الرياضة 3 مرات في الأسبوع تمنع الخرف والشيخوخة المبكرة

Olahraga 3 Kali Seminggu Bantu Mencegah Cepat Pikun

0 531

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – أظهرت الأبحاث الحديثة في مجلة علم الأعصاب أن ممارسة الرياضة ثلاث مرات على الأقل في الأسبوع يمكن أن تساعد على إبطاء انخفاض وظيفة الدماغ أو الخرف. وقد أقامت هذه الدراسة أكثر من 11 ألف دراسة أخرى تتعلق بالضعف المعرفي المعتدل (MCI).

وحسب ما ذكرت صحيفة رويترز، يوصي رئيس الأبحاث رونالد بيترسن من الأكاديمية الأمريكية لعلم الأعصاب على ممارسة الرياضة ثلاث مرات في الاسبوع على الأقل.

وللحصول على أحسن النتائج، يستحسن أن يمزج بين الرياضة الثقيلة والتمارين الرياضية. والشخص على حد أدنى يوصي بممارسة الجري أو المشي السريع لمدة50 دقيقة بشكل منتظم.

وهذه الطريقة ستساعد على سلاسة الدورة الدموية وتكون أكثر نشاطا حتى تزيد الانزيمات لكسر البروتين الذي يسبب لوحة في الدماغ.

وقال رونالد: “التمرين مفيد في إبطاء التراجع في الوظيفة الإدراكية لأنه قد ثبت منذ وقت طويل أنه يسبب استقرارا أو تحسنا في الإدراك”.

وحتى الآن، لا يزال علماء الأعصاب يناقشون أي نوع من التمارين الرياضية صالح لصحة الدماغ. بالإضافة إلى ممارسته، ويوضح الخبراء أيضا أن صحة الدماغ يمكن أن يحافظ عليها تناول الغذاء الذي يحتوي على أوميغا 3 مثل الأسماك.

وقال الباحث جيمس بيكر من جامعة بيتسبرغ في ولاية بنسلفانيا: “بل محتوى الأحماض الدهنية أوميغا 3 في الأسماك ليس فقط جيد للدماغ، ولكن جيد لصحة الجسم كاملا، وتحفظ قدراتهم المعرفية بتناول الأسماك فقط”.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فار س البدر | المصدر : سيندو نيوز

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Penelitian terbaru dalam jurnal Neurology menunjukkan bahwa rajin olahraga minimal seminggu tiga kali bisa membantu memperlambat penurunan fungsi otak atau pikun. Penelitian ini meneliti lebih dari 11 ribu penelitian lainnya terkait penurunan fungsi kognitif ringan (MCI).

Dilansir dari Reuters, pemimpin penelitian Ronald Petersen dari American Academy of Neurology menyarankan untuk olahraga minimal tiga minggu sekali. Untuk hasil yang maksimal, olahraga yang dilakukan merupakan gabungkan antara olahraga beban dan aerobik. Seseorang dengan MCI minimal berolahraga lari atau jalan cepat 50 menit secara rutin.

Cara ini dipercaya bisa membantu peredaran darah lebih lancar sehingga membuat enzim lebih banyak memecah protein penyebab plak di otak. “Olahraga bisa bermanfaat dalam memperlambat penurunan fungsi kognitif karena sudah lama ditunjukkan dapat menyebabkan stabilisasi atau perbaikan kognisi,” ujar Ronald.

Hingga saat ini para ahli saraf masih mendiskusikan olahraga seperti apa yang baik untuk kesehatan otak. Selain olahraga, para ahli juga menjelaskan bahwa kesehatan otak juga bisa dijaga dengan diet kaya omega 3 di mana kandungan tersebut bisa ditemukan pada ikan.

“Bahkan kandungan asam lemak omega-3 pada ikan tak hanya baik untuk otak, tapi juga kesehatan orang yang memakannya secara menyeluruh. Kemampuan kognitif mereka terjaga walaupun hanya dengan makan ikan,” ujar peneliti Dr James Becker dari University of Pittsburgh, Pennsylvania.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares alBadr | Sumber: Sindonews.com

 

تعليقات
Loading...