إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

ارتفاع اختلاف أسعار الفلفل الأحمر من المنتجين نحو المستهلكين

Perbedaan Harga Cabai Merah dari Produsen ke Konsumen Tinggi

0 423

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – أصدر المكتب المركزي للإحصاء تقريرا عن نمط تجارة السلع الاستراتيجية في إندونيسيا. وأوضح رئيس المكتب المركزي للإحصاء سوهاريانتو، نتائج الإحصاء الذي أجراه المكتب، أن نسبة التجارة والنقل (MPP) لسلعة الفلفل الوطنية في عام 2016 بلغت62.39 %.

وقال سوهاريانتو في مؤتمر صحفي منعقد في جاكرتا يوم الخميس  (16/2) أن الزيادة في سعر الفلفل الأحمر من المنتجين إلى المستهلكين النهائيين بلغت %62.39.

وأوضح أن النمط الرئيسي لتوزيع تجارة الفلفل الأحمر التي تشكلت في إندونيسيا في عام 2016 يتكون من أربع سلاسل، ابتداء من المنتجين إلى آخر المستهلكين. وتشمل عملية توزيع الفلفل الأحمر ثلاثة تجار وسيط، وهم جامعي وتجار جملة وتجار التجزئة أو السوبر ماركت.

وإذا لاحظنا من حيث المنطقة، نجد أن أعلى هامش تجاري للفلفل الأحمر في بابوا الغربية بنسبة %126.28 أي أن الأسعار عند المستهلك تزيد ضعفين مما عند المنتجين.

وفي الوقت نفسه، فإن أقل هامش في منطقة بالي بلغت %15.86 . ولاحظ المكتب أيضا أن هامش التجارة والنقل الوطني الذي يحدث في الفلفل الأحمر هو الأعلى بالمقارنة مع السلع الغذائية الاستراتيجية الأربعة الأخرى. وبتفصيل أكثر، كما بين سوهاريانتو عن نسبة التجارة والنقل (MPP ) الوطني للأرز 26.12 %، و 43.56 % للبصل، و 30.05 % للحوم البقر و %25.54 للحوم الدجاج.

المترجم: أحمد شكري | المحرر: فارس البدر | المصدر: صحيفة ريفوبليكا

 

Jakarta, Indonesiaalyoum.com — Badan Pusat Statistik (BPS) merilis laporan mengenai pola perdagangan komoditas strategis di Indonesia. Kepala BPS Suhariyanto memaparkan, dari hasil survei yang dilakukan lembaganya, ditemukan bahwa persentase margin Perdagangan dan Pengangkutan (MPP) untuk komoditas cabai merah secara nasional pada 2016 sebesar 62,39 persen.

“Kenaikan harga cabai merah dari produsen sampai dengan konsumen akhir sebesar 62,39 persen,” ujar Suhariyanto, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (15/2).

Ia menjelaskan, pola utama distribusi perdagangan cabai merah yang terbentuk di Indonesia pada 2016 terdiri dari empat rantai, mulai dari produsen sampai ke konsumen akhir. Proses pendistribusian cabai merah melibatkan tiga pedagang perantara, yakni pengepul, pedagang grosir, dan pedagang eceran atau swalayan.

Jika dilihat berdasarkan provinsi, margin perdagangan cabai merah tertinggi terdapat di Papua Barat sebesar 126,28 persen. Artinya, harga di tingkat konsumen meningkat lebih dari dua kali lipat dari harga di tingkat produsen.

Sementara, margin terendah terjadi di Provinsi Bali, yakni sebesar 15,86 persen. BPS juga mencatat bahwa margin perdagangan dan pengangkutan secara nasional yang terjadi pada cabai merah merupakan yang tertinggi dibanding empat komoditas pangan strategis lain. Lebih rinci, Suhariyanto mengungkap MPP nasional untuk beras sebesar 26,12 persen, bawang merah 43,56 persen, daging sapi 30,05 persen dan daging ayam ras 25,54 persen.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: ROL

 

تعليقات
Loading...
Click Me