الإعفاء الضريبي يجذب انتباه عدد كبير من المستثمرين

Tax Holiday Diyakini bakal Tarik Investor Besar

0 651

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – حققت وزارة الصناعة نجاحًا في الدفاع عن الإعفاء الضريبي للقطاع الصناعي. فأصدر وزير المالية على الفور لائحة وزارة المالية التي تبقى منها انتظار الترقيم.

قال وزير الصناعة إيرلانغا هارتارتو إن السياسة الجديدة ستحفز بشكل اكبر مناخ الاستثمار في القطاع الصناعي.

وصرح إيرلانغا بعد افتتاح معرض أعمال الإنتاج من السجناء في مكتب وزارة الصناعة بجاكرتا أمس: “ومن المتوقع أن يستثمر قطاع المنبع، وبالتالي نقلل النقد الأجنبي وفي الوقت نفسه  تنتج الصادرات عن النقد الأجنبي. كما نقلل الحاجة إلى المواد الخام المستوردة”.

وأضاف إيرلانغ، إن زيادة قطاع الرواد الصناع المتزايد الذي يحصل على الإعفاء الضريبي من 8 إلى 17 يهدف إلى زيادة إمكانات الاستثمار. وتشمل هذه القطاعات صناعة المعادن الأساسية المنبع، والصناعة الكيميائية العضوية / غير العضوية ، وصناعة المواد الخام الدوائية ، بما في ذلك البتروكيماويات القائمة على تغويز.

وقال ايرلانجا: ” لم يتم استخدام من الفحم الغاز مع هذا العدد الكبير حتى الآن ومن المتوقع أن يشجع هذا الحافز بعض الصناعات.”

وذكر أن بعض المستثمرين كانوا يرغبون في الاستثمار. من بينها شركة شاندرا أسري للبتروكيماويات المحدودة ومنتج الإسمنت من تايلاند، ومجموعة سيام للإسمنت التي تخطط لبناء مصنع تكسير النفثا بقيمة 75 تريليون  روبية بشيليغون، بانتين.

ثم تأتي بعدها صناعة البتروكيماويات من كوريا الجنوبية لوتي كيمياكال تيتان التي ستستثمر بمبلغ من 3-4 مليار دولار أمريكي لإنتاج تكسير النفثا.

كما تستثمر شركات من الصين، مثل مجموعة شانغهاي يوهاي يقيمة 2.5 مليار دولار أمريكي لبناء مصنع البتروكيماويات في المنطقة الصناعية بخليج بينتوني بابوا الغربية، وشركة إندوراما التركيبية المحدودة التي تبني  مصنع البتروكيماويات في تانجونج  آبي– آبي.

واعتقد أن قواعد الإعفاء الضريبي فعالة وتجذب الاستثمارات بشكل فعّالٍ ولا تواجه أية عقبات في  المنطقة. لأنه سيكون هناك الفريق  الخاص” الذي يشرف على الاستثمار.

ومن المعروف أن مرافق إعفاء ضريبة الدخل (PPH) للهيئة لن تقتصر على دافعي الضرائب الجدد، ولكن أيضا للاستثمار الجديد. تحتوي القاعدة على تخفيض النسبة المئوية لتقليل ضريبة الدخل للهيئة  بنسبة 100٪ ، ولم تعد 10٪ -100٪ كما هي المنصوص في لائحة وزارة المالية رقم 159 عام 2015.

بالإضافة إلى ذلك، فإن لائجة الإعفاء الضريبي الجديد دقيقة للغاية، وذلك لأن الفترة الزمنية لم تعد تعتمد على نتائج تحليل لجنة التحقق ولكنها تعتمد على كمية الاستثمار.

يتم منح مدة الإعفاء لمدة خمس سنوات إذا كانت قيمة الخطة الاستثمارية تتراوح بين خمسمائة مليار روبية و واحد تريليون روبية. أما خطة استثمارية من واحد تريليون دولار أمريكي حتى أقل من خمسة تريليون روبية، فمنحت لها الإعفاء لمدة سبع سنوات.

