الوكالة الوطنية لمكافحة الإرهاب: جزر رياو عرضة لتكون مدخل للإرهابيين

BNPT: Kepri rawan jadi pintu masuk teroris

0 650

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قال رئيس الوكالة الوطنية لمكافحة الإرهاب، اللواء سوهاردي أليوس، أن جزر رياو منطقة معرضة لتكون مدخل الإرهابيين.

وقال سوهاردى أثناء مخاطبته لمئات من افراد الشرطة حول مكافحة التطرف والارهاب فى مقر شرطة رياو، فى باتام، يوم الخميس، أن جزر رياو معرضة للخطر بسبب الطبيعة الجغرافية التي تتكون من 96 فى المائة من مساحة المياه.

“هناك عدد الممرات المائية التى استخدمها الناس للمرور، والدخول والخروج من هنا، ونلاحظ ان بعضهم تحركاتهم مريبةة”. قاله سوهاردي كما نقل من بيان صحفي.

وبحسبه، مع حالة جغرافيا لجزر رياو، فإن التهديد بالإرهاب في إندونيسيا لا يأتي فقط من الإرهابيين المحليين، ولكن أيضا من الإرهابيين الأجانب الذين يرتكبون أعمالا إرهابية في إندونيسيا ويعرفون باسم المقاتلين الإرهابيين الأجانب (فتف).

بالاضافة إلى ذلك، قال سوهاردى إن عودة الاندونيسيين الذين  كانوا  قد انضموا إلى داعش في الشرق الأوسط يجب الاهتمام بهم في هذه المنطقة.

“مراقبة المواطنين الإندونيسيين القادمين من الشرق الأوسط، وخاصة أولئك الذين عادوا من داعش، ولا بد أن تكون المراقبة أكثر صرامة وفائقة واتقائية. لأنه من الخطر  اذا اختلطوا مع المجتمع ولا يعرف مكانهم إذا عادوا إلى إندونيسيا من طريق هذه المنطقة.” بحسبه.

ومن جانب آخر ذكر رئيس الوكالة الوطنية لمحافحة الإرهاب أيضا أفراد الشرطة بتعزيز نزاهتهم وبصيرتهم ووطنيتهم حتى لا يتعرضوا لفيروس التطرف.

“وعلى أصدقائي من افراد الشرطة أن لا يستكبروا، فلا نقول إننا شرطة، ولا يمكن أن نتعرض لفيروس التطرف. وعندما كنت في منصب رئيس شرطة ديبوك، فهناك حادثة الشرطي المبتعث الي أتشيه، لكنه بعد أن عاد أصبح إرهابيا”، أكده.

وفي نهاية توجيهاته، يأمل سوهاردي أن يتمكن أفراد الشرطة في جزر رياو من اكتساب العلوم والدروس وأن يكونوا أكثر وعيا بالذات، ليس فقط لمكافحة الإرهاب، بل كل ما يتعلق بالمشاكل التي حدثت.

وحضر هذه المناسبة رئيس الشرطة جزر رايو، اللواء ديديد ويجاناردي، ونائب رئيس شرطة جزر رياو، العميد يان فطري هاليمانشاه، ومدير جميع الهيئات، ورؤساء المكاتب ورؤساء الوحدات ورؤساء الشرطة في المراكز.

 

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  صحيفة أنتارا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius mengatakan Kepulauan Riau merupakan kawasan yang rawan menjadi pintu masuk teroris.

Saat memberikan arahan di hadapan ratusan personel kepolisan tentang penanggulangan radikalisme dan terorisme di Markas Polda Kepri, Batam, Kamis, Suhardi mengatakan Kepri rentan karena kondisi geograsnya yang sebagian besar, yakni 96 persen, daerah perairan.

“Berapa banyak jalur perairan yang bisa digunakan orang untuk berlalu lalang, keluar masuk dari sini, inltrasinya, dinamikanya luar biasa,” kata Suhardi dikutip dari siaran pers.

Menurut dia, dengan kondisi geogras Kepri itu maka ancaman terorisme di Indonesia tidak hanya berasal dari teroris lokal, tetapi juga orang asing yang melakukan aksi terorisme di Indonesia yang dikenal sebagai Foreign Terrorist Fighters (FTF).

Selain itu, kata Suhardi, kembalinya WNI yang bergabung dengan ISIS dari Timur Tengah juga harus mendapat perhatian serius di wilayah ini.

“Pengawasan WNI dari Timur Tengah, khususnya yang pulang dari ISIS, harus lebih ketat dan super selektif. Pasalnya mereka akan sangat berbahaya bila sampai lepas ke masyarakat dan tidak terdeteksi keberadaannya jika mereka balik ke Indonesia melalui wilayah ini. Ini yang harus diwaspadai,” ujarnya.

Pada bagian lain pengarahannya, Kepala BNPT juga mengingatkan personel kepolisian agar memperkuat integritas serta wawasan dan rasa kebangsaan agar tidak justru terpapar virus radikalisme.

“Teman-teman dari kepolisian jangan merasa hebat juga, jangan mentang-mentang kita ini polisi lalu kita tidak akan terpapar. Saat saya menjadi Kapolres Depok, saya punya anggota ditugaskan berangkat ke Aceh, saat balik malah jadi teroris,” katanya.

Pada akhir paparannya, mantan Kabareskrim Polri ini berharap para personel Polda Kepri bisa mengambil ilmu dan pelajaran serta semakin memantapkan diri, tidak hanya untuk menanggulangi terorisme, tetapi juga terkait banyak masalah yang akan terjadi.

Hadir dalam kesempatan itu Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi, Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah, para direktur dari seluruh direktorat, para kepala biro, kepala satuan, dan para kepala Polres.

Translated by: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alShaiqi | Source: Antara

 

تعليقات
Loading...