إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

السبب من عدم تحديد بالو ككارثة وطنية

Alasan Pemerintah Tak Tetapkan Gempa-Tsunami Palu sebagai Bencana Nasional

- الإعلانات -

0 176

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قال نائب الرئيس جوزيف كالا إن الحكومة لم تحدد وضع كارثة الزلزال وأمواج تسونامي التي وقعت في بالو ودونجغالا في سولاويزسي الوسطى ككارثة وطنية. السبب هو أن الحكومة الإقليمية في منطقة سولاويسي الوسطى لا تزال تعمل. هذا الوضع مختلف عن الوضع الذي وقع بآتشه عندما وقعت نفس الكارثة فيها عام 2004.

وقال كالا، وهو أيضا الرئيس العام للصليب الأحمر الإندونيسي (PMI): “إذا تم تحديد كارثة وطنية، إن كان أحد أسبابه شبيه بأتشيه إذا أصيبت الحكومة بالشلل. هناك (بالو) المحافظ ما زال موجودا، والعميد أيضا متواجد، (الحكومة) ما زالت تعمل”. في مكتب PMI، الأحد (09/30/2018).

أوضح كالا أن غياب وضع الكارثة الوطنية لا يعني أن الحكومة المركزية خارج نطاق التعامل مع ضحايا الزلزال والتسونامي في سولاويسي الوسط.

وأكد أنه لم يكن هناك اختلاف في المعاملة بين الكوارث الوطنية أو غير الوطنية.

وقال كالا “إن الحكومة تساعد بشكل كلي مثل أي كارثة في أي مكان، ولا فرق.”

من ناحية أخرى، قال رئيس مركز البيانات والعلاقات العامة التابع للوكالة الوطنية لإدارة الكوارث (BNPB) سوتوبو بورو نوغروهو، إن محافظ سولاويسي الوسطى لونجكي دانغقولا قد حدد فترة استجابة طارئة يبلغ 14 يومًا ضد الزلزال وتسونامي في بالو.

سابقا ، هز مدينة بالو ودونجالا بزلزال قوته 7.4 ريختر ، سولاويسي الوسط ، الجمعة (09/28/2018).

تسبب الزلزال في حدوث تسونامي في شاطئ بالو بارتفاع يتراوح من 0.5 إلى 1.5 متر، وشاطئ دونجالا أقل من 50 سم ، وشاطئ ماموجو بارتفاع 6 سنتيمترات.
حتى بعد ظهر يوم الأحد ، سجل الوكالة الوطنية لإدارة الكوارث (BNPB) أن هناك 832 حالة وفاة في الكارثة.

المترجمة: فتحية غزالي | المصدر: كومباس


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pemerintah tak menetapkan status bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi tengah, sebagai bencana nasional.

Alasannya, pemerintahan daerah di wilayah Sulawesi Tengah masih berjalan.

Kondisi ini berbeda dengan situasi yang terjadi saat bencana yang sama terjadi di Aceh pada 2004.

“Kalau ditetapkan bencana nasional itu salah satu sebabnya kayak di Aceh kalau pemerintahnya lumpuh. Di sana (Palu) gubernur masih ada, bupati masih ada, (pemerintahan) masih jalan,” kata Kalla, yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), di Kantor PMI, Minggu (30/9/2018).

Kalla menjelaskan, tidak adanya status bencana nasional bukan berarti pemerintah pusat lepas tangan dalam menangani korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Ia memastikan, tidak ada perbedaan perlakuan antara bencana yang berstatus becana nasional mau pun tidak.

“Pemerintah membantu sepenuhnya sama dengan terjadi bencana di mana saja, tidak ada perbedaan,” ujar Kalla.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola telah menetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari terhadap gempa dan tsunami di Palu.

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018).

Gempa tersebut menyebabkan gelombang tsunami yang terjadi di Pantai Palu dengan ketinggian 0,5 sampai 1,5 meter, pantai Donggala kurang dari 50 sentimeter, dan Pantai Mamuju dengan ketinggian 6 sentimeter.

Hingga Minggu siang, BNPB mencatat terdapat 832 korban meninggal dunia dalam bencana tersebut.

Penerjemah: Fathiyah Gazali | Sumber: Kompas

(16)

تعليقات
Loading...
Click Me