النمو الاقتصادي الإندونيسي يعتمد على الاستهلاك والاستثمار

Pertumbuhan Ekonomi RI Masih Didorong Konsumsi dan Investasi

0 765

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  يبذل البنك المركزي الإندونيسي قصارى جهده للدفاع عن توقعات النمو الوطني عام 2017 التي تصل إلى نسبة تتراوح ما بين 5،0 حتى 5،4 في المائة. وفقا لما صدره البنك العالمي من تقارير طيلة عام 2017، تصل توقعات النمو الاقتصادي الإندونيسي إلى نسبة 5،2 في المائة.

“ما زالت توقعات البنك الإندونيسي في نسبة تترواح ما بين 5،0 حتى 5،4 في المائة مع توقع ميولها إلى أسفل نسبة تترواح ما بين 5،1 – 5،2 في المائة.” هكذا صرح رئيس مكتب دائرة السياسيات الاقتصادية والمالية بالينك المركزي الإندونيسي، دودي بودي والويو، الخميس (5/10).

وفي غضون ذلك، صرح البنك المركزي الإندونيسي أن من المتوقع أن يصل النمو الاقتصادي عام 2018 إلى نسبة تتراوح ما بين 5،1 – 5،5 في المائة ويميل رقم نسبتها إلى 5،3  في المائة، معبرا أن النمو الاقتصادي عام 2017 خاصة في النصف الثاني وفي عام 2018 يتوفق على حسن الاستهلاك المنزلي والاستثمار في القطاع الخاص، وبالتحديد يتوفق على تأثير ضخم نفقات الحكومة وانخفاض أسعار الفائدة. كما صرح البنك أن من المتوقع أن يزداد أداء الصادرات الحقيقية بحسن أسعار السلع الأساسية العامة.

وقال أحد مسئولي البنك المركزي الإندونيسي إن تحسين الأداء في الشؤون الاقتصادية عام 2017 لا يزال في بداية الانتعاش حتى لم يصل إلى الأداء الأمثل، وذلك لأن عملية التعاون بين الشركات والبنوك لم تنتهي بعد، فلم تستطيع رفع نسبة النمو الاستثماري والتصديري عام 2017. كما قال أن من المتوقع أن تتم عملية التعاون بين الشركات حتى ترفع نسبة النمو الاستثماري والتصديري إلى أعلى درجتها.

المصدر ريفوبليكا

مترجم سيرول نفساهو


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Bank Indonesia terus mengupayakan proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional tahun 2017 berada di kisaran 5,0-5,4 persen. Proyeksi Pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagaimana dirilis oleh Bank Dunia sepanjang 2017, telah mencapai 5,1%.

“Proyeksi Bank Indonesia masih berada di kisaran 5,0-5,4 persen dengan kecenderungan pada kisaran bawah antara 5,1-5,2 persen,” Ibu Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bl, Dody Budi Waluyo, Kamis (5/10).

Sedangkan prediksi Bank Indonesia untuk pertumbuhan ekonomi 2018 berada di kisaran 5,1-5,5% dengan kecenderungan di angka 5,3 persen.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi 2017 terutama pada semester kedua dan 2018 akan didorong oleh membaiknya konsumsi rumah tangga dan investasi swasta. Terutama dampak dari belanja pemerintah yang relatif besar dan dampak penurunan suku bunga. Juga kinerja ekspor riil diperkirakan meningkat karena harga komoditas global masih tergolong membaik.

Pihak Bank Indonesia menilai bahwa perbaikan kinerja perekonomian khususnya pada 2017 masih di tahap awal pemulihan sehingga belum maksimal. Hal tersebut disebabkan proses konsolidasi koporasi dan perbankan belum berakhir sehingga belum mampu mendorong pertumbuhan investasi dan ekspor 2017.

Bank Indonesia memperkirakan proses konsolidasi korporasi dan perbankan akan semakin berkurang pada 2018, sehingga mampu mendorong investasi dan ekspor tumbuh lebih tinggi.
Sumber: (Republika.co.id)

تعليقات
Loading...