إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

الصور ثلاثية الأبعاد في أحد القرى في ديبوك إبداع لا مثيل له

Kampung 3D di Depok Mendadak Viral. Begini Foto-Foto Kerennya!

0 532

- Advertisement -

ديفوك، إندونيسيا اليوم – الشارع توندانوا فى ديبوك أصبح ملفتا لأنظار الناس وذلك بعد أن زُيِّن الشارع بصور عجيبة ثلاثية الأبعاد, هذا الإبداع من صناعة منتدى الشباب في قرية سوكما جايا في ديبوك يغير الشارع ليكون أجمل، وبطريقة فريدة، ومتميزة عن الشوارع الأخرى. مما جذب إليه الناس لزيارة القرية والاستمتاع بجمال هذا الشارع.

Jalan Tondano, Depok mendadak ramai dikunjungi. Pasalnya di jalanan kecil itu kini telah berhiaskan mural-mural jalanan yang bernuansa 3 dimensi. Kreativitas pemuda karang taruna RW 03, Kelurahan Sukma Jaya, Depok ini membuat jalanan kampung ini menjadi indah dan instagramable. Kini banyak orang yang kini mengunjungi jalanan 3 dimensi ini.

هذه المبادرة تمت من قبل منتدى الشباب الذي تم دعمه من الحكومة المحلية فى القرية. ونأمل مع ازدياد الزوار أن تتطور هذه القرية حتى تصبح قرية سياحية يأتي إليها السواح من كل مكان. فلنرى الصور معا حتى نتأكد من جمال هذا الشارع

Inisiatif ini dilakukan oleh karang taruna RW 03 dan mendapat dukungan dari kelurahan. Kelak jika makin ramai, ada wacana untuk dikembangkan sebagai desa wisata. Wah semoga segera jadi tempat wisata alternatif ya. Buat kamu yang penasaran dengan foto-fotonya, yuk simak sama-sama.

الفكرة بدأت من منتدى الشباب فى قرية سوكما جايا، و الآن  أثمرت الفكرة  فأصبح الشارع أجمل و أكثر جاذبية وملفتا للأنظار

Berawal dari karang taruna, jalanan di sebuah kampung yang semula biasa saja kini menjadi lebih indah dan memanjakan mata

العديد من الناس يزورون القرية ليأخذوا العديد من الصور التذكارية في هذا الشارع.

Aneka lukisan 3 dimensi di jalanan kampung ini sontak membuat banyak orang berkunjung ke sana untuk berswafoto

تحققت المبادرة باستخدام أموال المنتدى و أموال الخاصة. وحصلوا على دعم إيجابي من  كل الأطراف من رموز القرية وهم يأملون بوجود اهتمام أكثر بعد هذا الدعم.

Aksi melukis jalanan ini diinisiasi oleh karang taruna RW 03 dan menggunakan dana kas karang taruna dan dana pribadi. Mereka mendapat dukungan positif dari banyak pihak dan berharap ada tindak lanjutnya dari dukungan tersebut

استغرق الوقت حوالي 6 ساعات لإنتاج صورة واحدة. وهم يتمنون أن يكون هناك تعاون من شركة الدهانات. ولعل شركة الدهانات قد قرأت هذا الخبر وحققت هذه الأمنية.

Mereka butuh waktu sekitar 6 jam untuk menghasilkan satu lukisan. Harapan mereka sih nantinya ada perusahaan cat yang mau berkolaborasi dengan mereka. Semoga ada perusahaan cat yang baca ini ya

قال “محمد علام”، رئيس منتدى الشباب في وقت لاحق: (إذا كان الحال أكثر تطورا سنجهز الصندوق الخاص بالتبرعات، ثم نحاول التعاون مع شركة الدهانات حتى لا تقتصر الصور بالموجودة حاليا فقط).

“Niatnya nanti kalau memang ramai ada kotak sukarela. Lalu kita berusaha kerjasama sama perusahaan cat agar lukisan 3D itu tidak hanya sebatas ini saja,” kata Mohammad Alam, ketua karang taruna

و من خلال تزيين الشارع بالصور ثلاثية الأبعاد، هناك رسالة أخلاقية ليتم نقلها إلى المجتمع وهي أن يكون سائقو السيارات أكثر حذرا و لا يتسرعوا عند ما يمرون بهذا الشارع.

Ternyata ada pesan moral yang ingin disampaikan lewat lukisan 3D tersebut, yakni agar pengendara kendaraan lebih berhati-hati dan lebih memelankan kendaraannya ketika melintas

وجدير بالذكر أن تصاميم الرسومات تبدأ في  المساء عندما يكون الجو هادئا، حتى الصباح الباكر (10 ليلا – 3 صباحا)

Proses pengerjaan sketsa dimulai pada sore hari saat suasana mulai sepi, dan pengecatan akan dilakukan pada malam hari sampai dini hari (10 malam-3 pagi)

ويريد المنتدى في المستقبل أن تصبح القرية  مكان السياحية البديلة لقضاء العطلة في نهاية الأسبوع. يالها من روعة  تستطيع أن تلقط الصور الرائعة فى هذا الشارع.

Ke depannya mereka ingin tempat ini jadi Kampung 3D yang akan jadi alternatif untuk berlibur di akhir pekan. Lumayan ‘kan bisa swafoto di jalanan kampung yang instagramable!

نأمل في المستقبل أن يزداد الزوار والسواح وتصبح  هذه القرية  مكانا لكسب العيش لدى سكان قرية سوكماجايا, ديبوك.

فلا تنتظر هيا نقضي عطلتنا القادمة هناك!

Semoga makin banyak yang datang dan tempat ini jadi ladang rezeki buat warga RW 03, Kelurahan Sukmajaya, Depok ya. Yuk berlibur ke sana!

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر : Hipwee

(104)

تعليقات
Loading...
Click Me