزا من قبل منظمة السياحة العالمية  أنه يرتبط بالمجتمع أكثر من غيره.

ومن جانبه، قال المدير المالي في تريبونيو، ألفونسوس أديتيا في اتصال هاتفي إلى موقع الاخبارية كومباسترافيل انه كان في البداية  لا يتوقع أن يفوز برنامج تريبونيو خاصة أن هناك المكسيك التي تعد من أقوى المنافسين فلها عديد من الجوائز .

ووفق البيان الذي نقلته صفحة منظمة السياحة العالمية، إن تريبونيو هو تطبيق لحجز السفر، مع حزمة الرحلة السياحية  الفريدة من نوعها. فهذا التطبيق يربط السياح المحليين والأجانب إلى السكان المحليين مباشرة الذين لديهم وجهات سياحة متنوعة  من المجتمع السياحي في مدينة سولو، جاوى الوسطى.

وليس فقط بسبب  حزمة الرحلات الفريدة ، ولكن بهذا التطبيق قد طور المجتمع من السكان المحليين مزيدا من فرص العمل والدخل. وما  يقرب  93 % من الدخل يرجع مباشرة  للمجتمع الذي كون حزمة الرحلة.

وجدير بالذكر أن إندونسيا قد حصدت نفس الجائزة من قبل في عام 2016  النسخة  12 لمنظمة السياحة العالمية، وكانت مؤسسة كارانغ ليستاري (بالي) حصلت على المركز الثاني.

في ذلك الوقت، أجرت مؤسسة كارانغ ليستاري (بالي) “مهرجان ريف ريبورن بيموتيران، بالي، وكانت نيبال احتلت المرتبة الأولى و كمبوديا في المركز الثالث.

هذا و تأسست منظمة السیاحة العالمیة في عام 1957 وتم إطلاق الجائزة منذ عام 2003.  وهذه المنظمة التي أخذت  إشرافها من قبل الأمم المتحدة  تعد أکبر جائزة في العالم مع نظام الحکم الأکثر صرامة.

وهناك ست جوائز تنقسم إلى قسمين، وهما جائزتان للأفراد وأربعة جوائز لأنشطة محددة.

والجائزتان للأفراد هما جائزة يوليسيس المتميزة في الابتكار و نشر المعرفة ، وجائزة منظمة السياحة العالمية الإنجاز في مجال الحياة . وأما الجوائز الأربع للأنشطة المحددة، هي جائزة منظمة السياحة العالمية للابتكار في السياسة العامة والحكومة، وجائزة منظمة السياحة العالمية للإبداع في المؤسسة، وجائزة منظمة السياحة العالمية للابتكار في المنظمات غير منظمات الحكومية وجائزة منظمة السياحة العالمية للابتكار في مجال البحوث والتكنولوجيا.

وجهت منظمة السیاحة العالمیة بتنفيذ مدونة أخلاقیة للسیاحة العالمیة التي ضمت 154 بلدا وسبع أقالیم وأکثر من 400 عضو یمثلون القطاع الخاص والھیئات الحکومیة والسلطات السیاحیة المحلیة. ويقع المقر الرئيسي لمنظمة السياحة العالمية في مدريد ويرأسها حاليا طالب الرفاعي الأردني.

المترجم: هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر: travel.kompas.com

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Indonesia kembali meraih penghargaan di bidang inovasi wisata internasional dari United Nation World Tourism Organization ( UNWTO/Organisasi Pariwisata Dunia PBB) di Madrid, Spanyol, Rabu (17/01/2018).

Indonesia mendapatkan penghargaan tersebut dalam helatan UNWTO Awards for Innovation in Tourism ke-14. Sebanyak 55 negara di dunia mengirimkan 128 inovasinya dalam bidang pariwisata untuk diadu dalam empat kategori.

Salah satu perwakilan Indonesia, yaitu TripOnYu menang dalam kategori Tourism Inovation Non-Governmental Organizations (NGO). Ia mengalahkan beberapa nominasi dari Meksiko yang ada di urutan kedua, dan Italia di peringkat ketiga.

Menteri Pariwisata Indonesia, Arief Yahya yang turut hadir dalam pemberian hadiah tersebut di Madrid, Spanyol, mengatakan hal ini semakin mendukung upaya pemerintah untuk mendigitalisasi pariwisata agar semakin mudah dan semakin murah.

“Keuntungan award, pertama adalah calibration yaitu mengkalibrasi apakah yang kita lakukan sudah sesuai. Kedua adalah credibility yaitu mengangkat nama baik bangsa. Dan ketiga adalah confidence yaitu meningkatkan kepercayaan diri kita,” ujar Arief saat dihubungi KompasTravel, Kamis (18/1/2018).

Menurutnya terpilihnya TripOnYu sebagai pemenang oleh UNWTO dikarenakan mendapat dinilai paling unggul dalam kaitannya dengan komunitas.

Sementara itu Chief Financial Officer TripOnYu, Alfonsus Aditya saat dihubungi KompasTravel mengatakan dirinya sangat tidak menduga akan terpilih menjadi juara. Menurutnya saingan terberat dari Meksiko jauh lebih memiliki banyak prestasi.

Dikutip dari laman UNWTO, TripOnYu sendiri merupakan aplikasi booking wisata, dengan trip yang cukup unik. Aplikasi itu menghubungkan wisatawan lokal dan mancanegara kepada masyarakat lokal yang memiliki trip-trip wisata befariatif. Berasal dari komunitas wisata di Kota Solo, Jawa Tengah.

Tidak hanya karena trip wisata yang unik, tetapi komunitas ini memberdayakan masyarakat lokal sehingga menghasilkan banyak lapangan kerja dan pemasukan. Sebanyak 93 persen pemasukannya langsung untuk masyarakat yang mengadakan trip tersebut.

Indonesia bukan pertama kali memperoleh penghargaan dalam kategori ini. Pada 2016, tepatnya dalam perayaan award ke 12 UNWTO, Yayasan Karang Lestari (Bali) mendapat posisi kedua, dalam penghargaan yang sama.

Kala itu Yayasan Karang Lestari (Bali) melakukan kegiatan “Coral Reef Reborn Pemuteran, Bali. Peringkat pertama diraih Nepal dan peringkat ketiga diraih Kamboja.

UNWTO dibentuk tahun 1957 dan penghargaan itu sudah diluncurkan sejak 2003. Badan di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini yang menyelenggarakan penghargaan paling bergengsi di level dunia dengan sistem penjurian paling ketat.

Ada enam penghargaan yang dibagi menjadi dua, yakni dua penghargaan untuk individu dan empat penghargaan untuk kegiatan spesifik.

Dua penghargaan bidang individu itu adalah UNWTO Ulysses Prize for Excellent in The Creation and Dessimination of Knowledge dan UNWTO Life Time Achievement Award. Empat penghargaan kegiatan spesifiknya, yaitu UNWTO Award for Innovation in Public Policy and Goverment, UNWTO Award for Innovation in Enterprise, UNWTO Award for Innovation in Non Govermental Organizations, dan UN-WTO Award for Innovation in Research and Technology.

UNWTO mendorong pelaksanaan kode etik pariwisata global, beranggotakan 154 negara, tujuh wilayah, dan lebih dari 400 anggota berafiliasi yang mewakili sektor swasta, lembaga pemerintahan, dan otoritas pariwisata lokal. UNWTO ini bermarkas di Madrid dan diketuai oleh seorang berkebangsaan Jordania bernama Talib Rifai.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares alBadr | Sumber: travel.kompas.com

 

تعليقات
Loading...