المخيم المشترك بين الأديان لشباب آسيان 2017

Wisata Toleransi pada AYIC 2017

0 425

 

جومبانج، جاوى الشرقية، إندونيسيا اليوم –  هناك طرق متعددة لتدريس أهمية التسامح واحترام الاختلافات الدينية. ومن هذه الطرق زيارة أماكن العبادة من الأديان الأخرى، كما فعله الشباب المشاركون فى الأنشطة  التي أقيمت تحت عنوان: “المخيم بين الأديان لشباب آسيان” (AYIC) عام 2017 بعد إجراء سلسلة من الأنشطة في جامعة أونبدو جومبانج  جاوى الشرقية، من 28 إلى 29 أكتوبر 2017.

هذه المبادرة عُقدت بالتعاون مع مديرية  التعاون الاجتماعي والثقافي آسيان لوزارة الخارجية، وجامعة أونبدو, والحكومة المحلية جومبانج.

يزور المشاركون من 21 دولة آسيان وشركاء الآسيان، العديد من أماكن العبادة في جاوى الشرقية، مثل: تمثال بوذا النائم فى موجوكارتو ، والكنيسة في جاوى الشرق، ومعبد كونغ سان كيونج.

وهذه أماكن عبادة متجاورة تجمع كل الأديان وتشير إلى مدى التسامح و الاحترام بين الطوائف الدينية في إندونيسيا.

وهذه الظاهرة أيضا ليست مقتصرة على جاوى الشرقية فحسب؛ بل نجد ذلك في العديد من المحافظات الإندونيسية، مثل #مسجد_الاستقلال والكنيسة الكاتدرائية في جاكرتا، وكذلك مجمع الأديان بوجا ماندالا في نوسا دوا فى بالي.

وكما هو معلوم في الآونة الأخيرة؛ فقد حدث نزاع وصراع شديدين بين الناس في العالم باسم الدين والقبيلة والعرق. ولذلك ينبغي أن نغرس فكرة  التسامح على جميع مستويات المجتمع، وفي المقام الأول في الشباب بوصفهم الجيل القادم وعوامل التغيير المستقبلية. وهذه هي الرسالة التي نحاول أن نوصلها عبر هذه الأنشطة.

والأنشطة التي تعقد خلال ثلاثة أيام من 28-30 أكتوبر 2017 تحمل شعار: ” التسامح في التنوع  للآسيان والسلام للعالم” و بعد عودته من هذه الأنشطة نأمل المشاركين أن يصبحوا سفراء السلام و التسامح في بلدهم  .

التسامح والسلام هما الأساس لنيل الرفاهية فى أي المجتمع، وهذا يتمشى مع الرؤية المثالية للآسيان بحلول عام 2025.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر

المصدر: مديرية التعاون آسيان للاجتماعية والثقافية

Jombang, Jawa Timur, Indonesiaalyoum.com – Ada banyak cara mengajarkan pentingnya menghormati dan menghargai perbedaan agama. Salah satunya adalah dengan mengunjungi tempat ibadah dari setiap agama sebagaimana yang dilakukan oleh para peserta ASEAN Youth Interfaith Camp (AYIC) 2017 setelah melakukan serangkaian kegiatan di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu), Jombang, Jawa Timur, pada 28 – 29 Oktober 2017.

AYIC 2017 terselenggara atas kerja sama Direktorat Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN Kementerian Luar Negeri, Unipdu dan Pemerintah Kabupaten Jombang.

Para peserta dari 21 negara anggota ASEAN dan mitra ASEAN diajak berkeliling ke berbagai tempat ibadah yang ada di Jawa Timur seperti Patung Budha Tidur Mojokerto, Gereja Kristen Jawa Timur, dan Pagoda Hong San Kiong.

Berbagai tempat ibadah tersebut menunjukkan keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama yang ada di Indonesia.

Toleransi antar umat beragama tidak hanya dapat kita lihat di Jawa Timur, banyak daerah lain yang mempunyai tempat ibadah saling berdampingan, seperti Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral di Jakarta, maupun Kompleks Puja Mandala di kawasan Nusa Dua Bali.

Akhir-akhir ini sering terjadi konflik perbedaan di berbagai belahan dunia mengatasnamakan agama, suku dan ras. Oleh karena itu, sikap toleransi perlu ditanamkan kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama kepada para pemuda sebagai generasi penerus dan agen perubahan. Itulah yang coba disampaikan pada kegiatan AYIC 2017.

Kegiatan selama tiga hari tersebut (28 – 30 Oktober 2017) mengangkat tema “Tolerance in Diversity for ASEAN and World Harmony”. Diharapkan para peserta AYIC 2017 dapat menjadi agen perdamaian dan menebarkan nilai-nilai toleransi di lingkungan mereka sekembalinya dari Jombang.

Keharmonisan dan perdamaian merupakan modal utama bagi kawasan untuk menuju kesejahteraan, sebagaimana yang dicita-citakan dalam visi Masyarakat ASEAN 2025. (Sumber: Direktorat Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN)

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares Albadr

تعليقات
Loading...