الفيفا تهدد بمعاقبة أحد نوادي الدوري الإندونيسي

FIFA Ancam Sanksi Klub Liga Indonesia

0 480

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – بعد هبوطه لدوري الدرجة الثالثة، بيرسيكابو بوجور مهدد بتجميد نشاطة و الاستبعاد من المنافسات. و هذا بعدما أكدت محكمة الفيفا بزيورخ- سويسرا الخطأ من جانب بيرسيكابو في النزاع مع لاعبه السابق جاك جويل تسيمي.

و تكمن المشكلة في أن جويل تسيمي لم يستلم بعد راتبه من ناديه السابق بيرسيكابو.
حيث كان يلعب اللاعب الكاميروني للنادي في فريقة الرئيسي موسم 2013/2014.

و صرح الأمين العام لاتحاد كرة القدم الإندونيسي راتو تيشا:” سوف أتحقق أولاً، في الواقع نحن على اتصال و لكن لم يصل تأكيد للأمر”.

يقول تيشا أنه لن يظل صامتًا إذا أدانت الفيفا الفريق، كما إنه مستعد للمساعدة في تقديم الطعون، و ذلك لأن بيرسيكابو من نوادي كرة القدم الكبرى في إندونيسيا.
و أضاف تيشا:” و كذلك جميع أعضاء الاتحاد لهم نفس موقفي و سيساعدون”.

بينما أوضح الرئيس التنفيذي لبيرسيكابو السيد إفندي سيبوترا أنه سيعمل على حل هذه المشكلة في أسرع وقت ممكن. على الرغم من أن مهلة الفيفا للنادي قد أوشكت على الانتهاء.

و وفقًا لإفندي فإن الاتحاد الإندونيسي قد استلمرسلة من الفيفا منذ ثلاثة إلى أربعة أسابيع تفيد أن على نادي بيرسيكابو حل هذه المشكلة في غضون 30 يوم.

“الفيفا تطلب دليل على أن اللاعب قد استلم راتبه، فإن كان النادي لا يمتلك دليل، فعليهم دفع الراتب للاعب. و الآن نحن نحاول الوصول إلى دليل على أن اللاعب قد استلم راتبه، فإن لم نصل لشيء سنضطر للدفع” تصريح إفندي.

و أضاف ” إجمالي المبلغ المستحق للاعب 210 مليون روبية يجد أن يدفعها بيرسيكابو. وحتى الآن لا يوجد إثبات على أن اللاعب قد حصل على راتبه، حيث أن الرواتب دفعت من قبل الإدارة آن ذاك بشكل إجمالي لعدد من اللاعبين”.

“و تقول الإدارة القديمة أن اللاعب قد حصل على راتبة،لكن رغم ذلك تقدم جويل تسيمي بشكوى للفيفا ضد النادي” صرح إفندي.

المترجم: مؤمن مجدي | المصدر:سي ان ان اندونيسية

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Setelah terdegradasi ke Liga 3, Persikabo Bogor tengah menghadapi ancaman pembekuan dari kompetisi. Ancaman ini datang setelah pengadilan FIFA di Zurich, Swiss, memutuskan Persikabo bersalah atas sengketa mantan pemainnya, Jacques Joel Tsimi.

Permasalahan itu berupa klaim Joel Tsimi yang merasa gajinya belum dibayarkan Persikabo. Pemain asal Kamerun itu menjadi bagian dari Laskar Pajajaran pada musim 2013-2014 saat berlaga di Divisi Utama.

“Saya akan coba cek [dahulu]. Kemarin memang ada komunikasi tapi belum sampai putusan,” kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, kepada CNNIndonesia.com.

Menurut Tisha, untuk masalah kecaman dari FIFA ini PSSI tidak akan tinggal diam dan siap membantu proses banding. Karena, Persikabo masih menjadi anggota wadah sepak bola tertinggi di Indonesia itu.

“Seperti sikap PSSI kepada seluruh anggotanya, dibantu,” Tisha menuturkan.

Sementara, CEO Persikabo Effendi Syahputra menjelaskan pihaknya akan menyelesaikan permasalahan ini secepat mungkin. Apalagi, tenggat waktu yang diberikan FIFA sudah hampir habis.

Menurut Effendi, pihaknya menerima surat FIFA yang disampaikan PSSI itu sejak tiga hingga empat pekan lalu. Sementara, badan sepak bola dunia tersebut meminta Persikabo untuk menyelesaikan kasus ini dalam 30 hari.

“FIFA meminta, kalau memang sudah diselesaikan, tolong diperlihatkan buktinya. Tetapi kalau belum dibayar, ya harus dibayarkan. Saat ini kami sedang cari buktinya dahulu, kalau memang ada klaim, kami akan coba bayar,” ucap Effendi.

Effendi menjelaskan, total gaji yang harus dibayarkan Persikabo Rp210 juta. Dia juga mengaku saat ini tidak memiliki bukti pembayaran itu, karena pembayaran gaji Joel Tsimi sudah dibayarkan manajemen saat ini secara menyeluruh kepada para pemain.

“Kalau menurut manajemen yang lama, sudah dibayarkan. Tetapi, setelah itu justru Joel Tsimi mengadu ke FIFA,” Effendi menuturkan. (ptr)

Penerjemah: Mo’men Magdy | Sumber: CNN Indonesia

 

تعليقات
Loading...