الدول النامية تقلد صندوق تطوير القرى الإندونيسي

Dana Desa dicontoh di negara berkembang

0 602

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قال وزير القري لتنمية المناطق المتخلفة والهجرة إيكو بوترو ساندجوجو إن برنامج صندوق القرية قد قلده بعض بلدان أخرى، خاصة من البلدان النامية.

وقال إيكو متحدثا في محاضرة عامة :”لقد تم كثير من التغييرات الهامة في القرية، سواء من البنية التحتية أو التعليم، وما إلى ذلك. ويرجع ذلك إلى برنامج تمويل القرى، الذي تمت مراجعته مباشرة من قبل دول أخرى، بما في ذلك منطقة آسيا والمحيط الهادئ”. تعزيز دور الجامعات في التنمية الريفية والقرويين من أجل تحقيق التنمية المستدامة في القاعة الرئيسية لجامعة الشريف هداية الله، جاكرتا، الثلاثاء.

وأضاف الوزير إيكو أن 13 دولة على الأقل ستقترح على الجمعية العامة للأمم المتحدة مطالبة جميع الدول النامية بتنفيذ برامج تمويل القرى. ومن إحدى الدول التي أرسلت مؤخراً وفدها إلى إندونيسيا هي ماليزيا. وصول لمعرفة مباشرة تنفيذ برنامج تمويل القرية في إندونيسيا.

“جاء وزير الشؤون الخارجية الماليزي إلى إندونيسيا وأرسل عشرات الوفود للدراسة في إندونيسيا، في حين أن القرى في ماليزيا أكثر تقدمًا من القرى في إندونيسيا، وقد طُلب مني أيضًا مشاركة ومناقشة برنامج تمويل القرية مع عدد من الدول.” كما أضاف.

على الرغم من اعتراف العالم، كشف وزير إيكو عن وجود وظائف لم تتم في تنمية القرى. كما دعا إلى مشاركة طلاب الجامعة في المساعدة في بناء القرية وتمكينها.

قامت الحكومة بصرف أموال الصناديق القروية في السنوات الأربع الأخيرة بمجموع 187 تريليون روبية.

في عام 2018، صرفت الحكومة 60 تريليون روبية إلى 74.957 قرية. حتى الآن، تظهر البيانات إنجازات إنمائية مهمة في المناطق الريفية.

وفي جانب دعم الأنشطة الاقتصادية للمجتمع، بنت الصناديق القروية 123.145 كيلومترًا من الطرق القروية، و 5.220 وحدة سوق قروية، و 26.070 وحدة من وكالة الأعمال المملوكة للقرية، و 1.927 وحدة سكنية، و 28.091 وحدة ري.

في حين أن جانب تحسين نوعية الحياة للمجتمعات الريفية، وقد استخدمت أموال القرى لبناء مرافق المياه النظيفة بقدر 37.496 وحدة، 5314 وحدة من بيت الأمومة للولادة، 18.072 وحدة تنمية الطفولة المبكرة، 11.424 وحدة من خدمة متكاملة، 108.484 وحدة من المراحيض العامة، 38.217 كيلومترات من المصارف و65.918 وحدة للحفاظ على الأراضي.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر: انتارا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan bahwa program Dana Desa telah dicontoh oleh negara lain, khususnya di beberapa negera berkembang.

“Banyak perubahan yang signifikan di desa baik dari infrastrukturnya, pendidikan, dan lainnya. Ini karena adanya program dana desa. Perubahan itu telah ditinjau secara langsung oleh negara-negara lain, diantaranya dari kawasan Asia Pasifik,” ujar Eko aat menjadi pembicara dalam Kuliah Umum ?Penguatan Peran Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Desa dan Masyarakat Desa Guna Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan? di Auditorium Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Selasa.

Menteri Eko menambahkan, sedikitnya terdapat 13 negara akan mengusulkan ke Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk mewajibkan seluruh negara berkembang menerapkan program dana desa. Salah satu negara yang belum lama ini mengirimkan delegasinya ke Indonesia adalah Malaysia. Kedatangannya untuk mengetahui secara langsung implementasi program dana desa di Indonesia.

“Menteri Kemajuan Luar Bandar Malaysia telah datang ke Indonesia dan telah mengirimkan puluhan delegasinya agar belajar ke Indonesia. Padahal desa-desa di Malaysia itu lebih maju daripada desa-desa di Indonesia. Saya beberapa kali juga diminta untuk berbagi dan berdiskusi terkait program dana desa dengan sejumlah negara,” sambung dia.

Meski telah diakui dunia, Menteri Eko mengungkapkan masih terdapat pekerjaan yang belum diselesaikannya dalam membangun desa. Dirinya pun mengajak partisipasi para mahasiswa untuk membantu membangun dan memberdayakan desa.

Pemerintah telah menyalurkan dana desa dana desa dalam empat tahun terakhir sebanyak Rp 187 triliun.

Pada tahun 2018, pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp 60 triliun disalurkan kepada 74.957 desa. Hingga kini, data menunjukkan capaian pembangunan yang signifikan di pedesaan.

Dalam aspek penunjang aktivitas ekonomi masyarakat, dana desa diantaranya telah membangun 123.145 kilometer jalan desa, 5.220 unit pasar desa, 26.070 unit kegiatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), 1.927 unit embung, dan 28.091 unit irigasi.

Sementara dalam aspek peningkatan kualitas hidup masyarakat desa, dana desa telah digunakan diantaranya untuk membangun sarana air bersih sebanyak 37.496 unit, 5.314 unit Polindes, 18.072 unit PAUD, 11.424 unit Posyandu, 108.484 unit MCK, 38.217 kilometer drainase, dan 65.918 unit penahan tanah.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: Antara

 

تعليقات
Loading...