انخفاض معدل التضخم في جاكرتا بسبب انخفاض أسعار المواد الغذائية

Inflasi Jakarta rendah karena turunnya harga makanan

0 881

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – صرح بنك إندونيسيا من منطقة جاكرتا أن انخفاض أسعار المواد الغذائية، مثل الأرز ولحم الدجاج والبيض أصبح من أحد أسباب معدل التضخم في هذا المجال في مارس 2018 بنسبة 0.09%.

وقال رئيس مكتب بنك إندونيسيا لمنطقة جاكرتا تريسنو نوغروهو في جاكرتا يوم الإثنين :”إن انخفاض معدل التضخم في مارس 2018 مقارنة بالشهر السابق يرجع أساسا إلى الانكماش في فئة المواد الغذائية.”

في هذه الفترة، انخفض سعر الأرز بنسبة 3.16 % مع بدء تنفيذ كمية الإمداد تمشيا مع فترة الحصاد التي حدثت في العديد من مراكز الإنتاج. وشهد تراجع الأسعار 1.52 % من لحوم الدجاج و0.81 % من بيض الدجاج.

ومع ذلك، فإن انخفاض أسعار المواد الغذائية توقف قليلا إلى حد ما بسبب ارتفاع أسعار السلع البستانية مثل الثوم والفلفل الأحمر والكراث، على التوالي بنسبة 8.24 % و 6.98 % و 5.28 % بسبب انخفاض الإمداد.

وقال تريسنو :”إن هذه التطورات تجلب مجموعة الإنفاق على الغذاء للانكماش بنسبة 0.41 %.”

وأضاف أن التضخم المستقر نسبيا في مارس 2018 نتج أيضا عن التضخم الأساسي، بسبب الطلب العام المحدود في العاصمة على الرغم من وجود الاحتفال بعيد الفصح في نهاية الشهر.

وقد لوحظ أن العديد من تحركات أسعار السلع التي تنتمي إلى مجموعة التضخم الأساسية محدودة نسبياً، مثل المجوهرات الذهبية التي ارتفعت في هذه الفترة بنسبة 0.64 % وارتفع الطعام بنسبة 0.15 %.

وفي الوقت نفسه، ارتفعت مجموعة الأسعار التي نظمتها الحكومة أيضا تماشيا مع أسعار البنزين التي ارتفعت بنسبة 1.14 %، بسبب ارتفاع أسعار بيرتالايت وأسعار النقل الجوي التي ارتفعت بنسبة 1.86%، بسبب ارتفاع الطلب حين العطلة.

عموما، فإن معدل التضخم البالغ 0.09 % أقل من متوسط ​​السنوات الثلاث السابقة البالغ 0.13 %، وكذلك التضخم الوطني البالغ 0.20 %. مع هذا التطور ، بلغ معدل التضخم في السنة التقويمية من جاكرتا 0.89 %.

 

المترجم : أحمد شكري |المحرر : فارس البدر | المصدر: أنتارا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com  – Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta menyatakan penurunan harga bahan makanan, seperti beras, daging ayam ras, dan telur ayam ras menjadi salah satu penyebab laju inflasi di daerah ini pada Maret 2018 tercatat sebesar 0,09 persen.

“Lebih rendahnya inflasi pada Maret 2018 dibandingkan dengan bulan sebelumnya, terutama disebabkan deflasi kelompok bahan makanan,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Trisno Nugroho di Jakarta, Senin.

Dalam periode ini harga beras tercatat turun sebesar 3,16 persen karena jumlah pasokan mulai terpenuhi seiring dengan masa panen yang telah berlangsung di beberapa daerah sentra produksi. Turunnya harga dialami daging ayam ras 1,52 persen dan telur ayam ras 0,81 persen.

Meski demikian, penurunan harga pangan sedikit tertahan oleh kenaikan harga-harga komoditas hortikultura seperti bawang putih, cabai merah dan bawang merah, masing-masing sebesar 8,24 persen, 6,98 persen, dan 5,28 persen akibat berkurangnya pasokan.

“Berbagai perkembangan tersebut membawa kelompok pengeluaran bahan makanan mengalami deflasi sebesar 0,41 persen,” kata Trisno.

Ia menambahkan inflasi pada Maret 2018 yang relatif terjaga juga disebabkan oleh terkendalinya inflasi inti, karena terbatasnya permintaan masyarakat secara umum di wilayah ibu kota meski terdapat perayaan Paskah di akhir bulan.

Beberapa pergerakan harga barang yang tergabung dalam kelompok inflasi inti terpantau bergerak relatif terbatas, seperti emas perhiasan yang dalam periode ini naik 0,64 persen dan makanan jadi yang mengalami kenaikan 0,15 persen.

Sementara itu, kelompok harga diatur pemerintah juga mengalami kenaikan seiring dengan penyesuaian harga bensin yang naik 1,14 persen, karena adanya kenaikan harga Pertalite dan harga tarif angkutan udara yang naik 1,86 persen, karena tingginya permintaan pada hari libur.

Secara keseluruhan, pencapaian inflasi sebesar 0,09 persen ini lebih rendah dibandingkan rata-rata tiga tahun sebelumnya sebesar 0,13 persen, maupun inflasi nasional 0,20 persen. Dengan perkembangan ini, maka laju inflasi tahun kalender DKI Jakarta telah mencapai 0,89 persen.

Penerjemah I Ahmad Syukri I Editor: Fares alBadr I Sumber: Antara

 

تعليقات
Loading...