الصَّحْوَةُ الإِسْلَامِيَّةُ (الجزء الأول)

Kebangkitan Islam (1)

0 887

قبل الوُلُوجِ إِلى شَرْحِ الصحوة اْلإِسْلاَمِيّةِ، يَتَحَتَّمُ عَلَينا درَاسةِ بَعْضِ الْكَلِماتِ بِشَكْلٍ دَقِيْقٍ، وهي الحضارة والثقافة والمدنيّة –بصفاتِهَا الغربيةِ والشّرقيّةِ والإسلاميّةِ وغيرِ الإسلاميّةِ. فإنّ تعاريف الكلماتِ المذكورةِ هي مفتاحُ التّفكيرِ ولا يزال النّاسُ يخلّطونَ بعضَها ببعضٍ.

وإذا تقصَّينا الاختلافاتِ بين الشَرقِ والغربِ والإسلامِ وغيرِ الإِسْلاَمِ، نَجِدُ أنَّ الهدفَ النّهائيّ للتّعليم والحضارةِ الغربيّةِ هو المادةُ. فتكون النّتيجةَ المنطقيةَ لهذا الهدفِ، ظهورُ الاستعمارِ والحربِ والاضطهادِ وما أشبه ذلك. وفي حينٍ أن الهدفَ النهائيّ للشّرقِ وخصوصًا الإسلام هو الروح وليست المادةً.

ويمكن تقريب هذا الهدف الروحيّ في اللغةِ العربيّةِ بكلمةِ “تَعْمِيْرٌ”، ولكنَّ الجهلَ بهذا المصطلحِ سيؤدي بصَاحبَه إلى مزجِهِ بِمفهومِ الاستعمارِ، وعلى سبيل المثال كلمة “تعميرُ البلادِ”، فإنّها تختلف كثيراً عن كلمةِ ” استعمارُ البلادِ” من حيثُ المعنَى. فتعني الأولى تعميرُ الدولةِ، والثانية احتلالُ أو استغلال الدّولة.

لقد عرض الغربُ الفكرةَ القوميّةَ على النّاسِ بغرضِ استعمارِ أو استغلالِ الدّولِ الأخرَى. فالقوميَّة  تُعدُّ روحًا جديدةً أي روح لاتّحاد الأمم. لكن الغرب هو نفسه الّذي قام بتفريق الأمم إزاء تقديمه الفكرةَ القوميةَ للدّول الإسلاميّة ودول العالم الثَّالث. ومن ثَمّ طلع شعارٌ مثل “مصر للمصريين” “والعراق للعراقيين” وإندونيسيا للإندونيسيين، وهلّم جرا.

وترمِي هذه الفكرةُ بِشكلهَا الصّريح إلى تعميرِ الدّولة وتطويرها، لكنّها تحمل في طياتها بشكل ضمني  غرضًا سريًّا وهو الاستعمار. والقوميّة في جوهرها هي أداةٌ لتفريق المسلمين كلّ التفريق بدون أيّة إشارات. وهذا، قد شهد المسلمون تدفق حجم موجة الفكرة القوميّة وجعلهم منغمسين فيها. وأخيراً تفرقت البلدان الإسلاميّة، وتَيَسّر للغرب تحقيق هدفه الحقيقيّ المتمثل في تطبيق الاستعمار.

عن الصّحوة الإسلاميّة

كلّ هذا جاء من حرب الآراء والأفكار. وبدأ بانتصار الغرب في نشر آراء وأفكار تضلل المسلمين. وبعد قرون قليلة، أدرك المسلمون أسباب هزيمتهم من الغرب حتى ظهرت في نهاية القرن الخامس عشر يقظتهم الجديدة نحو “الصّحوة الإسلاميّة”. إذا لم أكن مخطئا، فإن  لها مصطلح يطلق على كلمة “البعث” أو “البعث الإسلامي”.

