الحل لقضية حبيب محمد رزق شهاب عند جيملي الصديقي

Soal Kasus Habib Rizieq, Ini Solusi dari Jimly

0 1٬122

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – ألغى الإمام الأكبر لجبهة الدفاع الإسلامية (فبي) حبيب رزق شهاب عودته إلى إندونيسيا. وعلى الرغم من أنه كان من المقرر أن يصل إلى البلاد يوم الاربعاء (21/2). ودعا رئيس رابطة المثقفين المسلمين الإندونيسيين، جيملي الصديقي، الشرطة لرؤية حبيب رزق رمزا لبعض المواطنين، فضلا عن كونه عالما من العلماء في إندونيسيا.

“لذلك لا تدع روح العداوة بين الناس. واسمح له الآن (رزق) في السعودية ليتعلم”. قاله جيملي في جاكرتا، الجمعة (23/2).

ووفقا له، فإن قضية رزق يجب أن ينظر إليها على نطاق واسع من قبل الشرطة حتى لا تسبب الضجة في المجتمع. على الرغم من أنه لا يمكن حل جميع القضايا بموجب القانون الجنائي.

“أعتقد أنه ينبغي إنفاذ القانون ولكن يجب أن نكون مطالعين كالدولة، فليس كل قضية نحتاج إلى حل رسمي قانونيا”. قاله جيملي.

ويعتقد أنه في النهاية سيتم حل القضية. إلا أننا في انتظار الوقت المناسب لحبيب رزيق لتسوية قضيته في إندونيسيا. “إنه تقدم وتأخر، فخبر عودته موجود في كل أسبوع، وهو يتقدم ويتأخر، أنا لا أعرف من وراءه”. بحسبه.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: فارس البدر | المصدر:  صحيفة ريفوبليكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Soal Kasus Habib Rizieq, Ini Solusi dari Jimly

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab batal pulang ke Indonesia. Padahal ia dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Rabu (21/2). Ketua ICMI, Jimly Asshiddiqie meminta pihak kepolisian memandang Habib Rizieq sebagai simbol dari sebagian masyarakat, sekaligus sebagai ulama di Indonesia.

“Jadi jangan membiarkan semangat saling bermusuhan. Sekarang biarkan dulu dia (Rizieq) di Saudi biar belajar juga,” sebut Jimly di Jakarta, Jumat (23/2).

Menurutnya, kasus Rizieq harus dipandang luas oleh pihak kepolisian sehingga penyelesaian tidak menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat. Meski tidak semua kasus bisa dituntaskan secara hukum pidana.

“Saya percaya hukum harus ditegakkan tapi kita harus eman-eman karena kita bernegara tidak semuanya harus diselesaikan secara hukum formal,” jelas Jimly.

Ia yakin, pada akhirnya kasus ini akan tuntas. Hanya saja, menunggu waktu yang tepat untuk Rizieq menyelesaikan kasusnya ke Indonesia. “Dia kan mundur maju ini, setiap minggu sekali isunya pulang. Dia juga main mundur, maju. Saya tidak tahu siapa di belakangnya,” ungkapnya.

Translated by: Lalu Abdul Razzak | Editor: Fares alBadr | Source: Republika

تعليقات
Loading...