إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

الرئيس جوكوي يرفض عودة مقاتلي داعش الإندونيسيين إلى وطنهم

Jokowi Tolak Pulangkan Eks ISIS, Anda Sepakat atau Tidak?

137

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – الرئيس الإندونيسي جوكو ويدودو يرفض عودة مقاتلي داعش السابقين إلى إندونيسيا. فهل ترى قرار جوكوي صائبًا؟

بيان جوكوي هذا يعتبر رأيه الشخصي فيه هذه المسألة باعتباره رئيسًا للجمهورية الإندونيسية، حيث لم يصدر قرار رسمي بعد من مجلس الوزراء برفض عودة مقاتلي داعش السابقين إلى إندونيسيا.

قال جوكوي: “نحن لم نبحث هذا الأمر بعد في اجتماع مجلس الوزراء، لكن إذا سألت عن رأيي الشخصي فإني سأقول لا. سيتم عقد اجتماع لبحث هذا الأمر. لحسم هذا الأمر علينا التأكد من أنه قد بُحِث جيدًا و أخذ بالحسبان حسنات و سيئات ذلك القرار. كل ذلك يكون في اجتماع مجلس الوزراء، لتقدم كل وزارة ما تراه”. القصر الرئاسي بوسط العاصمة جاكرتا.

قال معروف أمين، نائب الرئيس، أن أمر عودة 600 إندونيسي من مقاتلي داعش إلى إندونيسيا مازال قيد البحث. البحث العميق لعودة الدواعش السابقين إلى إندونيسيا يهدف إلى حماية المجتمع الإندونيسي من التأثر بأفكارهم. التعامل مع هؤلاء الأشخاص يجب أن يتصف بالحذر الشديد، علينا أن نكون أكثر حذرًا من تعاملنا مع العائدين من الخارج خوفًا من فيروس كورونا.

صرح معروف أمين: “بالتأكيد نحن لا نريد هؤلاء الذين أصابهم فيروس الرديكالية. هؤلاء إذا عادوا إلى إندونيسيا هل سينقلون أفكارهم تلك أم لا؟”.

وزير التنسيق السياسي و الأمني، محفوظ أم دي، قال أن الحكومة بصدد تشكيل فريق لبحث أمر عودة مقاتلي داعش السابقين و موازنة الفوائد و الأضرار الناجمة عن عودتهم. لم يصدر قرار رسمي بعد بشأن عودتهم.

قال رئيس مجلس الشورى الإندونيسي، بامبانغ سوساتيو، مجلس الشورى يدعم الحكومةإذا قررت إعادة هؤلاء الإندونيسيين. بشرط أن يكون قد تم بحث هذا الأمر جيدًا و وضعت خطة مفصلة لإعادتهم خطوة بخطوة.

فهل تتفق مع جوكوي في رفض عودة هؤلاء المواطنين الإندونيسيين أم لا؟

 

 

 

المترجم : مؤمن السيفي | المصدر: ديتيك نيوز


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menolak kepulangan warga negara Indonesia (WNI) eks ISIS ke Tanah Air. Apakah Anda sepakat dengan Jokowi atau tidak?

Pernyataan Jokowi ini disampaikannya sebagai pendapat selaku seorang Presiden, bukan keputusan rapat terbatas (ratas) mengenai kepulangan WNI eks ISIS. Ratas soal kepulangan eks ISIS belum digelar.

“Kalau bertanya pada saya, ini belum ratas lho ya, kalau bertanya pada saya, saya akan bilang ‘tidak’. Tapi masih dirataskan. Kita ini pastikan harus semuanya lewat perhitungan kalkulasi plus minusnya semuanya dihitung secara detail dan keputusan itu pasti kita ambil di dalam ratas setelah mendengarkan dari kementerian-kementerian dalam menyampaikan. Hitung-hitungannya,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020).

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan wacana pemulangan 600 WNI mantan anggota ISIS ke Indonesia masih dikaji. Kajian mendalam itu bertujuan agar WNI eks ISIS tidak justru mempengaruhi warga. Memperlakukan eks ISIS harus hati-hati, tak boleh kalah hati-hati dengan cara memperlakukan WNI yang berpotensi terjangkit virus Corona. Perlu isolasi terlebih dahulu.

“Tentu kita pertama tidak ingin mereka yang sudah, apa ya namanya, terjangkit, terpapar radikalisme itu tentu kalau dikembalikan apakah melakukan penularan atau tidak,” kata Ma’ruf di kantor Wakil Presiden, Jalan Veteran III, Gambir, Jakarta Pusat.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md mengatakan pemerintah membentuk tim untuk mengkaji positif-negatifnya pemulangan mantan kombatan ISIS ke Indonesia. Belum ada keputusan sampai saat ini, apakah Indonesia bersedia memulangkan mereka atau tidak.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatkaan pada dasarnya MPR mendukung jika pemerintah memang ingin memulangkan para WNI tersebut. Bamsoet tak khawatir dengan kepulangan eks ISIS, asalkan sudah ada pertimbangan masak dan rencana tahap demi tahap sudah matang.

Anda setuju dengan Jokowi yang menolak kepulangan eks ISIS atau tidak setuju? Terima eks ISIS atau tolak eks ISIS pulang ke Indonesia?

Translated by: Momen Alsayfi | Source: detikNews

 

(121)

تعليقات
Loading...
Click Me