المنظمة الإنسانية “البريد للعدالة والرعاية للأمة” تبني بئرا إرتوازيا مع الطاقة الشمسية في الصومال

PKPU HI Bangun Sumur Artesis Bertenaga Matahari di Somalia

0 598

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – بدأت المنظمة الإنسانية “البريد للعدالة والرعاية للأمة (PKPU) “ رسميا إجراء المبادرة في وضع البرنامج “المياه من أجل الحياة” في الصومال. وقد تم البدء في البرنامج بتطوير الآبار الارتوازية وآبار المضخات.

بدأ فريق “البريد للعدالة والرعاية للأمة (PKPU) ” النقطة الأولى لموقع الحفر رسميا في قرية حاريري جاديل ( harere Cadle) حي بلعاد (Bal’ad) في محافظة  شبيلي الوسطى (Middle Shabelle)  بهذه العملية  تم فتح البرنامج  وفي نفس الوقت وضع أول حجر لبناء خزانات المياه. وتشارك في هذه العملية جميع فريق الميكانيكية والكهربائية للتعاون على بدء مشروع الحفر.

هذا ويبلغ عمق البئر تقريبا ما بين 150-200 متر. لذلك فإنه من المحتمل أن الحفر ستستغرق من40 إلى60 يوما تقريبا للحصول على المياه الصافية، وتم عملية الحفر بالتعاون من جميع المنشآت الداعمة. من تجهز البناء لخزانات المياه والأوعية لجمع المياه للسكان المحلية وحيوانات الأعلاف, و المكينة للمولدات ومنشآت الطاقة الشمسية.

ومع أن هذا البرنامج من جانب لزيادة عدد المستفيدين في المناطق الكارثية، فهو أيضا للتخفيف من أزمة المياه إذا حدثت حالات الجفاف الطويلة في المستقبل. ومن هذا البرنامج سيستفيد ما لا يقل عن 550 الأسرة  أو 4800 شخص  حول منطقة الحفر.

وبالإضافة إلى ذلك يمكن توفير احتياجات حيوان الأعلاف  مثل الأغنام والأبقار والحمير والجمال وكذالك الحدائق والنباتات.

وجدير بالذكر أن الجفاف الطويل في العام الماضي أوصل نصف سكان الصومال  (6.2) مليون شخص  إلى حالة المجاعة. وحاليا ارتفع عدد اللاجئين في ثلاثة أشهر الأخيرة بشكل كبير.

ووفق ما أشار إليه تقرير الأمم المتحدة في 7 نوفمبر 2017 أن أكثر من مليون شخص يتنقلون بين جميع المناطق, خاصة  الأماكن التي تقترب من المناطق الحضرية، و هذا العدد سيزداد ويستمر مقارنة مع تقرير أكتوبر الماضي أكثر من 950 ألف شخص. وفي تقرير صدر مؤخرا عن الأمم المتحدة يشير إلى  أكثر من 17.4%  من سكان الصومال يعانون سوء التغذية الشديدة حتى يتجاوز نسبة سوء التغدية 15% من الحد الأدنى للطوارئ  الوطنية .

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر : صحيفة ريفوبليكا

 

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Lembaga Kemanusiaan PKPU- Human Initiative secara resmi memulai pembangunan program jangka panjang Water for Life di Somalia.  Program ini dimulai dengan pembangunan Sumur Artesis dan sumur pompa.

Bertempat di di desa Harere Cadle, distrik Bal’ad Provinsi Middle Shabelle tim PKPU-HI mengawali titik pertama sebagai lokasi pengeboran untuk meresmikan program sekaligus peletakan batu pertama bangunan penampungan air. Seluruh tim mekanik dan elektrik terlibat mengawal proses ini sebagai tanda proyek pengeboran telah dimulai.

Baca juga: Munas Alim Ulama Bahas 18 Isu Keagamaan

Sumur ini merupakan kategori sumur dalam yang mencapai 150-200 meter. Sehingga diperkirakan waktu proses pengeboran akan ditargetkan 40-60 hari untuk mendapatkan sumber air yang layak. Dengan seluruh instalasi yang mendukung diantaranya fasilitas bangunan untuk penampungan air, wadah bagi pengambilan air untuk masyarakat maupun ternak, mesin generator dan sampai instalasi tenaga matahari.

Program ini disamping memperbesar jumlah penerima manfaat di wilayah terdampak bencana juga untuk mengurangi kekurangan air jika kekeringan panjang terjadi dimasa yang akan datang. Tidak kurang dari 550 kepala keluarga atau 4800 jiwa akan dapat merasakan manfaat dari sumur ini disekitar area pengeboran. Selain itu dapat memenuhi kebutuhan air bagi hewan ternak diantaranya domba, sapi, keledai dan onta serta kebun dan tanaman.

Baca juga: Kemenag: Kesenian Salah Satu Media Dakwah

Dampak kekeringan akhir tahun lalu mengakibatkan separoh atau 6,2 juta penduduk Somalia berada di ambang kelaparan akibat dampak kekeringan berkepanjangan. Saat ini dalam 3 bulan terakhir jumlah penduduk yang mengungsi mengalami peningkatan.

Terbaru PBB melaporkan pada 7 November 2017 menyebutkan lebih dari satu juta orang telah mengungsi ke seluruh wilayah khususnya ke tempat yang mendekati perkotaan. Angka ini terus meningkat dibanding laporan bulan Oktober yang lalu sebesar 950 ribu orang. Dalam Laporan PBB terbaru mencantumkan lebih dari 17,4 persen penduduk Somalia menderita kekurangan gizi akut atau global acute malnutrition melebihi 15 persen ambang batas darurat Nasional.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares Albadr | Sumber: Republika

 

تعليقات
Loading...