وسيتم منح فترة إعفاء لمدة 10 سنوات إذا كانت قيمة خطة الاستثمار تتراوح ما بين خمسة تريليون روبية حتى أقل من خمسة عشر تريليون روبية. أما قيمة الخطة الاستثمارية التي تبلغ خمسة عشر تريليون روبية إلى أقل من ثلاثين تريليون روبية 15 سنة، فمنحت لها الإعفاء لمدة خمسة عشرة سنة.

وختاماً، يتم منح إعفاء ضريبة الدخل للهيئة لمدة عشرين عاماً إذا كانت قيمة خطة الاستثمار لا تقل عن ثلاثين تريليون روبية.

قد يهمك: معوقات تنمية الطاقات الجديدة والمتجددة في إندونيسيا

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر : فارس البدر | المصدر: ميديا إندونيسيا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Upaya Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memperjuangkan tax holiday bagi sektor industri akhirnya tercapai. Menteri Keuangan segera menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang tinggal menunggu penomoran.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan kebijakan baru tersebut bakal semakin menggairahkan iklim investasi di sektor industri.

“Diharapkan sektor hulu akan melakukan investasi, dengan demikian kita akan menghemat devisa sekaligus yang ekspor akan menghasilkan devisa. Kita juga bisa turunkan kebutuhan bahan baku yang selama ini diimpor,” ujar Airlangga seusai membuka Pameran Produksi Hasil Karya Narapidana di Kantor Kemenperin, Jakarta, Selasa (3/4)

Airlangga menambahkan, bertambahnya sektor industri pionir yang bisa mendapatkan tax holiday dari 8 menjadi 17 memang ditujukan untuk menambah potensi investasi. Sektor-sektor itu seperti industri logam dasar hulu, industri kimia organik/anorganik, industri bahan baku farmasi, termasuk petrokimia berbasis gasifikasi.

“Dengan banyaknya batubara, selama ini gasifikasi belum termanfaatkan, diharapkan dengan insentif ini didorong (industrinya),” ucap Airlangga.

Ia menyebut beberapa investor bahkan sudah berminat untuk menanamkan modalnya. Di antaranya yakni PT Chandra Asri Petrochemical Tbk bersama produsen semen asal Thailand, Siam Cement Group yang berencana membangun pabrik nafta cracker senilai Rp75 triliun di Cilegon, Banten.

Lalu industri petrokimia asal Korea Selatan, Lotte Chemical Titan yang akan merealisasikan investasinya sebesar US$3-4 miliar juga untuk memproduksi nafta cracker.

Selanjutnya perusahaan asal Tiongkok, Shanghai Huayi Group akan menanam US$2,5 miliar untuk membangun pabrik petrokimia di kawasan industri teluk Bintuni, Papua Barat, dan PT Indorama Synthetics Tbk yang akan membangun pabrik petrokimia di Tanjung Api-Api.

Ia yakin aturan tax holiday ampuh untuk menarik investasi dan tidak terhambat di daerah. Sebab akan ada Satgas Single Submission yang akan mengawal investasi tersebut.

Diketahui fasilitas pembebasan pajak penghasilan (PPh) badan nantinya tidak hanya untuk wajib pajak baru, tapi juga untuk penanaman modal baru. Aturan itu pun mengandung ketentuan persentase pengurangan PPh badan 100% (single rate), bukan lagi 10%-100% seperti pada PMK-159/2015.

Selain itu, dalam aturan baru tax holiday akan lebih presisi karena jangka waktunya tidak lagi tergantung hasil analisis hasil komite verifikasi melainkan jumlah investasi.

Jangka waktu lima tahun pembebasan diberikan apabila nilai rencana penanaman modalnya antara Rp500 miliar sampai Rp1 triliun. Rencana penanaman modal Rp1 triliun sampai dengan kurang dari Rp5 triliun mendapat jangka waktu tujuh tahun.

Kemudian, jangka waktu 10 tahun pembebasan diberikan apabila nilai rencana penanaman modalnya antara Rp5 triliun sampai dengan kurang dari Rp15 triliun. Rencana penanaman modal Rp15 triliun sampai dengan kurang dari Rp30 triliun mendapat jangka waktu 15 tahun.

Terakhir, jangka waktu 20 tahun pembebasan PPh badan diberikan apabila nilai rencana penanaman modalnya minimal Rp30 triliun.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Fares alBadr

| Sumber: mediaIndonesia.com

 

تعليقات
Loading...