إندونيسيا وتركيا تتفقان على إنشاء مجلس استراتيجي رفيع المستوى

Indonesia-Turki bentuk forum tingkat tinggi

0 546

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قال نائب الرئيس يوسف كالا أن إندونيسيا وتركيا تتفقان على إقامة مجلس استراتيجي رفيع المستوى كمنتدى اتصالات لزيادة التعاون الاقتصادى بين البلدين وخاصة في مجالات التجارة والاستثمار.

كشف نائب الرئيس الإندونيسي يوسف كالا الاتفاق الذي أبرمه مع تركيا للصحفيين أثناء تحليقه ​​على متن طائرة رئاسية إلى المدينة المنورة يوم السبت لأداء العمرة بعد زيارة تركيا لحضور الدول النامية الثماني .

وقال “لقد اتفقت على تشكيل مجلس رفيع المستوى أو هيئة أعلى لتعزيز التجارة .”

وأشار بعد ذلك إلى أنه يمكن إجراء مشاورات رفيعة المستوى بالتنسيق مع المسؤولين على المستوى الوزاري إندونيسيا ورئيس وزراء تركيا من أجل اتخاذ قرارات سريعة.

وأضاف كالا أن المنتدى يأمل في تعزيز التعاون الاقتصادي الذي لا يشمل التجارة فحسب بل أيضا الاستثمار في قطاعات الدفاع والصناعة والزراعة وغيرها.

وأشار إلى أن إندونيسيا تتمتع حتى الآن بفائض في تجارتها مع تركيا، وأن تركيا ترغب في تحقيق التوازن بين التجارة من خلال زيادة التعاون.

وتبلغ قيمة التجارة بين البلدين حاليا نحو 1.5 مليار دولار، وبلغت الصادرات الإندونيسية إلى تركيا 1.2 مليار دولار.

من جانبه عقد كالا اجتماعا ثنائيا مع رئيس الوزراء التركى رجب طيب أردوغان في قصر دولمابهاس مساء أول أمس الجمعة وتحيط به وزيرة الخارجية ريتنو مارسودي. (مصطفى/معراج)

المصدر وكالة أنتارا نيوز

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan sepakat untuk membentuk forum strategis tingkat tinggi (high level strategic council) antara Indonesia dengan Turki sebagai forum komunikasi tingkat tinggi dalam meningkatkan kerja sama perekomian utamanya perdagangan dan investasi antar kedua negara.

Wapres menyampaikan hal itu kepada wartawan di Pesawat Kepresidenan yang melintas Laut Mediteranian saat hendak menuju Madinah, Sabtu siang waktu setempat.

“Saya setuju supaya ada bikin High Council atau badan yang lebih tinggi untuk meningkatkan perdagangan,” kata Wapres.

Ia mengatakan, nantinya konsultasi tingkat tinggi tersebut akan dilaksanakan oleh pejabat setingkat Menteri Koordinator di Indonesia dan Perdana Menteri di Turki agar dapat mengambil keputusan dengan cepat.

Wapres mengatakan dengan adanya forum tersebut diharapkan kerjasama di bidang ekonomi dapat lebih cepat ditingkatkan, tidak saja perdagangan antar kedua negara namun juga investasi untuk sektor industri pertahanan, pertanian dan sektor-sektor lainnya.

Wapres menambahkan, saat ini Indonesia surplus perdagangan dengan Turki. Turki, menurut Wapres. berkeinginan menyeimbangkan antar keduanya dengan meningkatkan kerja sama ekonomi.

Saat ini, menurut Wapres, perdagangan Indonesia-Turki sekitar 1,5 miliar dolar AS di mana Indonesia mengekspor produknya ke Turki sebesar 1,2 miliar dolar AS, dan sisanya ekspor Turki ke Indonesia.

Sementara itu, pertemuan bilateral antara Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dilaksanakan di Istana Dolmabhace pada Jumat sore waktu setempat. Wakil Presiden didampingi Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Editor: Ruslan Burhani

 

تعليقات
Loading...