إندونيسيا والاتحاد الأوروبي يتفقان على دحض الشائعات وخطاب الكراهية

Indonesia-Uni Eropa (UE) Sepakat Memerangi Berita Bohong dan Ujaran Kebencian

0 750

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – قال السفير ديفيد دالي رئيس وفد الاتحاد الأوروبي، وديكي كومار رئيس وفد إندونيسيا في حوار حقوق الإنسان بين إندونيسيا والاتحاد الأوروبي أكدا الحاجة لتعزيز التعاون بين البلدين وتبادل الخبرات دحضا للشائعات وخطاب الكراهية.

ويرى الطرفان أن الشائعة تهدد التقدم وحماية حقوق الإنسان، ولكن في التعامل معها يجب النظر إلى التوازن بين الأحكام العامة واحترام حق التعبير.

كما اتفق الطرفان على القيام بعدد من الاتفاقيات على المستوى التقني، بما في ذلك تعزيز قدرات رجال الأمن الإندونيسيين والدول الأعضاء في الاتحاد الأوروبي في مجال مكافحة جرائم الشلئعات والأخبار الكاذبة.

وعلاوة على ذلك، ذكر ديكي كومار أن هذه الجريمة تشكل تحديا مشتركا حيث يهتم الاتحاد الأوروبي حاليا بالجد للتعامل معها وسياساتها. وفي إندونيسيا، انتشر الإنترنت انتشارا كبيرا، حيث بلغ عدد مستخدميه اكثر من 100 مليون شخص من خلفيات اجتماعية وثقافية وتعليمية مختلفة، واتخذت الحكومة عددا من التدابير من حيث القانون، والتعليمات العامة والنداءات العملية على مستوى الجمهور بمنع نشر المعلومات التي لم يتأكد صحتها في وسائل التواصل الاجتماعي.

بالإضافة إلى هذه الأجندة، ناقش الحوار أيضا عددا من الاجندات الأخرى التي تهدف إلى تعزيز الشراكة للريادة في مجال حقوق الإنسان على المستوى الدولي ومصداقية عدد من الدول  في الأجندة السياسية على المدى القصير.

اما في مجال حقوق الإنسان، يشجع الوفد الاندونيسي أيضا الاتحاد الأوروبي لتطبيق مبدأ عدم التمييز في صنع القرار، وخاصة القرار المرتبط بالسياسة التي تعتبر تمييزية ضد منتجات زيت النخيل الإندونيسي واللوائح التي ليست صالحة للمنتجات السمكية الاندونيسية التي طبقت مبادئ احترام حقوق الإنسان.

وبهذه المناسبة، أكد الوفد الإندونيسي أن الاتحاد الأوروبي يمكن أن يعتمد سياسة إعفاء تأشيرة شنغن للمواطن الإندويسي كما فعل لاتحاد الأوروبي مع دول الآسيان التي العضوة في الكومنولث.

واكّد  الحوار ان مجال حقوق الإنسان هو أجندة مشتركة بين الاتحاد الأوروبي وإندونيسيا لتعزيز احترام المبادئ الديمقراطية وحقوق الإنسان تمشيا مع تنفيذ اتفاقية التعاون والشراكة.

وحضر الحوار عدد من ممثلي الوزارات والوكالات المعنية في مجال حقوق الإنسان وممثلي سفارة الدول الأعضاء في الاتحاد الأوروبي في جاكرتا. واتفق الوفدان على عقد الحوار المقبل في بروكسل، بلجيكا.

المترجم: لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: الوزارة الخارجية

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Duta Besar David Daly, selaku ketua delegasi Uni Eropa, dan Dicky Komar selaku ketua delegasi Indonesia pada Dialog HAM RI – Uni Eropa ke-7 mengarisbawahi perlunya kedua negara memperkuat kerja sama dan bertukar pengalaman memerangi berita bohong/hoax dan ujaran kebencian.

Kedua belah pihak berpandangan bahwa bentuk kejahatan tersebut mengancam kemajuan dan perlindungan HAM, namun dalam penanganan harus memperhatikan keseimbangan antara ketentuan umum dan penghormatan hak berekspresi.

Kedua pihak juga sepakat untuk melakukan sejumlah tindak lanjut kerja sama  di tingkat teknis termasuk penguatan kapasitas aparat penegak hukum Indonesia dan negara-negara anggota UE dalam memerangi kejahatan ujaran kebencian maupun berita bohong.

Lebih lanjut, Dicky Komar menyatakan bahwa kejahatan ini merupakan tantangan bersama dimana pihak UE saat ini tengah memberikan perhatian serius dengan implementasi sejumlah penanganan serta kebijakannya. Di Indonesia, dengan besarnya penetrasi internet, yaitu lebih dari 100 juta penduduk dengan latar belakang sosial budaya dan pendidikan, pemerintah juga telah menempuh sejumlah upaya baik dari segi hukum, pengedukasian publik ataupun berbagai himbauan praktis di tingkat masyarakat untuk tidak secara mudah menyebarkan informasi yang belum tentu benar di media sosial.

Selain agenda tersebut, dialog juga membahas sejumlah agenda lainnya yang pada intinya bertujuan untuk memperkuat kemitraan di tengah merosotnya kepemimpinan di bidang HAM di tingkat internasional dan kredibiltas sejumlah negara champion yang terjebak dalam agenda politik sesaat.

Dalam Dialog HAM ini, delegasi Indonesia juga mendorong UE untuk menerapkan prinsip non-diskriminasi dalam pembuatan keputusan, utama nya terkait dengan kebijakan yang dipandang diskriminatif terhadap produk palm oil Indonesia dan juga regulasi yang tidak berpihak terhadap produk perikanan Indonesia yang telah menerapkan prinsip penghormatan HAM.

Dalam kesempatan ini juga, delegasi Indonesia menyampaikan kembali agar UE juga dapat memberikan kebijakan bebas visa Schengen kepada WNI sebagaimana yang telah diberikan UE kepada negara negara ASEAN yang merupakan anggota commonwealth.

Dapat digarisbawahi bahwa dialog HAM merupakan agenda bersama UE-Indonesia untuk memajukan penghormatan prinsip-prinsip demokrasi dan HAM sejalan dengan implementasi Perjanjian Kemitraan Kerja sama/Partnership Cooperation Agreement (PCA).

Dialog dihadiri oleh sejumlah wakil Kementerian dan Lembaga terkait di bidang HAM dan wakil wakil dari Kedutaan Besar negara anggota UE di Jakarta.  Kedua delegasi sepakat untuk menyelenggarakan dialog berikutnya di Brussel, Belgia.(Sumber: Kementerian Luar Negeri)

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSaiqi | Sumber: Kemlu

 

تعليقات
Loading...