الجهة العاملة في الأعمال التجارية اللوجيستية تثمن جهود الحكومة الإندونيسية

Pelaku Usaha Logistik Apresiasi Kerja Pemerintah

0 598

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – ثمنت الجهات العاملة في الأعمال التجارية اللوجيستية الجهود الجادة التي بذلتها الحكومة الإندونيسية في تطوير مركز اللوجيستية المقيدة.

قد يهمك: التضخم في مارس بنسبة 0.2 ٪ ، والوزير دارمين ظل يركز على تخفيض أسعار الأرز

يعتبر هذا المركز مكانا لتراكم البضائع في المناطق الجمركية أو في أماكن أخرى داخل المنطقة الجمركية خلال فترة زمنية معينة ، ويكون مصحوباً بنشاط واحد أو أكثر.

وقالت رئيس رابطة مركز الخدمات اللوجستية المقيدة، إيتي بوسبياتساري، إن المركز منذ إطلاقه في 10 مارس 2016 ، قد حصل على مزيدٍ من السهولة في أداء عملياته.

وقالت في مؤتمر صحفي في وزارة المالية في جاكرتا: “في البداية لم يكن هناك سوى 11 شركة، وأصبحت الآن 55 شركة تعمل في 75 موقعًا في أنحاء إندونيسيا”.

قد يهمك: الخادمة مسامة تشكر جميع الأطراف الأكثر مساهمة في نجاتها من حكم الإعدام

وذكرت أنه فيما يتعلق بكفاءة التكلفة، وقد نقلت إحدى الشركات للخدمات اللوجستية مركزها من سنغافورة إلى إندونيسيا، ومع ذلك الانتقال، تمكنت تلك الشركة من تحقيق وفورات قدرها 5 ملايين دولار في كل سنة.

إضافة إلى ذلك، فيمكننا ضغط تكاليف الشحن إلى حدَّ كبيرٍ، لأن التسليم لم يعد جزءًا من الشحنة بالكامل. وهناك أيضا وفورات من جانب ” التكلفة الداخلية “. ومع هذا المركز،  ستكون مسافة لتوفير السلع الصناعية أقرب بكثير من العملاء. وأضافت إيتي أن تأخر رسوم الاستيراد  يساعد على التدفق النقدي لشركات اللوجستية حتى يمكنها الحفاظ على تكاليف الإنتاج لتكون أكثر إنتاجية.”

وقالت إيتي إنها متفائلةً بأنه في المستقبل سيكون قطاع الخدمات اللوجستية في إندونيسيا أحسن مما كان، لأن الحكومة تحاول دائمًا تطوير المركز من أجل تلبية احتياجات رجال الأعمال.

قد يهمك: منظمة بابوا المستقلة: إذا كان الجيش الإندونيسي يريد الحرب فنحن مستعدين للمعركة

وفي نفس السياق مع ايتي، أعرب رئيس رابطة اللوجيستية الإندونيسية، زالدي إلهام ماسيتا، عن تقديره للحكومة، لأن المركز يعطي كثيراً من الآثار الإيجابية على قطاع الخدمات اللوجستية في إندونيسيا. وقال إن العديد من الشركات نقلت إمداداتها من سنغافورة وماليزيا إلى إندونيسيا. بل إن الشركات اللوجستية في سنغافورة تعطي التخفيضات لتكون السلع متحفظةً في سنغافورة.

وذكر زلدي: “ولأن التكلفة كبيرة للغاية، فإن البضائع تدخل إلى إندونيسيا بشكل مستمر”. وأمل زالدي من أن تتسرع الحكومة في بناء البنية التحتية في الموانئ والمطارات حتى تكون عملية تسليم البضائع أسرع مما يمكن.

قد يهمك: القهوة الإندونيسية تسرق انتباه سوق السياحة الفيتنامي

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: فارس البدر | المصدر: بيسنيس دوت كوم

Jakarta, Indonesialyoum.com – Pelaku usaha logistik mengapresiasi kerja pemerintah yang serius dalam pengembangan Pusat Logistik Berikat (PLB).

PLB adalah tempat penimbunan barang asal luar daerah pabean dan/atau barang yang berasal dari tempat lain dalam daerah Pabean dalam jangka waktu tertentu, serta dapat disertai satu atau lebih kegiatan sederhana.

Ketua Perkumpulan Pusat Logistik Berikat Ety Puspitasari mengatakan, sejak diluncurkannya PLB pada 10 Maret 2016 lalu, pihaknya banyak mendapatkan kemudahan dalam melakukan operasinya.

“Awalnya hanya ada 11 perusahaan, sekarang menjadi 55 perusahaan dan beroperasi di 75 lokasi seluruh Indonesia,” katanya dalam Konfrensi Pers Kementerian Keuangan, di Jakarta.

Terkait efesiensi biaya, katanya, ada salah satu perusahaan logistik yang telah memindahkan hub dari Singapura ke Indonesia, dan dengan pemindahan tersebut perusahaan berhasil melakukan penghematan sebesar US$5 juta per tahun.

Selain itu, lanjutnya, biaya pengangkutan dapat jauh ditekan, karena pengiriman tidak lagi secara parsial dengan pegiriman secara penuh. Kemudian ada juga penghematan dari sisi ‘cost invetory’, karena dengan PLB ini pemenuhan barang industri jauh lebih dekat. Selain itu, kata Ety, dengan penundaan bea masuk, ‘cash flow’ perusahaan logistik dapat lebih terbantu.”Sehingga mereka bisa menekan ongkos produksi jauh lebih produktif.”

Ety optimistis ke depannya sektor logistik Indonesia akan jauh lebih baik, karena pemerintah selalu mencoba untuk mengembangkan PLB agar dapat menjawab kebutuhan pelaku usaha.

Senada dengan Ety, Ketua Asosiasi Logistik Indonesia Zaldy Ilham Masita juga menyatakan apresiasinya kepada pemerintah, karena PLB memberi banyak dampak positif kepada sektor logistik Indonesia. Dia mengatakan sudah banyak perusahaan yang telah memindahkan stoknya dari Singapura dan Malaysia ke Indonesia. Bahkan, katanya, perusahaan-perusahaan logistik di Singapura memberi diskon agar barang-barang tetap disimpan di Singapura.

“Tetapi memang karena secara biaya sangat besar, sehingga barang tetap masuk ke Indonesia,” kata Zaldy.

Namun, dia berharap, infrastruktur di daerah-daerah pelabuhan dan bandara dapat lebih dipercepat lagi, sehingga proses pengiriman barang lebih cepat lagi.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Fares alBadr | Sumber: www.bisnis.com

 

تعليقات
Loading...