بنيت هذه اليقظة على اعتبارات سلسلات التّاريخ البشريّ. إذا أعددنا من ولادة النّبيّ صلّى الله عليه وسلّم حتّى سقوط القسطنطينيّة، كانت فترة أو عصر الصّحوة الإسلاميّة تمتدّ إلى سبعة قرون. وتبع سقوط المسلمين نهوض الأوروبييّن من خلال حركة النّهضة.

إن اليقظة الجديدة نحو الصّحوة الإسلاميّة، ظهرت منذ بداية القرن العشرين والّتي بادرها الشيخ جلال الدّين الأفغانيّ. وقد بذل جلال الدّين الأفغانيّ جهوده في سبيل إحياء الإسلام مقاوماً الحركة القوميّة. إذ أنّه يأمل من أن يتّحد صفوف المسلمين (أن يكونوا أمّةً واحدةً).

بلغ عمر مجد الغرب في الوقت الراهن سبعة قرون. وقد تفوّق المسلمون في أوّل نهضتهم لكنّ حالاتهم تتراجع بعد مرور سبعة قرون إلى يومنا هذا حتّى أصبحنا نحن المسلمين أداة يستهدفها المستعمرون.

وكانوا يطلقون على هذه الحركة اسم “الإسلاموية”. بسبب تعارضها مع الغرب، وقد حاول العلماء الغربيون تحقيق في ما وأين توجد الإسلاموية. وتوصلوا في نهاية التحقيق إلى خلاصة تقول إن الإسلاموية فاشلة بمقارنتها مع القوميّة. ومع ذلك، فإنّ الوعي بظهور الصّحوة الإسلاميّة الّتي بدأها الشّيخ جمال الدّين الأفغانيّ أسفر عن نتائج، ولكنّها لم تصل بعد إلى غايتها.

وعلى الأقلّ، أشار ظهور اليقظة الجديدة إلى قلق جمهور النّاس. ففي إندونيسيا مثلاً، نجد باحثا يكتب في الصّحيفة بموضوع: “مَخَاطَرُ الإِسْلاَمُوِيّةُ تُسَاوِيْ مَخَاطُرَ الشُّيُوْعِيَّةِ”. وبالنّسبة للمسلمين، فإنّ هذا القلق يعدّ شيئًا من الإفراط لا يعتبر ولا يُحظى بشعبيّةٍ.

المترجم : سايرول نفساهو | المحرر : فارس البدر


Sebelum saya menguraikan tentang kebangkitan Islam, ada kata-kata yang harus dipelajari secara betul, yaitu al-hadlarah, ats-tsaqafah, dan al-madaniyah—Barat dan Timur, Islamiyah dan ghaira Islamiyah. Pengertian kata-kata ini merupakan kunci pemikiran yang masih sering dicampuradukkan.

Jika kita selidiki lebih mendalam perbedaan antara Timur dan Barat atau Islamiyah dan ghaira Islamiyah, maka akan kita temukan bahwa pendidikan dan peradaban Barat itu tujuan akhirnya adalah materi. Sebagai konsekuensi logis tujuan ini, timbul kolonialisme, peperangan, penindasan, dan sebagainya. Sedangkan Timur, khususnya Islam, tujuan akhirnya bukanlah materi, tetapi ruhiyah.

Dalam bahasa Arab, tujuan ruhiyah ini dapat didekatkan dengan kata ta’mir. Namun, yang kurang mengerti istilah ini dapat mencampurbaurkan dengan pengertian isti’mar. Seperti kata ta’miru al-bilad yang pengertiannya sangat jauh berbeda dengan isti’maru al-bilad. Yang pertama berarti memakmurkan negara, sedangkan yang kedua berarti penjajahan atau eksploitasi negara.

