الماليزيون هم الاكثر زيارة إلى سومطرة الغربية

Sumbar Paling Banyak Dikunjungi Pelancong Malaysia

0 766

بادانج, إندونسيا اليوم – أشار المكتب المركزي للإحصاء (BPS)  في سومطرة الغربية إلى أن عدد السياح الأجانب في عام 2017 الوافدين إلى سومطرة الغربية أكثرهم من ماليزيا. وبلغ عدد السياح الماليزيين  حوالي،201 سائح.

وقال رئيس المكتب المركزي للإحصاء  في سومطرة الغربية ، سوكاردى فى بادانج، يوم الخميس (1/2)  ” أنه من بين 56313 سائحا اجنبيا الذين يزورون سومطرة الغربية معظمهم من ماليزيا، وارتفع عددهم فى عام 2017 بنسبة 14.16 %  مقارنة بعام 2016 الذى بلغ 38453 سائح  فقط”.

قد يهمك : 34 وجهة سياحية مفضلة في 34 محافظة في إندونيسيا (الجزء الثاني)

ووفقا له  يلي الماليزيون في النسبة, السيّاح من تايلاند الذي بلغ إلى  2662 شخصا ثم فرنسا 478 شخصا واستراليا 407 شخصا والولايات المتحدة 304 شخصا والفلبين 372 شخصا والمملكة المتحدة 372 شخصا.

من جانبه أوضح  أيضا أن نسبة  السياح الأجانب إلى سومطرة الغربية عامة  في عام 2017 إرتفع إلى 13.34 %  مقارنة بعام 2017.

وتتضمن أن الأرقام المسجلة سابقا السياح الذين يدخلون عبر مكتب الهجرة في مطار مينانغكاباو الدولي  لأنه إذا كان قادما من جاكرتا أو ميدان سيتم تسجيلها أولا في مطار الوصول.

وفي سياق متصل  وحسب استطلاعات الرأي التي أجراها مركز الدراسات الاجتماعية والثقافية والاقتصادية (PKSBE) جامعة ولاية بادانج أن معظم السياح الذين يزورون سومطرة الغربية  اقروا أن  هذه المنطقة لديها جاذبية  خاصة تتمثّل في الطبيعية الجميلة.

قد يهمك : معايير ترشيح محافظ بنك إندونيسيا في نظر جوكووي

ويقول الباحث دوني ساتريا، مدير مركز الدراسات الاجتماعية والثقافية والاقتصادية (PKSBE) بجامعة ولاية بادانج ، ” استنادا إلى الدراسة الاستقصائية التي أجريت أن 58 % من السياح يرون أن طبيعة سومطرة الغربية جميلة تتوافق مع توقعاتهم قبل الزيارة.

من جانب آخر كشفت البحوث أن معظم السياح يرون أن دورالعبادة والمراحيض في بعض الأماكن السياحية لا تتوفر بشكل كامل. واضاف ” و معظم السياح تقريبا غير مقتنع عن المرافق الخدمية  كدور العبادة والمراحيض، مع أن هذه الجوانب تعدُّ مهمة  جدّا لدى السياح”.

جدير بالذكر أن الاستطلاعات أجريت ليس في موسم الاجازات، ولك أن تتخيل إذا كانت الاستطلاعات قد أجريت جريت في موسم الاجازات  كيف ستكون  نسبة  رضا السياح عن مرافق البنية التحتية فضلا عن ذلك الازدحام الشديد في طريق بادانج-بوكيتينججي حتى وصل  وقت الانتظارإلى  ثمانية ساعات، وبالتالي فإن مشكلة السياحة في سومطرة الغربية هي  البنية التحتية”.

قد يهمك : من أفضل الشاطئ في العالم في 2018 موجود في بالي

ثم من ناحية أخرى كشف المركز  عدم توفر المعلومات السياحية  رغم اهميتها للسياح.

المترجم : هان هان علوم الدين | المصدر : ريبوبليكا

المحرر : تلال الشوقي

Padang, Indonesiaalyoum.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat (Sumbar) mencatat pada 2017 provinsi itu paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dari Malaysia. Jumlah pelancong dari Negeri Jiran itu mencapai 44.201 orang.

“Dari 56.313 wisatawan asing yang berkunjung ke Sumbar paling banyak dari Malaysia, pada 2017 jumlahnya mengalami peningkatan 14,16 persen dibandingkan 2016 yang hanya 38.453 orang,” kata Kepala BPS Sumbar, Sukardi di Padang, Kamis (1/2).

Menurutnya setelah Malaysia kunjungan wisatawan asing terbanyak berasal dari Thailand sebanyak 2.662 orang, Perancis 478 orang, Australia 407 orang, Amerika Serikat 304 orang, Philipina 372 orang, dan Inggris 372 orang.

Pada sisi lain ia menyampaikan kunjungan wisatawan asing ke Sumbar pada 2017 mengalami kenaikan 13,34 persen dibandingkan 2017.

Ia memastikan jumlah yang terdata tersebut adalah wisatawan yang masuk melalui imigrasi di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) karena jika sebelumnya dari Jakarta atau Medan maka akan didata lewat bandara kedatangan.

Sebelumnya hasil penelitian yang dilakukan Pusat Kajian Sosial Budaya dan Ekonomi (PKSBE) Universitas Negeri Padang (UNP) menemukan sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Sumbar mengakui daerah ini memiliki daya tarik berupa alam yang indah.

“Berdasarkan survei yang dilakukan 58 persen wisatawan menilai alam Sumbar memang indah dan sesuai dengan harapan mereka sebelum berkunjung,” kata Peneliti PKSBE UNP Doni Satria,M.SE.

Menurutnya tidak ada yang membantah alam Sumbar indah dan hal itu menjadi salah satu daya tarik dan potensi wisata.

Akan tetapi pada sisi lain dari survei tersebut terungkap sebagian besar wisatawan menilai fasilitas ibadah dan toilet yang ada di objek wisata tidak memadai. “Hampir sebagian besar wisatawan tidak puas dengan fasilitas rumah ibadah dan toilet, padahal dua aspek tersebut dinilai penting oleh pengunjung,” ujarnya.

Ia mengatakan survei dilakukan bukan pada musim liburan, bisa dibayangkan kalau survei saat sedang padatnya seperti apa kepuasaan wisatawan terhadap infrastruktur penunjang. “Belum lagi kalau jalur Padang-Bukittinggi macet hingga delapan jam, jadi masalah pariwisata Sumbar itu ada pada infrastruktur, ” tambahnya.

Kemudian pada sisi lain ia menemukan ketersediaan pusat informasi wisata kurang lengkap padahal itu penting bagi wisatawan.

Penerjemah : Ulumuddin Ismail | Editor : Talal Syauqi | Sumber : Republika

 

تعليقات
Loading...