إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

الشاطئ الجميل في شمال جزيرة جاوا

Pantai yang Indah Itu Ada di Utara Pulau Jawa

- الإعلانات -

0 267

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – يقع في شمال جزيرة جاوا ، هناك جزيرة مع امتداد جميل من الشاطئ إنّها كاريمونجاوا.

من لا يعرف الجمال في شمال بحر جاوا. فكريمونجاوا أفضل مجموعة في هذا الأرخبيل وهي ذات سمعة لا تقل عن بالي وواحدة من الوجهات المفضلة لمعظم الناس لقضاء عطلة نهاية الأسبوع.

تقع قبالة الساحل ب83 كيلومترا من جيبارا ، والوصول إلى كريمونجاوا ليس صعباً. كل يوم اثنين وأربعاء وسبت هناك سفينة سيجينجاي تغادر ميناء كارتيني في جيبارا ، و تستغرق الرحلة حوالي 5 ساعات. بينما تعمل سفينة اكسبريس بهاري كل يوم اثنين وثلاثاء وأربعاء وجمعة وهي أكثر اختصاراً للزمن، لا نبعد سوى ساعتين. ولكن إذا كنت ترغب في الحصول على وسيلة أسرع ، يمكنك أن تأخذ طائرة سوسي اير من مطار جواندا في سورابايا أو مطار أحمد ياني في سيمارانج.

بالتأكيد لن تكتمل زيارة كاريمونجاوا إذا لم تجرب الغطس تحت الماء. عن طريقه يمكنك أن ترى مساحات شاسعة من الشعاب المرجانية الملونة الجميلة وأنواع مختلفة من الأسماك الشعابية تسبح حرة. إلى جانب الرؤية الجيدة والمياه الصافية هناك ، وجودك هناك كأنك تسبح في حوض السمك المائي العملاق. هناك ما لا يقل عن 4 مواقع للغوص التي يجب زيارتها في كاريمونجاوا ، وتحديدا في الجزيرة الصغيرة ، الجزيرة الوسطى ، جزيرة سيمارا الصغيرة، و جزيرة مينجانجان الصغيرة.

إذا كنت تحب التحدّي واختبار شجاعتك ، يمكنك محاولة السباحة مع أسماك القرش. لا داعي للغوص في البحر لأنّ كاريمونجاوا توجد بها بركتان في بعمق 1.5 متر تقطنها عشرات من أسماك القرش السوداء. على الرغم من أنه قيل إن أسماك القرش هناك معتادة على وجود الناس ولكن لا يزال الأمر يتطلب القليل من الشجاعة لتجربة السباحة مع أسماك القرش.

يقول الكثيرون أن كاريمونجاوا هي جزر مالديف إندونيسيا. لما تتمتّع به من شواطئ رملية بيضاء ناعمة،المياه الضحلة ذات اللون الأخضر والبحر العميق الأزرق ، حقا الحال إنّها جزر المالديف.

الأنشطة الأخرى التي لا ينبغي تفويتها هي رؤية شروق الشمس وغروبها. توجد أماكن تستحق الزيارة أيضاً من بينها الجانبين الغربي والشرقي للجزيرة. ولكن المكان الأكثر شعبية هو شاطئ Ujung Gelam لاستمتاع بغروب الشمس بينماشاطئNirwana لرؤية لشروق الشمس. لا يؤلمك الاستيقاظ مبكرًا جدًا أو التأخر من العودة إلى النزل للاستمتاع بتلك الفرصة الذهبية.

على الرغم من أنّ اسم كاريمونجاوا يتطابق مع جمال الشاطئ وتحت الماء ، لكن البر الرئيس مثير للاهتمام أيضًا لاستكشافه. يتكون من التلال العالية ، والبرية الفسيحة، ومحميّة غابات المانغروف.

المترجمة : مايا يونياتي | المحرر : د . طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Berada di sebelah utara Pulau Jawa, terdapat pulau dengan hamparan pantai yang indah. Selamat datang di Karimunjawa.

