المكسيك تشتري طائرة الإندونيسية من نوع N219

Meksiko Beli Pesawat Indonesia N219

0 528

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – عقد المنتدى اللقاء التشاوري الثنائي السادس (FKB)  بين الحكومة المكسيكية والحكومة الإندونيسية في وزارة الخارجية المكسيكية في مدينة مكسيكو أدى إلى اتفاق شراء طائرات نوع “نورتانيو ” N219  ونظير مشع من إندونيسيا.

ووفق ما نشره قسم الإعلام الاجتماعي والثقافي  لدى السفارة الإندونيسيا في مدينة مكسيكو فابي فحراني الأربعاء (15/11). “أن الوفد الإندونيسي في هذه المنتدى التشاوري الثنائي السادس  (FKB) والذي يرأسه المدير العام لمنطقة أمريكا وأوروبا، السفير محمد أنشور أشار إلى أن الركيزة الأساسية للمنتدى هو تطوير التعاون في مجالات الاقتصاد.

ومن جانبه تمكن وفد المكسيك الذي يرأسه  المدير العام لمنطقة آسيا والمحيط الهادئ  في وزارة الشؤون الخارجية السفير ألفونسو دي ماريا كامبوس من الاتفاق على بيع السلع الاندونيسية من المكسيك وهو نظير مشع نوع مو-99 و I-131 التي تنتجه الشركة والصناعات النووية الإندونيسة (Inuki) . وقد تم الاتفاقية بتوقيع خطاب نوايا بين الوفدين.

وجدير بالذكر أن المنتدى التشاوري الثنائي بين الحكومة المكسيكية والإندونيسية قد نجح في تسويق عدد المنتجات الصناعية الاستراتيجية الاندونيسية تقدر بمئات الملايين من الدولارات في المكسيك ومنها طائرات من نوع N212i، N235 و N-219 التي صنعتها الشركة ديرجانتارا الاندونيسية ومن المخطط أنها ستحقق تطورا تدريجيا في الخمس السنوات المقبلة.

وقال المدير العام لمنطقة أمريكي وأوروبا: أن وزارة الخارجية مع السفارة الاندونيسية في مدينة مكسيكو  تسهلان التعاون بين المديرية العامة للنقل الجوي في كلا البلدين وذلك لإبرام الاتفاقات الثنائية التي تخص صلاحية الطيران والطائرات الإندونيسية ، بحيث يمكن ان يتأكدوا أن من ضمانة منتجات شركة ديرجانتارا الاندونيسية في المجال الجوي  للمكسيك.

وقال ممثل اندونيسيا في المكسيك السفير يسرا خان أن التعاون المشترك بين المكسيك  وشركة  ديرجانتارا في اندونيسيا تعد نقطة الانطلاق لتعاون أوسعة في قطاع النقل الجوي، وخصوصا مع الحكومة  المحلية لولاية تشيهواهوا (Chihuahua)  التي تعمل على تطوير شركة طيران إقليمية في المنطقة.

ومما تجدر الإشارة إليه أيضا أن المكسيك تعد خامس أكبر شريك تجاري في ولايات أمريكا. حتى بلغ إجمالي قيمة التجارة في عام 2016  إلى  992 مليون دولار أمريكي. بينما بلغت صادرات اندونيسيا الى المكسيك إلى 815.1 مليون دولار امريكى. هذه القيمة تجعل المكسيك ثالث أكبر وجهة تصدير في ولاية أمريكية.

هذا وتعد المكسيك ثاني أكبر مساهم في الفائض التجاري في ولايات أمريكا في عام 2016 بقيمة 600 مليون دولار أمريكي. وبالإضافة إلى ذلك فإن اندونيسيا والمكسيك شركاء فى مختلف المنظمات الدولية مثل مجموعة العشرين (G20) و التعاون الاقتصادي لآسيا والمحيط الهادئ (APEC) , واتحاد دول مكسيك, وإندونسيا, وكوريا الجنوبية , وتوركيا و أستراليا (MIKA)و منتدى التعاوني بين شرق آسيا وأمريكا اللاتينية (FEALAC).

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر: صحيفة ريفوبليكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Forum konsultasi bilateral (FKB) Pemerintah Indonesia dan Meksiko ke-6 yang digelar di Kementerian Luar Negeri Meksiko di Mexico City menghasilkan kesepakatan pembelian pesawat N219 dan radioisotop oleh Meksiko dari Indonesia

Dalam FKB ke-6, Delegasi Indonesia yang diketuai Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Dubes Muhammad Anshor, menyatakan bahwa fokus dari FKB adalah pengembangan kerja sama bidang ekonomi, demikian Fungsi Penerangan Sosial Budaya Kedutaan Besar RI (KBRI) Meksiko City, Febby Fahrani, Rabu (15/11).

Delegasi Meksiko pada FKB dipimpin Direktur Jenderal Asia Pasifik Kemlu Meksiko, Duta Besar Alfonso de Maria y Campos berhasil menggoreskan kesepakatan penjualan produk unggulan Indonesia kepada Meksiko, yaitu radioisotop jenis Mo-99 dan I-131 yang diproduksi PT Industri Nuklir Indonesia (Persero)(persero) atau Inuki. Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan Letter of Intent antara PT Inuki dan ININ Meksiko.

Rangkaian FKB juga mencatat keberhasilan Indonesia memasarkan produk industri strategis bernilai ratusan juta dolar AS ke Meksiko, yaitu pesawat jenis N212i, N235 dan N219 buatan PT Dirgantara Indonesia yang direalisasikan secara bertahap hingga 5 tahun ke depan.

Indonesia memasarkan produk industri strategis bernilai ratusan juta dolar AS ke Meksiko, yaitu pesawat jenis N212i, N235 dan N219 buatan PT Dirgantara Indonesia

Dirjen Amerika dan Eropa menyatakan Kementerian Luar Negeri bersama KBRI Mexico City memfasilitasi kerja sama antara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Indonesia dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Meksiko, untuk membentuk Bilateral Airworthiness Agreement, sehingga kelaikan terbang produk pesawat PT Dirgantara Indonesia di wilayah udara Meksiko bisa terjamin.

Kepala Perwakilan RI untuk Meksiko Dubes Yusra Khan mengatakan kerja sama PAEP dan PT Dirgantara Indonesia membuka jalan bagi kerja sama yang lebih luas antara Indonesia dengan Meksiko dalam bidang perhubungan udara, khususnya dengan Pemerintah Negara Bagian Chihuahua, yang tengah mengembangkan maskapai penerbangan regional di wilayahnya.

Bagi Indonesia, Meksiko merupakan mitra dagang terbesar kelima di kawasan Amerika. Total nilai perdagangan tahun 2016 mencapai 992 juta dolar AS. Sementara ekspor Indonesia ke Meksiko mencapai 815,1 juta dolar AS. Nilai ini menjadikan Meksiko sebagai tujuan ekspor terbesar ketiga di kawasan Amerika.

Meksiko merupakan penyumbang surplus perdagangan terbesar kedua di kawasan Amerika pada tahun 2016 dengan nilai 600 juta Dolar AS. Indonesia dan Meksiko merupakan mitra dalam berbagai forum internasional, seperti G20, APEC, MIKTA dan FEALAC.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares Albadr | Sumber: Republika

تعليقات
Loading...