إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

اقتصاد جاكرتا يتوقع له نمواً بنسبة 6%

Ekonomi DKI Jakarta Diproyeksi Tumbuh 6 Persen

- الإعلانات -

0 176

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – قالت غرفة التجارة والصناعة (كادين) جاكرتا يبين أنه في عام 2018 سينمو الاقتصاد في جاكرتا أكثر من 6%. لكن بشرط استخدام المؤشرات بشكل صحيح، حتى يتحقق النمو الاقتصادي في جاكرتا.

وقال نائب رئيس غرفة التجارة والصناعة جاكرتا، سارمان سيمانجورانج، أنه في الأربع سنوات الماضية، نما الاقتصاد في جاكرتا أقل من 6 %، مع أن الاقتصاد في العاصمة عام 2013 لا يزال ينمو بنسبة 6.11 %.

قد يهمك: نائب رئيس حاكم جاكرتا ساندياغا يلتقي مستثمرين سعوديين في اندونيسيا

“وبحلول عام 2014 انخفض الاقتصاد في جاكرتا إلى 5.95 في المئة، وفي عام 2015 و 2016 بنسبة 5.88 في المائة، وفي عام 2017 يقدر بنحو 5.9 في المئة، لم يستطع أن يتجاوز 6 في المئة”، بحسب سارمان في جاكرتا، الخميس 28 ديسمبر، 2017.

وبحسب سارمان، أيضا هناك عدد من المؤشرات التي من المتوقع أن تعزز النمو الاقتصادي في جاكرتا في العام المقبل. إحداها امتصاص ميزانية محافظة جاكرتا لعام 2018 في الوقت المحدد.

“خلافا للسنوات السابقة حيث بدأ الامتصاص عاليا في شهر أغسطس فما بعده. فميزانية محافظة جاكرتا من يناير إلى يوليو كان ضئيلا بحيث لم تتعزز قطاعات أخرى. وفي الواقع، إن الإنفاق الحكومي مؤشر لتعزيز نمو القطاعات الأخرى”. بحسب سارمان.

قد يهمك: انهيار طابق فى برج البورصة الاندونيسية واصابة 77 شخصا

لذلك، ينبغي للحاكم ونائب الحاكم جاكرتا أن يكونا قادرين على تنظيم كيفية امتصاص الميزانية حيث يمكن أن يبدأ منذ يناير وحتى ديسمبر.

وقال ” إذا قسمت 77 تريليون روبية من ميزانية محافظة جاكرتا عام 2018 إلى اثني عشر شهرا سيتم الإنفاق والاستيعاب ستدور حول 6.4 تريليون روبية. وهذا مناسب لتعزيز نمو الاقتصاد في القطاعات الأخرى”.

المترجم: لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: ليبوتان6

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Sebelumnya, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta menyatakan, pada 2018 ekonomi di Ibu Kota berpotensi tumbuh diatas 6 persen. Namun syaratnya sejumlah indikator dapat dimanfaatkan dengan baik, sehingga pertumbuhan ekonomi Jakarta dapat melaju.

Wakil Ketua Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, ‎dalam 4 tahun terakhir, ekonomi Jakarta hanya tumbuh dibawah 6 persen. Padahal di 2013 ekonomi Ibu Kota masih tumbuh 6,11 persen.

“Memasuki 2014 turun menjadi 5,95 persen, di 2015 dan 2016 sebesar 5,88 persen, dan di 2017 diperkirakan sekitar 5,9 persen, tidak mampu menembus 6 persen,” ujar dia di Jakarta, Kamis 28 Desember 2017.

Menurut Sarman, ada sejumlah indikator yang diharapkan dapat menggenjot pertumbuhan ekonomi Jakarta di tahun depan. Salah satunya penyerapan APBD DKI Jakarta 2018 tepat waktu.

“Tidak seperti tahun tahun sebelumnya dimana penyerapan mulai tinggi ketika memasuki bulan Agustus ke atas. Praktis belanja APBD Januari hingga Juli sangat minim sehingga tidak mampu menggenjot sektor lainnya. Padahal belanja pemerintah itu merupakan stimulan untuk dapat mendongkrak pertumbuhan sektor lainnya,” jelas dia.

Untuk itu, lanjut Sarman, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI jakarta harus dapat mengatur bagaimana penyerapan anggaran sudah bisa dimulai sejak Januari dan berlangsung sepanjang sampai Desember.

“Dari Rp 77 triliun APBD DKI Jakarta 2018 jika dibagi dua belas bulan maka belanja dan penyerapan yang akan beredar dan berputar sekitar Rp 6,4 triliun. Ini akan signifikan untuk mendongkrak pertumbuhan sektor sektor yang lain,” tandas dia.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSaiqi | Sumber: Liputan6

 

(20)

تعليقات
Loading...
Click Me