إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

الشيخ عبد الصمد يعبر عن شكره وتقديره لسكان بالي

Ustaz Abdul Somad Apresiasi Masyarakat Bali

0 391

 

بالي، اندونيسيا اليوم – أعرب الشيخ عبد الصمد من كبار علماء “بكان بارو”، عن تقديره للهندوس في بالي. وأوضح أن تشريف الملك “بمتشوتان” الحادي عشر (إحدى المملكات القديمة)، تشوكوردا بمتشوتان، في التبليغ الأكبر في مسجد بيت الرحمن دينباسار يُعدُّ مظهر من مظاهر الودية والأخوة.

وقال أحمد سيف الله رئيس “منتدى عناية الشيخ عبد الصمد” أن الشيخ عبد الصمد يقدر موقف ملك بمتشوتان. تشريفه يدل على الموقف الأصيل لسكان بالي .

“الهندوس في بالي يستقبلون كل الناس من الديانات الأخرى، ذلك أنهم وغيرهم يعيشون مع بعضهم البعض بشكل متناغم”، نقله سيف الله عن الشيخ عبد الصمد إلى republika.co.id، الاثنين (11/12).

وشرّف التبليغ الأكبر أناك أغونغ نغوره اغونغ الذي يُعدّ من وجهاء بوري غرينتشينغ (مملكة قديمة في بالي)، وهو رئيس المنتدى الإسلامي الهندوسي في بالي.

وقال سيف الله أن الشيخ عبد الصمد أنّ الذين قاموا بطرده لا يُعبّرون عن وجهة نظر سكان بالي، لأنهم تجاوزا تقاليد وعادات وسماحة سكان بالي.

وقال سيف الله الذي رافقه الفريق القانوني من المؤسسة القانونية المركزية للدفاع عن القانون وحقوق الإنسان في بالي أن: الأعمال العدوانية التي اتخذها مجموعة من الناس تجرح مشاعر كثير من الناس، وخاصة مشاعر طلاب الشيخ عبد الصمد في بالي وخارجه. كون الشيخ عبد الصمد يُعدُّ من كبار علماء إندونيسيا.

“لذا فإنّ الأعمال العدوانية التي آذت الشيخ عبد الصمد في بالي وصل خبرها إلى كثير من الناس في إندونيسيا.” بحسب سيف الله.

وقال سيف الله أنه سيطالب السلطات باتخاذ الإجراءات القانونية تجاه أولئك الذين قاموا بها. وسوف يقدم تقرير عن تلك الأعمال إلى الشرطة.

المترجم: لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: صحيفة ريفوبليكا

Bali, Indonesiaalyoum.com –  Ulama kharismatik asal Pekanbaru, Ustaz Abdul Somad menyampaikan apresiasinya terhadap umat Hindu di Bali. Kehadiran Raja Pemecutan XI, Cokorda Pemecutan pada tablig akbar di Masjid Baiturrahman Denpasar dinilainya sebagai bentuk sikap bersahabat dan bersaudara.

Baca juga: Tindak Tegas Ormas Intoleran Pengusir Ustaz Abdul Somad

Ketua Forum Peduli Ustaz Abdul Somad (FPUAS), Ahmad Syaifullah mengatakan, Ustaz Somad menaruh hormat pada sikap Raja Pemecutan. Kehadiran beliau menunjukkan sikap masyarakat Bali yang sejati

“Umat Hindu di Bali sangat terbuka dengan kehadiran umat lain, sehingga selama ini bisa berdampingan secara harmonis,” kata Ustaz Somad sebagaimana disampaikan Syaifullah kepada Republika.co.id, Senin (11/12).

Tablig akbar Ustaz Somad juga dihadiri Penglingsir Puri Gerenceng, Anak Agung Ngurah Agung. Beliau juga Ketua Forum Hindu Muslim Bali.

Baca juga: Waketum MUI Sesalkan Kejadian yang Menimpa Ustaz Abdul Somad

Syaifullah mengatakan, Ustaz Somad tidak percaya orang-orang yang mempersekusi dirinya adalah bagian dari masyarakat Bali. Ustaz Somad menilai, mereka adalah orang-orang yang keluar dari tradisi, adat istiadat, dan keramahan masyarakat Bali.

Syaifullah yang didampingi Tim Hukum dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pusat Advokasi Hukum dan Hak Azasi Manusia (PAHAM) Bali mengatakan, tindakan para persekutor telah melukai perasaan banyak pihak, terutama para murid Ustaz Somad yang ada di Bali dan luar Bali. Ustaz Somad bagaimana pun ulama yang menjadi aset nasional.

Baca juga: Bicara di Konferensi Perdamaian Dunia, Menag: Indonesia Bersama Rakyat Palestina

“Jadi, tindakan persekusi yang dialaminya di Bali diamati dan diseriusi oleh banyak orang di seluruh Indonesia,” kata Syaifullah.

Syaifullah mengatakan, pihaknya akan meminta aparat untuk mengambil langkah-langkah hukum terkait peristiwa persekusi yang dialami Ustaz Somad. Dirinya bahkan berencana melaporkan persekusi itu pada polisi.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSaiqi | Sumber: ROL

 

تعليقات
Loading...
Click Me