إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

بعد انضمامها إلى أجمل جزر في العالم، تستهدف سابانج 1،2 مليون سائح

Masuk Pulau Terindah Sedunia, Sabang Targetkan 1,2 Juta Wisatawan

- الإعلانات -

0 191

Sabang, Indonesiaalyoum.com – Pulau Sabang dengan beragam pesona bahari masuk dalam 501 pulau terindah di dunia. Tahun ini, Sabang menargetkan dikunjungi 1,2 juta wisatawan.

Pemerintah Pusat pun kini memasukkan Pulau Weh sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tantang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Nasional tahun 2010 sampai 2025.

Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Keistimewaan dan Hubungan Antar Lembaga, Abdul Karim menyebutkan, langkah ini tentunya memastikan pemerintah akan terus berkomitmen memajukan wisata daerah, melalui program Destination Management Organization yang telah berjalan selama 7 tahun.

“Bersamaan dengan itu, kerjasama global untuk pembangunan pariwisata Sabang akan terus kita tingkatkan,” kata Abdul dalam keterangan tertulis kepada detikTravel, Minggu (29/4/2018).

Menurut Abdul, Sabang tidak hanya memiliki pesona wisata bahari dan budaya yang layak dikunjungi, tetapi juga merupakan menjadi kawasan bisnis yang sangat strategis di ujung barat Indonesia.

“Begitu indahnya sampai-sampai Great Britian Publishing memberi julukan Sabang itu dengan istilah The Gold Island, atau Pulau Emas,” ungkapnya.

Selain itu, sebutnya, Great Britian Publishing juga telah memasukkan Sabang ke dalam 501 pulau yang harus dikunjungi di dunia. Oleh sebab itu, semua potensi ini ke depannya harus dikelola dengan baik, agar dunia pariwisata Sabang bisa lebih maju dan perekonomian masyarakat bisa terus meningkat.

Upaya pemerintah mempromosikan Sabang ke dunia selama ini telah banyak membuahkan hasil. Jumlah kunjungan wisatawan pun mengalami peningkatan.

Pada tahun 2014 lalu, kunjungan wisatawan hanya 500.000 orang, kemudian mengalami peningkatan tahun 2015 menjadi 700.000 orang. Jumlah tersebut terus mengalami peningkatan pada tahun 2017 sudah mencapai 1 juta orang lebih.

“Pada tahun ini kita menargetkan sekitar 1,2 juta wisatawan datang ke kawasan wisata ini (Sabang),” tegasnya.

Selain itu, setelah pemerintah memberikan skala prioritas membangkitkan sektor pariwisata. Apalagi Sabang berada di Selat Malaka yang banyak dilintasi kapal-kapal jalur internasional telah memantik juga kunjungan kapal pesiar (Cruise). Setiap tahunnya juga terus mengalami peningkatan Cruise datang ke Sabang.

Sepanjang tahun 2016 lalu ada 12 kapal pesiar berlabuh di Sabang, sebelum melanjutkan ke Colombo, Maldive, Singapore dan Phuket. Sedangkan pada tahun 2017 lalu, kunjungan kapal pesiar meningkat tajam mencapai 84 kapal pesiar yang singgah di Sabang.

“Hal ini tentu sangat mengembirakan kita semua, karena dengan demikian semakin meningkatkan daya dorong perekonomian lokal. Maka perlu kita terus berbenah agar bisnis wisata di Sabang semakin berkembang,” jelasnya.

Menurutnya, Sabang Marine Festival 2018 ini, menjadi titik awal untuk mempromosikan Sabang ke dunia. Kegiatan ini tidak hanya menempatkan Sabang dalam peta destinasi pariwisata internasional. Akan tetapi juga menunjukkan kepada dunia bahwa Sabang destinasi wisata di Sabang paling aman, nyaman dan menarik untuk dikunjungi.

“Sabang Marine Festival ini bisa menginspirasi kita semua agar saling bekerjasama untuk memajukan pariwisata Aceh,” pintanya.

