إيريك طاهر: لقاء يوسف كالا وبرابوو أمر صحي

Erick Thohir: Pertemuan JK-Prabowo Adalah Hal yang Sehat

0 444

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – أعلنت الحملة الإنتخابية للثنائي جوكو ويدودو-معروف أمين أن  لِقاء نائب رئيس الجمهورية يوسف كالا وبرابوو سوبيانتو يُعتبر مبادرة جيدة، حيث أن رجال السياسة يَجب أن يكونوا وطنيين.

قال أيريك طاهر في لقاء عُقد معه في فندق مونوبولي بجاكارتا الجنوبية يوم الجمعة (24/05/2019): “أعتقد أن تواصل الأستاذ يوسف كالا مع الأستاذ برابوو مبادرة جيدة وأمر صحي. حيث أن الإختلافات يَجب تسويتها بشكل صحيح”.

أكمل أيريك حديثه: “هذا ما يَجب أن أذكر به نفسي دائمًا، أننا نحن رجال السياسة ورجال الدولة يَجب أن نكون وطنيين، لإن إندونيسيا باقية ومستمرة وسوف تُبنى ويَجب أن نُحافظ عليها”.

يَرى إيريك أن جوكوي مُستعد أن يُقابل برابوو وأن يَعملوا سويًا.

قال إيريك: “الرئيس جوكوي فَاتح ذراعيه للعمل سويًا وللمشاركة، وفي رأيي هذا شئ إيجابي وجيد”.

ثُم سُئل إيريك هل مازال يَتكلم مع صديقه المرشح السابق لمنصب نائب رئيس الجمهورية ساندياجا أونو. وأجاب أن حديثهم يَدور حول أشياء ليست كبيرة.

قال إيريك: “أتكلم معه بشكل سطحي، وكل التصرحيات والأحداث ليست عائق أن نكون أصدقاء، فعلى سبيل المثال هل أن لا أستطيع أن أهنئه بمناسبة ما؟”.

لا يَعرف إيريك متى سوف يتقابل ساندي مع معروف أمين، وأكد إيريك أن علاقته جيدة مع ساندي ودائما يتحدثون عَبر تطبيق الواتساب ومكالمات الفيديو.

أكمل إيريك: “نتحدث عن أشياء عدة، مثل متى سوف نَفطر سويًا حيث أن رمضان قارب على الإنتهاء، وما هي الخطة لقاء الإجازة القادمة، وكيفية الخروج من هذه الأحداث فائزون جمعيًا. ليس هناك شئ محدد”.

أكد إيريك أن ساندي مُرحِب بهذه المحادثة، وبالطبع كل ما يَدور في تِلك المحادثات يُنقَل لجوكوي وبرابوو.

أنهى إيريك حديثه قائلا: “ساندي مُرحب جدا بالمحادثة معه بشكل غير رسمي، وأعتقد أن تِلك المحادثات يَعرفها الأستاذ برابوو، مثلي تماما، أبلغها للأستاذ جوكوي واستأذن منه أن أتكلم وأتواصل معه”.

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة نيوز ديتيك الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin menilai pertemuan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dengan Prabowo Subianto adalah hal yang sehat. TKN menyebut para elite politik harus menempatkan diri sebagai negarawan.

“Ketika komunikasi terbuka antara Pak JK dan Pak Prabowo, saya rasa ini hal yang sehat. Karena kan ini yang namanya perbedaan itu hal yang lumrah selama diselesaikan secara baik-baik,” kata Ketua TKN, Erick Thohir, di Hotel Monopoli, Jalan Taman Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (24/5/2019).

“Ini yang saya rasa kenapa kita sebagai elite-elite politik sangat penting menaruh diri kita itu sebagai negarawan dan tokoh-tokoh yang tidak menghalalkan segala cara untuk kepentingan sesaat. Karena Indonesia-nya kan jalan terus, Indonesia kan dibangun. Ini yang kita jaga,” imbuhnya.

Menurut Erick, Jokowi sendiri juga akan menyambut pertemuan dengan tangan terbuka. Jokowi disebutnya juga siap membuka diri untuk bekerja sama.

“Dan Pak Jokowi sendiri membuka lebar-lebar tangannya, jelas beliau bilang ‘saya membuka diri, saya siap bekerja sama’. Itu kan salah satu statemen yang menurut saya luar biasa. Ini harus disambut secara positif. Tapi tentu aturannya harus sesuai,” ujar Erick.

Lantas, apakah Erick juga sudah berkomunikasi dengan sahabatnya yang juga cawapres Sandiaga Uno? Erick menyebut pembicaraan antara dirinya dengan Sandi hanya membahas hal-hal yang ringan.

“Saya hanya bicara yang ringan-ringan saja. Bagaimana kita sendiri kan dapat statement-stament, kalau nanti di ujung-ujung kita bersahabat kembali. Masa karena belum selesai, nggak bisa ngucapin mohon maaf lahir batin? Masa nggak boleh?” ucapnya.

Erick sendiri mengaku belum tahu kapan rencana pertemuan antara Sandi dengan Ma’ruf Amin. Namun, ia menegaskan komunikasi dirinya dengan Sandi berjalan baik, bahkan sering berbincang melalui Whatsapp dan video call.

“Oh nggak lah (merangkul Sandi ke koalisi Jokowi). Justru kita Whatsapp-an, ini kan sudah mau selesai (Ramadhan), kapan kita buka puasa bareng sama keluarga, rencana apakah liburan, apakah juga proses daripada ini musti dicari jalan keluar yang win-win. Kan kayak begitu. Nggak spesifik isu ini atau itu.

Menurut Erick, Sandi menyambut baik pembicaraan dengan dirinya. Hasil pembicaraan antara dia dan Sandi pun disebut Erick juga disampaikan kepada Jokowi maupun Prabowo.

“Oh, beliau (Sandi) sangat welcome. Saya rasa dan saya yakin pembicaraan saya dengan Pak Sandi secara informal pun pasti Pak Sandi sampaikan ke Pak Prabowo, seperti saya juga pasti menyampaikan ke Pak Jokowi. Jadi ‘Pak, izin ya saya kontak-kontakan’. Itu kan hal biasa. Jangan sampai nanti ada hal-hal yang dipikir, mohon maaf, apa ini (maksudnya)?” pungkasnya.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: news.detik.com

تعليقات
Loading...