بيان صحفي من سفارة جمهورية إندونيسيا في القاهرة بشأن اعتقال 5 طلبة إندونيسيين

Press Release KBRI Kairo terkait penahanan 5 mahasiswa Indonesia oleh kepolisian Mesir

0 747

 

القاهرة، اندونيسيا اليوم – أصدرت سفارة جمهورية إندونيسيا في القاهرة يوم الاثنين 12/4 بيانا صحفيا حول اعتقال الطلاب الإندونيسيين في مصر، ولتوضيح الموقف وجهود السفارة في ذلك الصدد، في التعامل مع قضية أولئك الطلاب الخمسة الذين احتجزتهم الشرطة المصرية منذ 22 نوفمبر، 2017. وردا على العديد من التساؤلات لدى الطلاب الاندونيسيين في مصر عن دور السفارة في حل هذه المشكلة. نورد التفاصيل الآتية:

اعتقال الطلبة الخمسة من قبل الشرطة المصرية هذه المرة يعد أمراً غريباً، خصوصاً فيما يتعلق الأمر بأحد الطلاب المعتقلين ويدعى: فيترا الذي لا يزال في السجن مع أن لديه تصريح إقامة رسمية وهو مسجل كطالب في جامعة الأزهر. ومع ذلك تم الإفراج عن الطالبين الآخرين لأن لديهم وثائق كاملة، وترحيل اثنين آخرين لعدم وجود تصريح إقامة.

وأبلغت السفارة في بيانها عما بذلته من جهد في سبيل الافراج عن الخمسة مواطنين الإندونيسيين الذين تم القبض عليهم وما قامت به السفارة في القاهرة من جهود حثيثة في أثناء الاعتقال.

وفيما يلي البيان الصحفي للسفارة الإندونيسية في القاهرة:

1.  تلقت سفارة جمهورية إندونيسيا في القاهرة في 22 نوفمبر 2017 معلومات غير رسمية من السيد (دودي فرمان شاه دمهوري ) تفيد باعتقال 5 (خمسة) طلاب إندونيسيين وهم : دودي فيرمانسيا دمهوري، محمد جعفر، محمد فيترا نور أكبر، أردينال خيري، هارتوبو عبد الجبارإثر التفتيش الذي قام به الأمن المصري في منطقة تبة بمدينة نصر. وقد تم الإفراج عن كل من: دودي فيرمان شاه دمهوري ومحمد جعفر من قبل جهاز الأمني المصري لأنه لديهما تصريح إقامة ساري، في حين لا يزال 3 مواطنين إندونيسيين آخرين معتقلين في مركز شرطة مدينة نصر الثاني المزيد من التحقيقات من قبل الأمن الوطني بوزارة الداخلية المصرية.

2. بناء على ذلك، قدمت السفارة مذكرات دبلوماسية إلى وزارة خارجية مصر، ومكتب شيخ الأزهر والأمن الوطني تطلب فيه من الحكومة المصرية الإفراج عن الثلاثة المواطنين المذكورين. كما سعت سفارة جمهورية إندونيسيا في القاهرة إلى توفير الحاجات الأساسية لهم أثناء الاحتجاز، وذلك بتقديم المساعدة في شكل غذاء والاحتياجات اليومية.

3. وحتى 27 نوفمبر 2017، لم تتلق سفارتنا في القاهرة أي بيان مكتوب بشأن احتجاز الطلاب الثلاثة من المؤسسات ذات الصلة، خاصة من وزارة الخارجية المصرية، شيخ الأزهر، والأمن الوطني، وزارة الداخلية المصرية. تحقيقا لذلك نسقت السفارة مع الأمن الوطني وقدمت مرة أخرى طلبا بالإفراج عن الثلاثة مواطنين الاندونيسيين. وفي اجتماع مع السفارة الإندونيسية في القاهرة، تبيّن أنه وفقا لنتائج التحقيق الذي أجراه الأمن الوطني، أن الطالبين في النيابة هما:أردينال خيري و هارتوبو عبد الجبار تم ترحيلهما على خلفية التحقيقات في”الأمن القومي” من قبل وزارة الداخلية المصرية. غير أنه وفقا للأحكام السائدة في مصر، لن يقدم الأمن الوطني بيانا رسميا حول قرار الترحيل إلى السفارة الإندونيسية في القاهرة. أما بالنسبة للطالب :محمد فيترا نور أكبر فإنه في وقت آخر يتم التحقق عنه . ثم سهلت سفارة جمهورية إندونيسيا في القاهرة إعادة اثنين من المواطنين الإندونيسيين إلى إندونيسيا في 30 نوفمبر 2017.

