اليونسكو يقر جيوبارك تشيلاتوه، منطقة سياحية تاريخية جديدة في جاوى الغربية

UNESCO Akui Geopark Ciletuh, Sejarah Baru Wisata Jawa Barat

0 637

Bandung, Indonesiaalyoum.com – Geopark Ciletuh-Palabuhanratu resmi menyandang status UNESCO Global Geopark (UGG). Ini adalah sejarah baru bagi dunia pariwisata Jawa Barat.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menilai penganugerahan jaringan UGG ini merupakan sejarah baru bagi dunia pariwisata di Jawa Barat. Aher, sapaan Heryawan, mengaku mendapatkan kabar penganugerahan tersebut dari Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sukabumi D. Budiman yang mengikuti sidang Executive Board UNESCO Ke-204 di Prancis, Kamis (12/4).

Menurut Aher, proses penetapan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu menjadi jaringan UGG terbilang cepat. Biasanya, sambung dia, proses yang ditempuh untuk penetapan UGG butuh sepuluh tahun setelah penetapan geopark nasional.

“Tiga tahun lalu kita (Geopark Ciletuh-Palabuhanratu) ditetapkan sebagai Geopark Nasional oleh Pemerintah Pusat dan langsung kita ajukan ke UNESCO sebagai UGG. Ternyata, Alhamdulillah diterima (UNESCO), ini sejarah baru bagi kami,” kata Aher di Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (2/5/2018).

Penyerahan sertifikat Geopark Ciletuh-Palabuhanratu sebagai UGG akan dilakukan pada September 2018. “Keputusannya sudah ada, sertifikatnya akan diberikan secara bersama-sama di Portugal,” ujar Aher mengungkapkan.

Ia meminta komitmen semua pihak baik itu pemerintah daerah, stakeholder, serta masyarakat agar memelihara destinasi wisata yang telah ada. Terlebih syarat utama sebuah geopark internasional, yaitu pelestarian geodiversity, biodiversity, dan cultural diversity.

“Kita harus terus pelihara kebersihannya, kelestarian alamnya. Dipelihara juga peninggalan-peninggalan geologinya, juga culture-nya. Tentu infrastrukturnya terus diperbaiki, sarana-prasarana wisatanya terus dipenuhi,” ucapnya.

Berbicara infrastruktur, jalan penghubung Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Pemprov Jabar sudah menggelontorkan anggaran Rp 96 Miliar pada 2016 untuk ruas jalan dari pintu masuk Kecamatan Waluran ke geopark. Selain itu, pada 2017, dibangun juga ruas jalan dari pintu masuk Loji ke geopark yang menelan anggaran Rp 217 Miliar.

“Tahun ini kita membuat kawasan jalan dari arah pintu masuk Paltiga sebesar 90 miliar rupiah. Termasuk pembangunan bandara di Sukabumi. Karena salah satu syarat geopark internasional itu, harus ada bandara dekat geopark, dengan jarak tempuh maksimal tiga jam perjalanan,” tutur Aher.

Guna menata dan mengembangkan kawasan geopark ini, Aher berharap pemerintah pusat dapat memberikan anggaran. “Kawasan geopark ini akan semakin berkembang jika suntikan dananya cukup besar. Katakan saja satu triliun rupiah, berinvestasi lewat anggaran negara dengan uang sebesar itu tidak terlalu besar dibanding manfaat yang lebih besar dari itu,” ujar Aher.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: Detik

 

باندونج، إندونيسيا اليوم – يحمل جيوبارك تشيلاتوه-بالابوهان راتو رسميا وضع الجيولوجية العالمية لليونسكو (UGG). هذا هو تاريخ جديد لعالم السياحة في جاوى الغربية

يرى حاكم جاوى الغربية أحمد هرياوان أن تكريم شبكة الجيولوجية العالمية لليونسكو هو تاريخ جديد لعالم السياحة في جاوى الغربية. أهير، هكذا ينادونه، أخبر بأنه كان حصل على الخبر من رئيس قسم السياحة والثقافة بسوكابومي. د. بوديمان الذي شارك في دورة المجلس التنفيذي لليونسكو ال 204 في فرنسا، الخميس (12/4)

وفقا لأهير، فإن عملية ضم جيوبارك تشيلاتوه-بالابوهان راتو في شبكة الجيولوجية العالمية لليونسكو يعتبر سريعا. عادة، كما قال، فإن الإجراءات التي اتخذت لتحديد شبكة الجيولوجية العالمية لليونسكو استغرق عشر سنوات بعد إنشاء الجيوبارك الوطنية

“قبل ثلاث سنوات فنحن (جيوبارك تشيلاتوه-بالابوهان راتو( في إعداد الجيولوجية الوطنية من قبل الحكومة المركزية ونحن سنقد على الفور إلى اليونسكو الجيولوجية العالمية لليونسكو (UGG). فإذا بها قبلت )اليونسكو( فالحمد لله، وهذا تاريخ جديد بالنسبة لنا ” قال أهير في Gasibu، جالان ديبونيغورو، باندونغ، يوم الأربعاء (2018/2/5)

سيتم تقديم شهادة جيوبارك تشيلاتوه-بالابوهان راتو في الجيولوجية العالمية لليونسكو UGG في سبتمبر 2018. “إن القرار موجود بالفعل، سيتم منح الشهادة جماعة في البرتغال.” قال أهير

طلب التزام جميع الأطراف، سواء الحكومة المحلية، وأصحاب المصلحة، والمجتمع للحفاظ على الوجهات السياحية الحالية. ولا سيما الشرط الرئيسي لجيوبارك عالمية، ألا وهو الحفاظ على التنوع البيولوجي

“يجب أن نستمر في الحفاظ على النظافة، والحفاظ على الطبيعة ومراقبة الآثار الجيولوجية بشكل جيد، فضلا عن الثقافة. وبطبيعة الحال لا تزال البنية التحتية تحتاج إلى تحسين السياحة واستمرار توفير مرافق السياحة.” كما قال

هذا القرار من اليونسكو لجيوبارك تشيلاتوه، جعلها تحمل تاريخا سياحيا جديدا في جاوى الغربية

الحديث عن البنية التحتية، الطريق الرابط لجيوبارك تشيلاتوه-بالابوهان راتو، جهزت حكومة منطقة جاوى الغربية ميزانية ب96 مليار روبية في عام 2016 للطريق من مدخل منطقة والوران إلى جيوبارك. بالإضافة إلى ذلك، في عام 2017، بنيت أيضا الطرق من مدخل لوجي إلى جيوبارك التي أنهت ميزانية 217 مليار روبية

“هذا العام صممنا دائرة الطريق المتجه من المدخل بلغت حوالي 90 مليار روبية. وهذا يشمل بناء المطار في سوكابومي. لأنه من أحد الشروط لجيوبارك العالمية، ينبغي أن يكون هناك مطار قريب من جيوبارك، وبأقصى المسافة ثلاث ساعات من السفر.” قال أهير

من أجل تنظيم وتطوير منطقة هذا الجيوبارك، يتمنى أهير من الحكومة المركزية لتوفير الميزانية. وأضاف :”إن هذا الجيوبارك ينمو إذا أعطي أموال كبيرة بما فيه الكفاية. دعونا نقول تريليون روبية، للاستثمار من خلال الموازنة العامة للدولة مع المال لذلك ليست كبيرة جدا بالمقارنة بالفوائد التي هي أكبر من ذلك.” أكد ذلك أهير

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر: ديتيك

تعليقات
Loading...