انخفاض الروبية متأثرة بضغط صدور بيانات التضخم الأمريكية

Rupiah melemah, tertekan rilis data inflasi AS yang masih tinggi

0 113

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – انخفض سعر صرف الروبية المتداول بين البنوك في جاكرتا صباح الأربعاء ، متأثرًا بارتفاع التضخم الأمريكي مجددا خلال أغسطس الماضي.

وفقا لوكالة أنتارا هذا الصباح (14/09)، تراجعت الروبية 88 نقطة أو 0.6 في المائة لتصل إلى 14940 روبية للدولار مقارنة بالتداول السابق 14852 روبية للدولار.

قد يهمك: سفير عصام الثقفي يبحث مع وزير الشؤون الدينية الإندونيسي ترتيبات زيارة وزير الحج والعمرة السعودي

قال محلل سوق المال أريستون تجندرا، الأربعاء ، إن بيانات التضخم الأمريكية الصادرة الليلة الماضية أثرت بتعزيز الدولار الأمريكي.

وأضاف ارسيتون “أن السوق ينظر معدل التضخم الولايات المتحدة في أغسطس لا يزال في تصاعد مقارنة بالشهر السابق.  وتابع  أن التضخم السنوي في الولايات المتحدة لا يزال فوق نطاق 8 في المئة”.

وذكرت وزارة العمل الأمريكية يوم الثلاثاء أن مؤشر أسعار المستهلك (CPI) ارتفع بنسبة 0.1٪ (mom) في أغسطس ، أو 8.3٪ (على أساس سنوي). ارتفع مؤشر أسعار المستهلك الأساسي ، باستثناء الغذاء والطاقة، بنسبة 0.6 في المائة (mom) أو 6.3 في المائة (على أساس سنوي). هذا الرقم أعلى من توقعات السوق.

وأوضح أن المؤشر المرتفع سيدفع الدولار الأمريكي بشكل أقوى وسعزز توقعات السوق برفع سعر الفائدة بشكل أكبر من قبل مجلس الاحتياطي الفيدرالي (Fed) في محاولة للحد من التضخم الغليظ.

قد يهمك: انخفاض عدد سكان طوكيو لأول مرة

قال ارستون “سيكون هذا سببًا لبنك الاحتياطي الفيدرالي لمواصلة سياسته المتمثلة في زيادة سعر الفائدة القياسي. وفي السابق ، أشار مسؤولو الاحتياطي الفيدرالي إلى أن خفض معدل التضخم يمثل أولوية قصوى في هذا الوقت”.

وتابعت أريستون، أن الزيادة في سعر زيت الوقود أو الوقود المدعوم لا تزال تشكل ضغطًا على الروبية لأنها لديها القدرة على رفع معدل التضخم في إندونيسيا إلى أعلى مما قد يؤدي إلى كبح النمو الاقتصادي.

وحسب ارستون أن الروبية ستتحرك اليوم في حدود 14،850 روبية إلى 14950 روبية مقابل دولار أمريكي.

أغلقت الروبية يوم الثلاثاء (13/9) على انخفاض 10 نقاط أي بنسبة 0.06 في المائة إلى مركز 14852 روبية للدولار الأمريكي مقارنة بالمركز عند إقفال التداولات السابقة عند 14842 روبية للدولار الأمريكي.


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi melemah, tertekan data inflasi Amerika Serikat (AS) yang masih tinggi.

Rupiah pagi ini melemah 88 poin atau 0,6 persen ke posisi Rp14.940 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.852 per dolar AS.

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra saat dihubungi di Jakarta, Rabu, mengatakan, data inflasi AS yang dirilis semalam direspons dengan penguatan dolar AS.

“Pasar melihat tingkat inflasi AS bulan Agustus masih menunjukkan kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya. Inflasi AS secara tahunan pun masih berada di atas kisaran 8 persen,” ujar Ariston.

Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan pada Selasa (13/9) bahwa Indeks Harga Konsumen (IHK) negara itu naik 0,1 persen (mom) pada Agustus atau 8,3 persen (yoy). IHK inti, yang tidak termasuk makanan dan energi, naik 0,6 persen (mom) atau 6,3 persen (yoy). Angka tersebut lebih tinggi dari ekspektasi pasar.

Indeks yang lebih tinggi dari yang diperkirakan mendorong dolar AS lebih kuat dan memicu ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga yang lebih besar oleh Federal Reserve (Fed) dalam upaya untuk mengekang inflasi yang kian panas.

“Hal ini bakal menjadi alasan bagi The Fed untuk melanjutkan kebijakan kenaikan suku bunga acuannya. Sebelumnya para pejabat The Fed telah mengindikasikan bahwa menurunkan tingkat inflasi adalah prioritas utama saat ini,” kata Ariston.

Dari dalam negeri, lanjut Ariston, kenaikan harga Bahan Bakar Minyak atau BBM subsidi masih menjadi penekan rupiah karena berpotensi menaikkan inflasi Indonesia lebih tinggi yang bisa menekan pertumbuhan ekonomi.

Ariston memperkirakan hari ini rupiah akan bergerak di kisaran level Rp14.850 per dolar AS hingga Rp14.950 per dolar AS.

Pada Selasa (13/9) rupiah ditutup melemah 10 poin atau 0,06 persen ke posisi Rp14.852 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.842 per dolar AS. (Antara/Okenesia)

تعليقات
Loading...