Siapa yang tidak kenal si cantik di utara Laut Jawa ini. Karimunjawa. Gugusan kepulauan terbaik yang pamornya tidak kalah dari Bali dan salah satu destinasi paling favorit bagi sebagian besar orang untuk berlibur di akhir pekan.

Terletak di lepas pantai 83 km dari Jepara, akses menuju Karimunjawa tidaklah sulit. Setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu terdapat Kapal Siginjai yang berangkat dari Pelabuhan Kartini di Jepara dengan lama tempuh sekitar 5 jam perjalanan. Sedangkan kapal Express Bahari beroperasi setiap hari Senin, Selasa, Rabu, dan Jumat dengan lama perjalanan lebih singkat, yakni hanya 2 jam perjalanan. Tapi jika ingin lebih cepat sampai, bisa naik Pesawat Susi Air dari Bandara Juanda di Surabaya atau Bandara Achmad Yani di Semarang.

Setiap kunjungan di Karimunjawa pasti tidak akan lengkap bila belum menjajal keindahan bawah lautnya. Hanya dengan snorkeling saja sudah bisa melihat hamparan terumbu karang cantik bewarna-warni serta beragam jenis ikan karang berenang bebas. Ditambah dengan baiknya visibilitas dan beningnya perairan disana, seakan sedang berenang di akuarium Sea World raksasa. Paling tidak terdapat 4 snorkeling spot yang harus didatangi saat berada di Karimunjawa, yaitu di Pulau Kecil, Pulau Tengah, Pulau Cemara Kecil, dan Pulau Menjangan Kecil.

Jika suka kegiatan ekstrim menguji nyali dan menantang keberanian, bisa dicoba untuk berenang bersama hiu. Tidak perlu repot sampai menyelam segala karena di Karimunjawa terdapat 2 buah kolam sedalam 1.5 meter yang dihuni puluhan ekor hiu sirip hitam remaja. Meski katanya hiu disana sudah terbiasa dengan keberadaan manusia tapi tetap saja dibutuhkan keberanian tidak sedikit untuk sekedar merasakan sensasi berenang bersama hiu.

Banyak yang bilang kalau Karimunjawa itu Maldives-nya Indonesia. Bukan tanpa sebab, hamparan pasir pantainya yang putih halus bak bedak bayi, lalu dikombinasikan dengan perairan dangkal hijau toska dan biru tua laut dalam, benar-benar persis seperti di Maldives. Siapa yang bisa menahan godaan untuk tidak segera menceburkan diri di pantainya yang tidak berombak atau sekedar bersantai menikmati hari di bawah rimbunan pohon kelapa tak jauh dari bibir pantainya.

Aktifitas lain yang tidak boleh terlewat adalah melihat sunrise dan sunset. Ada begitu banyak spot yang bisa dipilih di sepanjang sisi barat dan timur pulau. Namun spot paling populer ada di Pantai Ujung Gelam untuk menikmati sunset sedangkan di Pantai Nirwana untuk sunrise. Tidak rugi rasanya harus bangun terlalu pagi atau sampai terlambat kembali ke penginapan demi bisa menikmati saat-saat ketika momen golden hours berlangsung.

Walaupun Karimunjawa identik dengan keindahan pantai dan bawah lautnya, tapi daratan pulaunya juga menarik untuk dijelajahi. Terdiri dari bukit-bukit tinggi, hutan belantara, hingga daerah konservasi hutan bakau. Bahkan dari salah satu puncak tertingginya (view point) dapat terlihat pemandangan spektakuler hamparan hutan hijau yang tampak menyatu dengan gradasi biru laut khas Karimunjawa. Dan semua keindahan itu akan membuat siapapun setuju jika Karimunjawa adalah setitik surga di utara Laut Jawa.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Talal Al.Shaiqi | Sumber : Detik

(40)

تعليقات
Loading...
Click Me