4. اعتبارا من 4 ديسمبر 2017، لم تتلق السفارة في القاهرة أي بيان أو قرار من الحكومة المصرية بشأن الطالب الذي لا يزال محتجزا من قبل قوات الأمن في مكتب الشرطة الثاني بمدينة نصر باسم محمد فيترا نور أكبر. ولذلك أرسلت السفارة في القاهرة مرة أخرى مذكرة دبلوماسية إلى وزارة الشؤون الخارجية في مصر، وشيخ الأزهر والأمن الوطني، وزارة الداخلية المصرية ليفرج عن الاندونيسي المذكور في أسرع وقت لأنه لا يزال مسجلا كطالب في الأزهر الشريف ولديه تصريح إقامة ساري حتى عام 2018.

5. منذ تنفيذ القرار قانون الطوارئ في مصر في أبريل 2017 وتمديده مؤخرا من 13 أكتوبر 2017 حتى ديسمبر 2017، قامت قوات الأمن المصرية بإجراء عملية تفتيش للمواطنين الأجانب من أجل استتباب الأمن في مصر. وحتى 4 ديسمبر 2017، سهلت السفارة بالقاهرة اجراءات ترحيل 18 طالبا وطالبة.أما عدد المواطنين الفعلي في مصر اعتبارا من أكتوبر 2017 يصل إلى 594.7 مواطنا من بينهم 4،975 طالبا.

6. نظرا للعدد الكبير من الطلاب في مصر إلى بسبب التفتيش المتكرر من قبل قوات الأمن المصرية، وبعد المتابعة لهذه القضية أبلغت السفارة الإندونيسية في القاهرة إلى الجهات والمؤسسات ذات العلاقة في إندونيسيا، فإنّه من المرجح توقف إرسال الطلبة إلى مصر طالما أنّ الوضع في مصر صار غير مستقر وليس آمناً.

المترجم: هان هان علوم الدين | المحرر: طلال الشيقي

Kairo, Indonesiaalyoum.com – Senin sore 04/12 Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Kairo (KBRI Kairo) mengeluarkan Press Releas Penahanan Mahasiswa Indonesia di Mesir, sebagai maklumat terkait sikap dan upaya KBRI Cairo dalam menangani 5 orang Mahasiswa yang telah ditahan kepolisian Mesir pada 22 November 2017. Seiring dengan banyak dari Mahasiswa Indonesia di Mesir yang mempertanyakan soal peran KBRI dalam kasus penangkapan ini.

Kasus penangkapan 5 mahasiswa Indonesia oleh kepolisian Mesir kali ini memang penuh kejangnggalan, terutama ketika saudara Fitra (sala seorang dari 5 mahasiswa tersebut) masih dalam tahanan, sementara Fitra memiliki visa dan bersetatus sebagai mahasiswa Universitas Al Azhar. Sedangkan keempat mahasiswa lainnya sudah dikeluarkan, 2 orang dibebaskan karena memiliki kelengkapan dokumen, 2 orang lagi dideportasi karena tidak memiliki izin tinggal.

Dalam press realeasenya, pihak KBRI mengabarkan bagaimana usahanya untuk membebaskan kelima WNI yang ditahan dan apa yang telah dilakukan KBRI Cairo selama penahanan berlangsung.

