اختراع ياباني جديد يجدد الامل في زراعة الشعر

Menumbuhkan Rambut dalam Beberapa Hari? Intip Penelitiannya

0 1٬455

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – “تستعمل عيادات التجميل لزراعة  الشعر خلايا من عظام المقليات وهو عظم مؤخر الرأس ثم يزرع الشعر في المناطق التي تعاني من الصلع وفقدان الشعر لكن الطريقة لا تغذي الشعر”, بحسب رئيس فريق البحث الأستاذ جونجي فوكودا من جامعة يوكوهاما الوطنية.

يبحثون خليتَين وضعت في السيليكون لنمو “خلايا الشعر البكتيرية” وهو مصدر الكائنات الصغيرة  وهي قد اثبتت فعاليتها في نمو والمحافظة عليه .

زرع فوكودا وفريقه حوالي خمسة آلاف خلية بكتيرية في الأيام تكفي لزيادة عدد الشعر.

هذه الطريقة أسرع من تقنيات المختبرات الموجودة الآن بخمسين وتتفوق عليه بحوالي 50 خلية بكتيرية في التجربة الواحدة

لكن فوكودا لن يجربها علي الإنسان إلا بعد الخمس سنوات القادمة ويعتقد بأن هذه التقنية سوف تنجح  مما يساعد مرضى السرطان أو نحوه من الأمراض المزمنة التي تسبب تساقط الشعر، بحسب فوكودا عن الدراسة المنشورة في مجلة المواد الحيوية.

ووعدّ بأن هذه الطريقة قد تستعمل بعدنحو عشر سنوات.

وقد جاء في بعض التقارير بأن المقليات في مطاعم الوجبات السريعة  مثل:ماكدونالدز قد تكون مفيدة في حلّ  مشكلة الصلع ولكن فوكودا أنكر ذلك

السيليكون المستعمل في تلك الدراسة وهو سيلوكسان (dimethyplysiloxane) الموجود في الزيت المستعمل في مطاعم الوجبات السريعة .

وذكر  الأستاذ بأن استهلاكه لا يفيد للشعر أو غيره من الأشياء.

antara :المترجم : صلة رحمة الله محبوب| التحرير:د.طلال الشايقي | المصدر

Jakarta, Indonesiaalyoum.com-Tim ilmuwan di Jepang menemukan cara menumbuhkan rambut hanya dalam beberapa hari.

“Klinik kecantikan saat ini sering kali menggunakan rambut dari area oksipital (bagian belakang kepala), lalu menanamnya di bagian yang kehilangan rambut. Masalahnya, cara itu tidak menyuburkan rambut,” kata Profesor Junji Fukuda dari Yokohama National University, ketua tim penelitian ini.

Mereka meneliti dua sel yang ditempatkan di kontainer silikon untuk menumbuhkan “bakteri kantung rambut”, sumber dari organisme kecil yang menumbuhkan dan mempertahankan rambut, tulis AFP.

Fukuda dan timnya berhasil membudidayakan 5.000 bakteri dalam hitungan hari, cukup untuk menambah kembali jumlah rambut.

Metode ini lebih cepat dari teknik laboratorium yang saat ini ada, yaitu 50 bakteri dalam sekali percobaan.

Saat ini, Fukuda belum menguji coba pada manusia hingga lima tahun ke depan, namun, mereka yakin teknik ini dapat dicoba.

Teknologi ini dapat membantu pasien kanker atau penyakit kronis lainnya yang menyebabkan rambut rontok, kata Fukuda tentang studi yang dipublikasikan di jurnal Biomaterials.

Ia memperkirakan cara ini dapat digunakan dalam 10 tahun.

Beberapa pemberitaan sebelumnya menyebutkan gorengan di restoran cepat saji McDonald’s dapat membantu mengatasi kebotakan, namun, Fukuda menyangkalnya.

Silikon yang digunakan dalam studi tersebut, dimethyplysiloxane, terdapat dalam minyak yang digunakan di makanan cepat saji.

Tapi, menurut sang profesor, mengkonsumsinya tidak membawa keuntungan untuk rambut atau apa pun.

 

تعليقات
Loading...