بنك جاكرتا يوزع ائتمان المشروعات الصغرى والصغيرة والمتوسطة “أوكي أتشي”

Bank DKI salurkan kredit UMKM “OK OCE”

0 616

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قام بنك جاكرتا بتوزيع قروض على 70 مبتدئًا من المشروعات الصغرى والصغيرة والمتوسطة أنشأتها حكومة جاكرتا في جاكرتا من خلال برنامج أوكي أوتشي أو منطقة واحدة مركز واحد لريادة الأعمال مع سقف أقصى للمدين يصل إلى 10 ملايين روبية وسعر الفائدة 7%.

وقال رئيس بنك جاكرتا كريسنو ساديارسي خلال حفل التوقيع في جاكرتا يوم الاثنين إن التعاون هو نوع من دعم برنامج عمل حكومة جاكرتا، وخاصة في مجال تطوير المشروعات الصغرى والصغيرة والمتوسطة.

يتم منح هذا التوزيع الائتماني للمشاركين في برنامج أوكي أتشي الذين سبق لهم النجاح خلال ست مراحل من النجاحات السبعة. وهي التسجيل والتدريب والإرشاد والترخيص والتسويق والإبلاغ المالي والوصول إلى رأس المال. وقال كريسنو :”لذا فإن عملية الائتمان لمبتدئي المشروعات الصغرى والصغيرة والمتوسطة بمساعدة أوكي أتشي لا تزال موجهة من خلال الوفاء بمبدأ الحكمة”.

وسيحصل صاحب المشروعات الصغرى والصغيرة والمتوسطة الذي تم دعمه من قبل أوكي أوتشي على التسهيلات الائتمانية من موناس المبتدئ والتي تعتبر حلاً لممثلي الأعمال الجدد الذين قاموا بدور رائد في أعمالهم. هذا المنتج عبارة عن تسهيلات ائتمانية بسعر فائدة لا يتعدى 7 % فقط من سعر الفائدة الذي حددته الحكومة للحكومة في بداية هذا العام.

ويمكن استخدام القروض لكل من رأس المال العامل والاستثمار المنتج بحد أقصى قدره 10 ملايين روبية وفترة استرداد تصل إلى 18 شهرا.

هذا التوزيع الائتماني، قال كريسنو، هو نوع من أنواع التآزر الإيجابي مع أوكي أوتشي كجهد لتوسيع توزيع الائتمان إلى المشروعات الصغرى والصغيرة والمتوسطة خاصة في جاكرتا.

سيصبح عدد المشروعات الصغرى والصغيرة والمتوسطة الذي يقدمها أوكي أوتشي تصل إلى الآلاف من المشاركين بتأكيد قاعدة عملاء بنك جاكرتا. وقال كريسنو: “يدعم بنك جاكرتا دومًا برنامج أوكي أوتشي لدعم اقتصاد المجتمع، خاصة في تطوير قطاع الشركات الصغرى والصغيرة والمتوسطة في جاكرتا”.

بالإضافة إلى ذلك، أكد كريسنو، كما يوفر بنك جاكرتا خدمة الاستلام النقدي مع مجموعة المحمول التي تهدف إلى توفير الراحة حيث أن كل قسط مدفوع سيكون لديه إيصال استلام ساري المفعول ويسجل على نظام بنك جاكرتا.

حتى الآن، ازدادت نسبة تحقيق القروض الصغرى في بنك جاكرتا بنسبة 58.6% من 25 مليار ريال في مارس 2017 إلى 516 مليار روبية في مارس 2018. وكان الدافع وراء هذه الزيادة هو التوسع في شبكة مكاتب بنك جاكرتا في أسواق جاكرتا.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر: وكالة أنتارا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Bank DKI menyalurkan kredit kepada 70 UMKM pemula binaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut melalui program OK OCE atau One Kecamatan One Centre of Entrepreneurship dengan maksimal plafon per debitur mencapai Rp10 juta dan tingkat bunga 7 persen.

Kerja sama tersebut sebagai dukungan program kerja Pemprov DKI Jakarta, khususnya di bidang pengembangan UMKM, kata Direktur Utama Bank DKI, Kresno Sediarsi saat acara penandatanganan kredit itu di Jakarta, Senin.

Penyaluran kredit ini diberikan kepada peserta program OK OCE yang sudah melewati enam dari tujuh tahapan Pasti Sukses. Yakni pendaftaran, pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran, pelaporan keuangan dan akses permodalan.

“Sehingga proses kredit kepada UMKM pemula binaan OK OCE tetap disalurkan dengan memenuhi prinsip kehati-hatian,” ujar Kresno.

UMKM binaan OK OCE akan menerima fasilitas kredit Monas Pemula yang merupakan solusi bagi pelaku UMKM yang baru merintis usahanya. Produk ini merupakan fasilitas kredit dengan bunga hanya 7 persen setara dengan bunga Kredit Usaha Rakyat yang telah ditetapkan pemerintah pada awal tahun ini.

Pinjaman dapat digunakan baik untuk modal kerja maupun investasi produktif dengan maksimal plafon Rp10 juta dan jangka waktu pengembalian sampai degan 18 bulan.

Penyaluran kredit ini, ujar Kresno, merupakan bentuk sinergi positif dengan OK OCE sebagai upaya perluasan penyaluran kredit kepada UMKM khususnya di Jakarta.

“Jumlah UMKM binaan OK OCE yang mencapai ribuan peserta tentu akan menjadi basis nasabah Bank DKI. Sebagai BUMD DKI Jakarta, Bank DKI senantiasa mendukung program OK OCE untuk memajukan perekonomian masyarakat khususnya dalam mengembangkan sektor UMKM di Jakarta,” ujar Kresno.

Sebagai tambahan, lanjut Kresno, Bank DKI juga memberikan layanan jemput tunai dengan mobile collection yang bertujuan untuk memberikan kemudahan karena setiap angsuran yang disetorkan akan memiliki struk tanda terima yang sah dan tercatat pada sistem Bank DKI.

“Hingga saat ini realisasi penyaluran kredit mikro Bank DKI tumbuh signifikan sebesar 58,6 persen dari Rp325 miliar per Maret 2017 menjadi Rp516 miliar per Maret 2018. Peningkatan ini didorong oleh ekspansi jaringan kantor Bank DKI di pasar-pasar DKI Jakarta,” katanya.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: Antara

 

تعليقات
Loading...