بنك إندونيسيا بانكولو يعد 2.4 ترليون دولار خلال رمضان لاحتياجات المجتمع

BI Bengkulu Siapkan Rp 2,4 Triliun Selama Ramadhan

0 681

 

بانكولو، إندونيسيا اليوم – مكتب ممثل بنك إندونيسيا (BI) منطقة بانكولو يخصص العملة 2.4 تريليون روبية لاحتياجات السحب النقدي للمجتمع المحلي خلال شهر رمضان وعيد الفطر 2018. ذكر رئيس بنك إندونيسيا ممثل إقليم بانكولو، إيندانج كورنيا سابوترا في بانكولو يوم الأربعاء (25/4)، إن الأموال التي أعدت أعلى بنحو 10 % مقارنة مع مخصصات العام الماضي.

وقال : “سنتأكد من وجود العملة، فهذه المرة فيها مناسبات متساوية، وذلك بوجود شهر رمضان وعيد الفطر وكذا الانتخاب الجماعي وسنة دراسية جديدة.”

مع مثل هذه المخصصات يعتقد بنك إندونيسيا أن الناس لن يواجهوا صعوبة في الحصول على المال في رمضان والعيد. “لقد نسقنا أيضا مع البنوك في هذا المجال، من أجل الحفاظ دائما على المخزون الحالي في أجهزة الصراف الآلي.” كما أكد ذلك إيندانج.

مع الزيادة في المعاملات باستخدام النقد، أوضح إيندانج، يزداد احتمال تداول النقود المزيفة. من السهل على المجتمع أن يتحقق من صحة الأموال التي تكون عن طريق 3D أو الجمع الذي يُعرف أنه يمكن رؤيته ولمسه وعرضه.

المال الأصلي كما أوضح آيندانج لديه جودة طباعة ممتازة، إذا لمس يشعر بشيء من الخشونة، ويتم تضمينه مع العلامات المائية وخيوط الأمان.

وقال :”هناك طرق أخرى كثيرة للتعرف على الروبيات الأخرى مثل الصور المخفية، والقوام، وتغير اللون، وميزات قوس قزح، والبنفسج الفائق، والمستقيم”.

يمكن للمجتمع أيضا التأكد من صحة الروبية باستخدام معدات إضافية مثل توفير أضواء الأشعة فوق البنفسجية لأغراض المعاملة. بأمان أكبر، يدعو إيدنانج جميع الأطراف إلى التحول إلى استخدام الأموال الإلكترونية في المعاملات. وهذه الطريقة بالتأكيد تقلل الخسائر بسبب تداول الأموال المزيفة أو التخريب الإجرامي.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر: ريفوبليكا

Bengkulu, Indonesiaalyoum.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) wilayah Bengkulu mengalokasikan uang kartal sebesar Rp 2,4 triliun untuk kebutuhan penarikan tunai masyarakat setempat selama Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri tahun 2018.  Kepala BI Perwakilan Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia Saputra di Bengkulu, Rabu (25/4) menyebutkan, uang yang disiapkan tersebut lebih tinggi sekitar 10 persen jika dibandingkan dengan alokasi tahun sebelumnya.

“Kami mencoba memastikan ketersediaan uang kartal, kali ini momennya bersamaan, selain Ramadhan dan lebaran, juga ada gelaran pilkada dan tahun ajaran baru,” kata dia.

Dengan alokasi tersebut BI menyakini masyarakat tidak akan kesulitan mendapat uang tunai pada Ramadhan dan lebaran. “Kami juga sudah berkoordinasi dengan perbankan di daerah ini, agar selalu menjaga sediaan yang ada dalam ATM,” ucap Endang.

Dengan meningkatnya transaksi menggunakan uang tunai, Endang mengatakan, potensi peredaran uang palsu juga ikut meningkat. Secara mudah sebenarnya masyarakat bisa mengecek keaslian uang yaitu dengan cara 3D atau yang jamak dikenal dengan dilihat, diraba dan diterawang. Uang yang asli menurut Endang memiliki kualitas cetak yang sangat baik, jika diraba terasa kasar, dan disertakan dengan tanda air serta benang pengaman.

“Masih banyak lagi cara mengenali rupiah lainnya seperti gambar tersembunyi, tekstur, perubahan warna, fitur pelangi, ultra violet, dan rectoverso,” ujarnya.

Masyarakat juga bisa memastikan keaslian rupiah dengan menggunakan peralatan tambahan seperti menyediakan lampu ultra violet untuk keperluan transaksi. Yang lebih aman lagi, Endang mengajak semua pihak untuk beralih menggunakan uang elektronik dalam bertransaksi. Cara ini tentu dapat menekan kerugian akibat peredaran uang palsu atau kriminal vandalisme.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: Republika

 

تعليقات
Loading...