اقتنائك لحيوان أليف سيحسن من حياتك. كيف؟!

Memelihara Hewan Mampu Perbaiki Gaya Hidup

0 637

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – اليوم يتزايد باستمرار عدد الناس الذذين يقتنون حيوانات أليفة. و يعتبرها البعض كجزء من عائلته، البعض يعتبر حيوانه الأليف كصديق أو أخ أو حتى يتخذه كابن له.

وهذا طبيعي، فالحيوانات الأليفة ليست مبهجة فقط عند دعوتها للعب، و لكن كذلك لها العديد من الفوائد الصحية لمالكها!

على الرغم من أن بعض الناس يبالغون في حبهم لحيواناتهم الأليفة، إلا أن هذا الحب يمكن أن يعود عليهم ببعض الفوائد، و خصوصًا الصحية منها.

حيث أجرى عدد من الباحثين دراسات على التفاعلات بين الحوانات و البشر، و خرجوا بنتائج جديدة.

وصلت الدراسة التي نشرتها مجلة MDPI Jornal أن مقتني الحيوانات الأليفة في ألمانيا و أستراليا كانوا أقل عرضة لزيارة الأطباء بنسبة 15 بالمائة مقارنة بمن لم يقتن حيوانًا أليفًا.

أحد العوامل الرئيسية التي سببت هذه الظاهرة هي الروابط العاطفية التي تتكون بين الحيوان و مالكه. هذه الروابط العاطفية العالية هي ما تدفع الناس لقضاء مزيد من الوقت مع حيواناتهم.

وجدت الدراسة أن ملاك الكلاب كثيرًا ما يصطحبون كلابهم للتجول حول المنزل. كثافة هذه النزهات القصية مرتفعة عما يفعل ممن لا يمتلكون حيوانًا أليفًا.

بالإضافة إلى ذلك فإن العيش مع الحيوانات الأليفة يساهم بشكل غير مباشر في تحسين نمط الحياة.

بل و أكثر من ذلك، فإن تربية الحيوانات ترتبط بتخفيض احتمالية الإصابة بأمراض القلب و الأوعية الدموية و انخفاض مستويات التوتر و زيادة النشاط البدني.

العلاقة بين المالك و الحيوان لا تعود بالنفع فقط على صحة المالك، و لكن تمتد كذلك لتشمل العلاقات الاجتماعية للمالك. ففي غالب الأحيان يجد مقتني الحيوانات الأليفة أن أنشطتهم مع حيواناتهم تخلق علاقات اجتماعية جديدة.

فالشبكات الاجتماعية التي تنشأ على أساس الاهتمام المشترك بالحيوانات تؤدي في النهاية إلى نشوء علاقات جيدة.

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: سي ان ان إندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Kini, semakin banyak orang yang menjadikan hewan peliharaan sebagai bagian dari keluarganya. Hewan peliharaan dianggap teman, saudara, bahkan anak sendiri.

Wajar-wajar saja. Sebab hewan peliharaan tak hanya menggemaskan saat diajak bermain. Mereka juga punya banyak manfaat bagi kesehatan si pemiliknya.

Meski kasih sayang orang terhadap hewan peliharaan kerap dianggap berlebihan, namun faktanya ada banyak hal yang bisa didapatkan dari kebiasaan itu, termasuk dalam hal kesehatan.

Studi yang dilakukan oleh sejumlah peneliti menemukan analisis anyar yang didapat dari interaksi antara hewan dan manusia.

Studi yang dipublikasikan dalam MDPI Journal ini menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan di Jerman dan Australia 15 persen lebih jarang mengunjungi dokter untuk memeriksakan kesehatannya daripada mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Salah satu faktor utamanya adalah gaya hidup yang membaik saat ikatan emosional antara si pemilik dan hewan peliharaan terjalin dengan kuat. Tingkat emosional yang tinggi ini membuat manusia lebih banyak menghabiskan waktu dengan hewan peliharaannya.

Mengutip Inverse, peneliti menemukan, seorang pemilik akan sering mengajak anjing peliharaannya berjalan-jalan di sekitar rumah. Intensitas jalan-jalan itu lebih banyak daripada mereka yang tidak memiliki anjing peliharaan.

Seiring hal tersebut, hidup bersama hewan peliharaan juga secara tidak langsung turut berkontribusi dalam perbaikan gaya hidup.

Lebih dari itu, memelihara hewan juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, penurunan tingkat stres, dan peningkatan aktivitas fisik.

Memperbaiki hubungan sosial

Ikatan antara manusia dan hewan tidak hanya baik untuk kesehatan manusia, tapi juga terhadap hubungan sosial antarmanusia. Orang yang memiliki hewan peliharaan kerap menemukan bahwa kegiatan dengan hewan peliharaan mereka pada akhirnya menciptakan hubungan anyar dengan orang lain.

Jejaring sosial yang dikembangkan berdasarkan kepedulian bersama atas kesejahteraan hewan dapat menyebabkan interaksi antarmanusia

Penerjemah: Momen Magdy | Siumber: CNN Indonesia

تعليقات
Loading...