Untuk melakukan penjajahan atau eksploitasi terhadap negara lain, Barat memperkenalkan ide nasionalisme. Nasionalisme merupakan semangat baru, yaitu semangat untuk berbangsa-bangsa. Dengan memperkenalkan ide nasionalisme kepada negara-negara Islam dan negara-negara dunia ketiga, Barat justru memecah belah bangsa-bangsa. Karena itu, keluarlah moto seperti “Misr li al-Misriyyin” (Mesir untuk bangsa Mesir), Irak untuk bangsa Irak, Indonesia untuk bangsa Indonesia, dan seterusnya.

Secara eksplisit, tujuannya adalah untuk memakmurkan dan memajukan (ta’mir) negara-negara itu. Namun secara implisit, ada maksud terselubung, yaitu penjajahan (isti’mar). Karena ternyata, dengan alat nasionalisme itu umat Islam benar-benar menjadi terpecah-pecah tanpa mereka sadari. Besarnya gelombang ide nasionalisme ini membuat umat Islam tenggelam. Negara-negara Islam akhirnya tidak bersatu, dan mudahlah bagi Barat untuk mewujudkan tujuan yang sebenarnya, yaitu penjajahan.

Tentang Kebangkitan Islam

Semua berasal dari peperangan ide dan pemikiran. Dan kemenangan Barat bermula dari keberhasilan mereka dalam menyebarkan ide-ide dan pemikiran yang menyesatkan umat Islam. Setelah beberapa abad lamanya, umat Islam baru menyadari kekalahan mereka dari Barat. Karena itu, dengan berakhirnya abad ke-15, timbul kesadaran baru umat Islam, yaitu kesadaran akan datangnya abad “Kebangkitan Umat Islam”. Kalau tidak salah, istilahnya ada al-ba’ts atau al-Ba’tsul-Islamiy.

Kesadaran kebangkitan Islam ini berdasarkan perhitungan siklus sejarah umat manusia. Jika dihitung sejak lahirnya Nabi Muhammad hingga jatuhnya Konstantinopel, jangka waktu atau umur kebangkitan umat Islam itu tujuh abad. Kejatuhan umat Islam disusul oleh kebangkitan bangsa Eropa dengan gerakan Renaisance.

Saat ini kejayaan Barat telah berusia tujuh abad. Ini menyiratkan bahwa bangsa Barat telah berada di ambang zaman kehancurannya. Pada awal kebangkitannya, umat Islam itu hebat, tetapi setelah berjalan tujuh abad lamanya, kondisinya menurun hingga menjadi seperti sekarang ini. Akhirnya, kita menjadi sasaran penjajahan.

Kesadaran baru untuk menyongsong kebangkitan Islam itu sebenarnya sudah muncul sejak awal abad ke-20 yang dipelopori Syekh Jamaluddin al-Afghani. Dalam upaya membangkitkan Islam itu, Syekh Jamaluddin al-Afghani sebenarnya sudah bermujahadah melawan gerakan nasionalisme, ia ingin umat Islam itu bersatu (ummatan wahidatan).

Gerakan ini mereka namakan Pan-Islamisme. Karena bertentangan dengan Barat, maka para sarjana Barat mencoba menyelidiki apa dan di mana Pan-Islamisme itu. Akhirnya, penyelidikan menyimpulkan bahwa Pan-Islamisme itu gagal bila dibandingkan dengan nasionalisme. Meski demikian, kesadaran akan timbulnya kebangkitan Islam yang digagas Syekh Jamaluddin al-Afghani telah membuahkan hasil, tetapi belum sampai tujuan.

Setidaknya, dengan munculnya kesadaran baru ini banyak orang yang khawatir. Di Indonesia, misalnya, ada seorang sarjana yang menulis di surat kabar: Bahaya Pan-Islamisme Sama dengan Bahaya Komunisme. Bagi umat Islam, kekhawatiran ini terlalu berlebihan sehingga tidak begitu dianggap dan tidak populer.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Fares alBadr | Sumber: Republika

تعليقات
Loading...