Melalui Sabang Marine Festival, sebutnya, dari Aceh bisa menyebarkan pesan-pesan perdamaian ke seluruh dunia. Sekaligus dapat mengundang semakin banyak wisatawan berkunjung ke Sabang.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares alBadr | Sumber: Detik

 

سابانج، إندونيسيا اليوم – جزيرة سابانج التي فيها مجموعة متنوعة من السحر البحري تم إدراجها في الفئة 501 من أجمل جزر في العالم. فهذا العام ، تستهدف سابانج 1.2 مليون سائح

تقوم الحكومة المركزية الآن بدمج جزيرة ويه كمنطقة استراتيجية للسياحة الوطنية (KSPN). جاء ذلك في اللائحة الحكومية رقم 50 لعام 2011 التي تتحدى الخطة الرئيسية للتنمية السياحية الوطنية لعام 2010 إلى عام 2025

قال عبدالكريم ، الخبير في حكومة آتشيه حول الامتيازات والعلاقات بين المؤسسات، إن هذه الخطوة تؤكد أن الحكومة ستواصل الالتزام بتعزيز السياحة الإقليمية ، من خلال برنامج منظمة إدارة الوجهات لمدة 7 سنوات

“في نفس الوقت ، سوف يستمر التعاون العالمي لتطوير السياحة في سابانج ” ، قال عبدالكريم في بيان مكتوب إلى ديتيك ترافل يوم الأحد (29/4/2018)

وفقا لعبدالكريم ، أن دور سابانج ليس فقط في سحر السياحة البحرية والثقافة التي تستحق زيارتها ، ولكنها أيضا كمنطقة تجارية استراتيجية في الطرف الغربي من اندونيسيا

وقال “بجمالها جعل مجلة النشر البريطانية العظيمة يعطي لقب جزيرة الذهب على سابانج”

بالإضافة إلى ذلك ، أن مجلة النشر البريطانية العظيمة قد أدخلت سابانج في 501 جزيرة تجب زيارتها في العالم. لذلك ، يجب إدارة جميع هذه الإمكانات في المستقبل بشكل جيد ، بحيث يمكن لسياحة سابانج أن يكون أكثر تقدمًا ، ويمكن أن يستمر اقتصاد الشعب في الزيادة

كانت جهود الحكومة لتعزيز سابانج في العالم مثمرة. كما زاد عدد الزيارات السياحية

في عام 2014 ، وصل عدد السياح إلى 500000 شخص فقط ، ثم زاد في عام 2015 إلى 700000 شخص. و يستمر في الزيادة في عام 2017 قد بلغ مليون شخص و أكثر

وقال “في هذا العام نستهدف حوالي 1.2 مليون سائح يأتون إلى هذه المنطقة السياحية (سابانج)”

بالإضافة إلى ذلك ، وبمجرد إعطاء الحكومة ذات الأولوية على نطاق واسع لتوليد قطاع السياحة

فقد تم عبور الجزيرة من قبل السفن الدولية التي عززت أيضا زيارات السفن السياحية (كروز). كل عام يستمر أيضا في تجربة زيادة عدد الرحلات التي تأتي إلى سابانج.لأنها تقع في مضيق ملاكا

على مدار العام 2016 ، هناك 12 سفينة سياحية تقف عند جزيرة سابانج ، قبل الانتقال إلى كولومبو ومالديف وسنغافورة وبوكيت. بينما في عام 2017 ، زادت زيارات السفن السياحية بحدة لتصل إلى 84 سفينة سياحية تتوقف عند سابانج

“وهذا بالتأكيد مثير للغاية لنا جميعا ، لأنه بذلك زيادة القوة الدافعة للاقتصاد المحلي ، لذلك نحن بحاجة إلى مواصلة تحسين قطاع السياحة في سابانج المتزايد”

وفقا له ، أن المهرجان البحري في سابانج 2018 ، كنقطة انطلاق لتعزيز سابانج إلى العالم. هذا النشاط لا يضع سابانج فقط في خريطة الوجهات السياحية الدولية. لكنه يظهر أيضًا للعالم أن الوجهات السياحية في سابانج هي الأكثر أمانًا وراحة وإثارة للزيارة

“هذا المهرجان يمكن أن يلهمنا جميعا للعمل معا لتعزيز السياحة في آتشيه “

من خلال المهرجان ، قال ، من أتشيه يمكننا نشر رسالة السلام للعالم كله. ودعوة المزيد من السياح لزيارة سابانج

المترجمة :مايا يونياتي | المحرر: فارس البدر | المصدر: ديتيك

(5)

تعليقات
Loading...
Click Me