Berikut isi Press Release KBRI Cairo:

Press Release Penahanan Mahasiswa Indonesia di Mesir

  1. KBRI Cairo pada 22 Nopember 2017 telah menerima informasi secara informal dari Sdr. Dodi Firmansyah Damhuri mengenai penangkapan 5 (lima) mahasiswa Indonesia di Mesir atas nama Sdr. Dodi Firmansyah Damhuri, Sdr. Muhammad Jafar, Sdr. Muhammad Fitrah Nur Akbar, Sdr. Ardinal Khairi, dan Sdr. Hartopo Abdul Jabbar oleh razia aparat keamanan Mesir di kawasan Tabbah, Nasr City. Sdr. Dodi Firmansyah Damhuri dan Sdr. Muhammad Jafar telah dibebaskan oleh aparat keamanan Mesir oleh karena masih memiliki ijin tinggal yang masih valid, sementara 3 (tiga) WNI mahasiswa lainnya masih ditahan di Kantor Polisi Nasr City II oleh karena memerlukan pendalaman investigasi lebih lanjut dari National Security, Kementerian Dalam Negeri Mesir.
  2. Menanggapi hal tersebut, KBRI telah menyampaikan nota diplomatik ke Kemlu Mesir, Kantor Grand Syaikh Al Azhar dan National Security untuk meminta Pemerintah Mesir membebaskan ketiga WNI dimaksud. KBRI Cairo juga telah mengupayakan kondisi yang layak untuk mereka selama berada di dalam tahanan, yaitu dengan memberikan bantuan berupa makanan dan kebutuhan sehari-hari.
  3. Hingga 27 November 2017, KBRI Cairo tidak menerima notifikasi tertulis apapun mengenai penahanan ketiga mahasiswa tersebut dari instansi terkait, khususnya Kemlu Mesir, Grand Shekh Al Azhar, dan National Security, Kementerian Dalam Negeri Mesir. Untuk itu, KBRI telah melakukan koordinasi dengan National Security dan kembali menyampaikan permohonan untuk membebaskan ketiga WNI tersebut. Dalam pertemuan dengan KBRI Cairo, dijelaskan bahwa sesuai dengan hasil investigasi yang dilakukan oleh National Security, kedua mahasiswa atas nama Sdr. Ardinal Khairi dan Sdr. Hartopo Abdul Jabbar diputuskan untuk dideportasi dengan alasan “Keamanan Nasional” oleh Kementerian Dalam Negeri Mesir. Namun demikian, sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Mesir, National Security tidak akan menyampaikan notifikasi resmi mengenai keputusan deportasi tersebut kepada KBRI Cairo. Adapun keputusan terkait Sdr. Muhammad Fitrah Nur Akbar akan disampaikan pada kesempatan pertama. Selanjutnya KBRI Cairo telah memfasilitasi pemulangan 2 (dua) orang WNI Mahasiswa tersebut pada 30 November 2017.
  4. Hingga 4 Desember 2017, KBRI Cairo belum menerima notifikasi maupun keputusan dari Pemerintah Mesir terkait 1 (satu) orang WNI Mahasiswa yang masih ditahan oleh Aparat Keamanan di Kantor Polisi Nasr City II atas nama Sdr. Muhammad Fitrah Nur Akbar. Sehubungan dengan itu, KBRI Cairo kembali menyampaikan nota diplomatik kepada Kemlu Mesir, Grand Shekh Al Azhar dan National Security, Kementerian Dalam Negeri Mesir untuk kiranya dapat membebaskan 1 (satu) WNI tersebut dalam waktu yang tidak terlalu lama karena yang bersangkutan masih berstatus sebagai mahasiswa Al Azhar dan memiliki izin tinggal yang valid hingga tahun 2018.
  5. Sejak ditetapkannya state of emergency di Mesir pada April 2017 dan selanjutnya diperpanjang mulai 13 Oktober 2017 hingga Desember 2017, aparat keamanan Mesir (c.q. National Security) telah secara terus-menerus melakukan razia terhadap warga negara asing dalam rangka penertiban keamanan di Mesir. Hingga 4 Desember 2017, KBRI Cairo telah memfasilitasi deportasi 18 (delapan belas) siswa / mahasiswa. Adapun jumlah WNI di Mesir per Oktober 2017 adalah sejumlah 7.594. Dari jumlah tersebut, 4.975 adalah mahasiswa.
  6. Mempertimbangkan besarnya jumlah mahasiswa di Mesir yang potensial sebagai sasaran razia aparat keamanan Mesir, KBRI Cairo telah mengkomunikasikan saran tindak lanjut terhadap kasus ini kepada instansi terkait di Indonesia, termasuk mempertimbangkan untuk menghentikan pengiriman mahasiswa ke Mesir selama situasi dan prosedur keamanan di Mesir belum kondusif.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Talal al-Saiqi

 

تعليقات
Loading...