إندونيسيا تنشئ مستشفًى في ولاية راخين (ميانمار)

Pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Rakhine State Dimulai

0 747

 

نايبيداو، ميانمار، اندونيسيا اليوم – بدأ رسميا وضع حجر الأساس لأول مستشفى إندونيسي في ميونغ بوي – ولاية راخين – ميانمار، يوم الأحد (19/11).

حضر الحفل سفير اندونيسيا لدى ميانمار، (إيتو سوماردى)، ممثلا للحكومة الاندونيسية. كما حضر وزير شؤون ولاية راخين بميانمار، وممثل وزارة الصحة بميانمار، وممثل لجنة الإنقاذ في حالات الطوارئ الطبية، وممثلو قادة المجتمع المحلي وقادة المجتمع الإسلامي والبوذي، ومئات من السكان المحليين.

ونظرا لخطورة الوضع الميداني تمّ في الجزء الشمالي لولاية راخين، بناء على طلب حكومة ميانمار في نهاية المطاف،وفي ذات السياق ألغت وزيرة الشؤون الخارجية بجمهورية إندونيسيا حضور الحفل الذي كان من المفترض أن تحضره.

وذلك لأن حكومة (ميانمار) لم توفر لها المعايير الأمنية المتبعة في مثل هذا الوضع بالنسبة لكبار الضيوف، ولتركُّز بقواتها الأمنية على الاجتماع الآسيوي -الأوروبي “أسيم” في نايبيداو الذي حضره حوالي 53 شخصية من المسئولين والوزراء من أوروبا وآسيا.

ويعتبر هذا الصّرح؛ مظهر من مظاهر اهتمام الشعب الإندونيسي بسكان ولاية راخين. وسوف يوفر المستشفى الإندونيسي الخدمات الصحية لجميع سكان ميونغ بوي، بغض النظر عن العرق والدين والخلفية. ومن المتوقع أن يتم الانتهاء من بناء المستشفى في منتصف عام 2018.

يتم بناء المستشفى الإندونيسي على مساحة 12،000 متر مربع مع مساحة إجمالية للبنيان قدرها 8000 متر مربع بما في ذلك سكن الموظفين الصحيين والمبنى الرئيسي للمستشفى. وتكلفة بناء المستشفى ما يقرب من مائة وثمانية مليون (108,000,000) دولار بالتعاون بين حكومة إندونيسيا، و بمساهمة مباشرة من الشعب الإندونيسي، بضمان الصليب الأحمر الإندونيسي والمنظمات غير الحكومية والقطاع الخاص.

و يمثل هذا الحفل بداية المرحلة الثانية لبناء مساكن الموظفين ، والمرحلة الثالثة لبناء المبنى الرئيس…تجدُر الإشارة إلى أنّ المرحلة الأولى قد بدأت فعليّاً من خلال تطوير خرائط وبناء السياج ذلك منذ سبتمبر 2017.

ويتم بناء المستشفى الاندونيسي باستخدام المواد المحلية والاستعانة بالسكان المحليين مما يعكس صورة حقيقية لمساعدة إندونيسيا في فتح الفرص الاقتصادية للمجتمعات المحلية بالإضافة إلى تعزيز الشعور بانتماء السكان للمستشفى.

وهذا العمل عبارة عن سلسلة من الأعمال التي تقوم بها إندونيسيا في مساعدة ولاية راخين، والمجتمع فيها، وكان استهلال هذا العمل بتسليم مساعدة قدرها مليون (1،000،000) دولار أمريكي لبناء أربع مدارس في عام 2014، و 10 حاويات من المساعدات و الاحتياجات الأساسية في ديسمبر 2016 ،بالإضافة إلى بناء مدرستين في (سيتوي )اللتان افتتحتما وزيرة الشؤون الخارجية الإندونيسية في يناير 2017.

المترجم: لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: وزارة الشؤون الخارجية

Naypyidaw, Myanmar, Indonesiaalyoum.com – Pembangunan rumah sakit Indonesia di Myaung Bwe, Rakhine State Myanmar resmi dimulai dengan dilakukannya acara ground breaking atau peletakan batu pertama (19/11).

Acara dihadiri Duta Besar RI untuk Myanmar Ito Sumardi, sebagai perwakilan pemerintah Indonesia. Juga hadir Menteri urusan Rakhine State Myanmar, perwakilan kementerian kesehatan Myanmar, perwakilan MERC, perwakilan tokoh masyarakat setempat, tokoh masyarakat agama Budha dan Islam dan dihadiri ratusan warga setempat.

Mengingat acara groundbreaking berada di wilayah utara Rakhine State yang masih di pandang rawan, atas permintaan Pemerintah Myanmar di saat akhir, Menlu RI yang awalnya dijadwalkan hadir pada acara groundbreaking tersebut batal hadir.

Hal ini karena Pemerintah Myanmar tidak bisa memberikan pengamanan optimal sesuai standar untuk tamu resmi Pemerintah setingkat Menteri, mengingat pasukan keamanan Myanmar sedang difokuskan untuk mengamankan KTM ASEM di Naypyidaw yang dihadiri oleh sekitar 53 pejabat Menteri dan setingkat Menteri dari Eropa dan Asia.

Rumah Sakit ini adalah wujud kontribusi masyarakat Indonesia untuk masyarakat di Rakhine State. Rumah Sakit Indonesia akan menyediakan pelayanan kesehatan untuk seluruh komunitas di Myaung Bwe secara inklusif, tidak memandang suku, agama dan latar belakang. Diharapkan Rumah Sakit ini akan rampung pada pertengahan 2018.

Rumah sakit Indonesia didirikan di lahan seluas 12.000 m² dengan luas total bangunan 8.000 m² termasuk akomodasi staf kesehatan dan gedung utama rumah sakit. Rumah sakit tersebut dibangun dengan biaya sekitar US$ 1,8 juta hasil kerja sama Pemerintah Indonesia antara lain dengan kontribusi masyarakat Indonesia termasuk Palang Merah Indonesia, berbagai LSM, dan sektor swasta.

Peletakan batu pertama ini menandakan dimulainya pembangunan tahap kedua untuk pembangunan akomodasi staf medis dan tahap ketiga untuk pembangunan gedung utama. Tahap pertama pembangunan untuk pemetaan dan konstruksi pagar sebelumnya telah selesai sejak bulan September 2017.

Rumah sakit Indonesia ini dibangun dengan menggunakan sumber daya materiil dan tenaga kerja setempat sebagai bentuk konkrit Indonesia untuk membantu meningkatkan peluang ekonomi masyarakat lokal selain menumbuhkan rasa kepemilikan terhadap rumah sakit tersebut.

Bantuan Rumah sakit Indonesia ini merupakan bagian dari komitmen dan solidaritas Pemerintah dan Masyarakat Indonesia bagi Myanmar dan Masyarakat Rakhine State.

Sebelumnya Indonesia juga telah menyampaikan bantuan US$ 1 juta untuk pembangunan 4 Sekolah pada tahun 2014, 10 kontainer bantuan kebutuhan dasar pada Desember 2016 dan pembangunan 2 sekolah di Sittwe yang telah diresmikan Menlu RI pada Januari 2017.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Thalal Shaigi | Sumber: Kemlu

 

تعليقات
Loading...