المجتمع الدولي ينعي ضحايا تسونامي إندونيسيا

Solidaritas Internasional untuk Korban Tsunami Selat Sunda

0 559

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قدم زعماء العالم خطابات تعاطف وتضامن بسبب الفاجعة التي حدثت في إندونيسيا –تسونامي-، وكان أولهم البابا (فرانسيس) ورئيس جمهورية روسيا (فلاديمير بوتين) والرئيس الأمريكي (دونالد ترامب).

فهذه الحادثة التي راح ضحيتها أكثر من 280 مواطن إندونيسي جلبت تعاطف وإهتمام زعماء العالم.

بالإضافة إلى الإهتمام الذي جاء من البابا (فرانسيس) و(فلاديمير بوتين) و(دونالد ترامب)، فأيضًا المستشارة الألمانية (أنجيلا ميركل) أعربت عن قلقها تجاه الحادث الأليم بالإضافة إلى رئيس الوزراء الأسترالي (سكوت موريسون).

قال البابا (فرانسيس) إلى زوار ساحة القديس بطرس في الفاتيكان يوم الأحد (23/12) في صلاة الملائكة أنه يجب على المجتمع الدولي دعم إندونيسيا حيث أنها تعرضت لسلسة من الكوارث الطبيعية راح ضحيتها كثيرا من الأرواح فضلًا عن الخسائر المادية الكبيرة. حيث أنه طلب من جميع الناس إلى أن يدعوا إلى المفقودين والضحايا وإلى جميع من يحبون وأنه دائًما يدعوا لهم الله، حيث قال: “أطلب من الإخوة والأخوات والمجتمع الدولي أن يدعوا الله للضحايا والمفقودين”.

روسيا والولايات المتحدة الأمريكية ينعوا ضحايا الحادث الأليم

أعرب الرئيس الروسي (فلاديمير بوتين) عن خالص تعازيه للرئيس الإندونيسي (جوكو ويدودو) بسبب تسونامي الذي حدث يوم السبت ليلًا في منطقة مضيق سوندا وراح ضحيته كثير من الضحايا.

وقال (بوتين) طبقًا لما كتب في موقع (الكرملين): “تعزي جمهورية روسيا دولة إندونيسيا الشقيقة على ما أصابها من كارثة طبيعية أدت إلى فقد أرواح كثيرة ونتمنى الشفاء العاجل لكل المصابين”.

وفي نفس الوقت كتب الرئيس الأمريكي (دونالد ترامب) عبر موقعه على موقع تويتر عن تضمانه مع دولة إندونيسيا وأن الولايات المتحدة الأمريكية تدعوا الله للضحايا وبالشفاء للمصابين.

وحتى الوقت الذي نشر فيه هذا الخبر، عدد الضحايا في بانتين ولامبونج الجنوبية وصل إلى 281 فرد و1000 مصاب و12 ألف مشرد.

 

المترجم : محمد علي | المصدر: news.detik.com

 


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Ucapan simpati dan dukungan untuk Indonesia disampaikan oleh para pemimpin dunia, seperti Paus Fransiskus, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Peristiwa tsunami Selat Sunda yang merenggut lebih dari 280 korban jiwa menarik simpati masyarakat internasional. Para pemimpin dunia menyampaikan rasa prihatin dan solidaritas mereka untuk Indonesia.

Selain ucapan dukacita dan solidaritas dari Kanselir Jerman Angela Merkel dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison, ungkapan keprihatinan juga datang dari Paus Fransiskus, Vladimir Putin dan Donald Trump.

Paus Fransiskus menyerukan kepada komunitas internasional untuk mendukung para korban tsunami Selat Sunda. Berbicara kepada para peziarah yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus Vatikan untuk Doa Angelus pada Minggu (23/12), Paus menyampaikan bahwa ia bersama dalam solidaritas dengan orang-orang Indonesia “yang telah dilanda serangkaian bencana alam yang hebat, yang telah menyebabkan banyak kematian, banyak orang hilang dan banyak kerusakan material yang cukup besar “.

Paus mengajak semua orang untuk bergabung dalam doa untuk para korban dan orang-orang yang mereka cintai. Ia juga menyatakan kedekatan spiritualnya kepada mereka yang terkena dampak tragedi tsunami dengan mengatakan bahwa ia memohon penghiburan Tuhan dalam penderitaan mereka. “Permohonan saya adalah agar saudara dan saudari ini tidak kekurangan solidaritas kita dan dukungan dari komunitas internasional,” katanya.

Rusia dan AS ikut berduka

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Indonesia Joko Widodo atas peristiwa tragis dari tsunami yang menghantam wilayah pesisir Selat Sundra pada Sabtu malam, seperti tertera pada situs web Kremlin.

“Rusia berbagi kesedihan bersama negara sahabat Indonesia. Saya meminta Anda untuk menyampaikan simpati dan dukungan yang tulus dari kami, kepada kerabat dan teman-teman yang menjadi korban tsunami dan saya berharap pemulihan yang cepat untuk semua yang terluka dalam bencana alam ini,” katanya.

Sementara itu, melalui akun Twittternya, Presiden AS Donald Trump juga menyampaikan solidaritas untuk Indonesia. Ia mencuit bahwa Amerika Serikat berdoa untuk pemulihan dan kesembuhan para korban.

Hingga berita ini diturunkan, angka korban jiwa di Banten dan Lampung sudah mencapai 281 orang, puluhan masih dinyatakan hilang, 1000 orang korban luka-luka dan hampir 12 ribu penduduk harus mengungsi.

Translated by: Mohamed Ali | Source: news.detik.com

 

تعليقات
Loading...