شركة “ليون إير” تتعاون مع الوكالة الوطنية لمكافحة المخدرات

Lion Air gandeng BNN cegah penyalahgunaan narkoba

0 701

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  تتعزم شركة ليون إيرالتعاون مع الوكالة الوطنية لمكافحة المخدرات (بنن) لمكافحة  واستئصال تعاطي المخدرات ونشرها، وخاصة بالنسبة للبيئة الداخلية لشركة ليون إير والشركات المحيطة بها.

“بالنسبة لشركة مجموعة ليون إير إن هذا مهم جدا، لأنه مع هذا التفاهم سيكون الأسهل بالنسبة لنا لمنع وإساءة استخدام المخدرات ونشرها في بيئة الشركة” قال إدوارد سرائيت، المدير العام لشركة مجموعة ليون إير أثناء توقيع مذكرة التفاهم مع الوكالة الوطنية لمكافحة المخدرات، جاكرتا، الخميس.

وأكد إدوارد أن الشركة قد فرضت عقوبات صارمة وشديدة إذا ثبت وجود المخدرات في بيئة الشركة، وذلك بإنهاء العمل بطريقة غير محترمة.

“واللائحة وردت في عقود العمل التى وقعها الموظفون قبل أن يصبحوا رسميا جزءا من شركة مجموع ليون إير”. أكده إدوارد.

وأوضح إدوارد أن للشركة إجراءات التشغيل القياسية (سوب) المتعلقة بالفحص، بما في ذلك الطاقم والموظفين.

إذا تم اكتشافه سواء بإساءة استخدام المخدرات أم ترويجها، فسوف تقدم الشركة ليون إير تقرير إلى الوكالة الوطنية لمكافحة المخدرات.

“سنحاول بجد، وبالتأكيد سوف ننسق مع الموظفين وسيتم ارسال التقرير، إن الشركة وبالتعاون  مع الوكالة الوطنية لمكافحة المخدرات مسؤولتان عن مكافحة وإساءة استخدام المخدرات. وجميع الموظفين، حتى الركاب على متن رحلاتنا ، إذا اكتشف وجود المخدرات بينهم سنقدم التقرير”. أكده إيدوارد.

وفى نفس الوقت قال بودى ويسيسو، مدير الوكالة الوطنية لمكافحة المخدرات، أنه يؤيد ما تقوم به شركة ليون إير فى منع وتعاطي المخدرات وترويجها.

وقال بودي إن الرحلات الجوية ثاني أكثر الطرق استخداما لنقل المخدرات بعد الطريق البحري.

“هذا بالنسبة لمشكلة الرحلات الجوية، وكيف بالنسبة للإنسان. لو كان هناك واحد يعرف أنه يحمل المخدرات، فإن الخسارة تعد أكثر من ثمن الطائرة الواحدة”. بحسب بودي.

وبالإضافة إلى ذلك، واصل بودي، إن أنواع المخدرات في تزايد، فهناك 68 نوعا من المخدرات، لكن المخدرات الداخلة تحت طائلة القانون لا تزيد على 65 أنواع.

وأضاف أنه بالإضافة إلى ذلك، فإن ترويج المخدرات أسرع، وتستخدم طرق مختلفة لذلك، مثل إكستاسي في شكل المجلة.

“لذلك نؤيد ما تقوم به شركة ليون اير فى مجال مكافحة المخدرات”. أضافه.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: صحيفة أنتارا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Lion Air menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk melakukan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran narkotika, khususnya bagi lingkungan internal perusahaan Lion Air Group dan sekitarnya.

“Bagi Lion Air Group hal ini sangat penting, karena dengan adanya kesepahaman ini akan semakin mudah bagi kami untuk mencegah adanya penyalahgunaan dan peredaran Narkoba pada lingkungan perusahaan kami,” kata Edward Sirait, Direktur Utama Lion Air Group dalam penandatanganan dengan BNN di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis.

Edward menegaskan perusahaan memberikan sanksi tegas dan berat jika memang terbukti terindikasi dengan barang haram tersebut dengan pemberhentian hubungan kerja secara tidak terhormat.

“Peraturan tersebut telah tertuang pada kontrak kerja yang ditandatangani oleh para pegawai sebelum resmi menjadi bagian dari Lion Air Group,” katanya.

Edward menjelaskan pihaknya telah memiliki prosedur operasi standar (SOP) terkait pemeriksaan, termasuk kru dan pegawai.

Apabila ditemukan potensi kasus baik penyalaggunaan maupun peredaran, maka pihak Lion Air Group akan melaporkan ke BNN.

“Kita akan berusaha keras, kita pasti akan koordinasi menyangkut personel maupun indikasi kargo kita akan segera laporkan. Ini bersama-sama BNN yang bertanggung jawab pencegahan dan penyalahgunaan. Semua pegawai `ground staff` termasuk penumpang kalau ada kecurigaan kita ada narkotika akan kita sampaikan,” katanya.

Dalam kesempatan sama, Kepala BNN Budi Waseso mengatakan pihaknya mendukung apa yang dilakukan Lion Air dalam pencegahan penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

Budi mengatakan penerbangan merupakan jalur terbanyak kedua yang dipakai untuk mengedarkan narkoba setelah jalir laut.

“Kalau masalah penerbangannya, tetapi manusianya. Ada satu saja yang terindikasi narkoba, kerugiannya melebihi satu pesawat itu,” katanya.

Ditambah saat ini, lanjut dia, jenis narkoba semakin beragam, yaitu terdapat 68 jenis narkoba, sementara yang dimasukkan ke undang-undang baru 65 jenis.

Selain itu, dia menambahkan, peredarannya semakin cepat dan banyak cara yang digunakan, seperti ekstasi dalam bentuk majalah.

“Karena itu, kita mendukung apa yang dilakukan Lion Air dalam melawan narkoba,” katanya.

Translated by: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alShaiqi | Source:  Antara

 

تعليقات
Loading...