إندونيسيا وتركمانستان توقعان اتفاقية في مجال الرياضة والتدريب

Indonesia-Turkmenistan Sepakat Dorong Kerja Sama Olah Raga

0 667

 

بانتين، اندونيسيا اليوم – على هامش اجتماع منتدى بالي للديمقراطية (بدف) العاشر في بانتن (7/12)، التقت وزيرة الشؤون الخارجية الإندونيسية، ريتنو مارسودي، رئيس معهد الدولة والقانون تركمانستان، ياغمير نوريف.

اتفق الوزيران على دعم التعاون في مجال تدريب المراسلين الرياضيين والمدربين وفي مختلف مجالات الرياضة. سعياً نحو تحسين العلاقة بين البلدين.
بالإضافة إلى ذلك، أثنت الوزيرة الخارجية الإندونسية، ريتنو، التزام البلدين على تحقيق اتفاق التعاون في مجال الرياضة.

كما اتفقت إندونيسيا وتركمانستان على زيادة حجم التبادل التجاري والحرص على توثيق العلاقات التجارية بين البلدين. يذكر أن حجم التجارة بين إندونيسيا وتركمانستان كانت عام 2016م قد بلغت 7,5 مليون دولار أمريكي مع فائض تجاري من جهة إندونيسيا بلغ حوالي 5,23 مليون دولار أمريكي.

وفي الأثناء، أعربت الوزيرة ريتنو عن قلق إندونيسيا إزاء القرار الأمريكي بشأن الاعتراف الأمريكي بالقدس عاصمة لإسرائيل.

وأكدت الوزيرة ريتنو موقف إندونيسيا الذي يعتبر قضية فلسطين من الأولويات، وأعربت عن رغبة إندونيسيا في أن تتفق كل من تركمانستان وبلدان منظمة التعاون الإسلامي في مواجهة هذه التطورات بطريقة ملموسة. وضرورة تجنب ألا تحذو بقية بلدان العالم حذو الخطوة الإدارة الأمريكية.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: وزارة الخارجية الإندونيسية

Banten, Indonesiaalyoum.com –  Di sela sela pertemuan BDF ke-10 di Banten (7/12), Menlu Retno L.P. Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Head of Institute of State and Law Turkmenistan, Yagmyr Nuryyev.

Kedua menteri sepakat untuk mendorong kerja sama training camp, pertukaran pelatih dan atlet di berbagai cabang olah raga. Hal ini perlu dilakukan guna lebih meningkatkan hubungan yang telah terjalin dengan baik selama.

Selain itu, Menlu Retno juga memuji komitmen kedua negara untuk merealisasikan Perjanjian Kerja Sama Olah Raga.

Baca juga: Trump Akui Yerusalem Ibu Kota Israel, Menlu Panggil Dubes AS

Indonesia dan Turkmenistan juga sepakat untuk tingkatkan volume perdagangan dan hubungan bisnis yang lebih erat di antara kedua negara. Sebagai catatan, nilai perdagangan RI-Turkmenistan pada tahun 2016 mencapai USD 7,5 juta dengan surplus di pihak Indonesia sebesar USD 5,23 juta.

Dalam pertemuan dimaksud, Menlu Retno juga sampaikan keprihatinan Indonesia terkait keputusan AS mengenai pengakuan Jerusalem sebagai Ibu kota Israel.

Baca juga: Jokowi Kecam Keputusan Sepihak Presiden Amerika Serikat Terkait Jerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

Menlu Retno menegaskan posisi Indonesia yang menjadikan isu Palestina sebagai prioritas polugri. Disampaikan keinginan agar Turkmenistan dan negara-negara OKI lainnya bersatu dalam menyikapi perkembangan ini secara konkrit. Perlu dipastikan langkah AS tidak diikuti oleh negara lainnya. (sumber: Kemlu)​

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSaiqi | Sumber: Kemlu

 

تعليقات
Loading...