[REQ_ERR: OPERATION_TIMEDOUT] [KTrafficClient] Something is wrong. Enable debug mode to see the reason. تسونامي يضرب غرب جاوة و يتسبب في انهيار عدد من الفنادق - indonesiaalyoum.com

تسونامي يضرب غرب جاوة و يتسبب في انهيار عدد من الفنادق

Tsunami di Pantai Anyer, Beberapa Hotel Roboh

0 2٬335

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – كارثة طبيعية جديدة تضرب إندونيسيا، هذه المرة على شكل تسونامي ضرب شاطئ آنيير ببانتين، في حوالي الساعة 21.15 بتوقيت غرب إندونيسيا اليوم السبت 22/12.

فجأة ارتفعت مياه البحر في شاطئ آنيير. و قد انهار عدد من الفنادق بالمنطقة. و قد لجأ سكان المنطقة إلى الهرب إلى المناطق المرتفعة.

فندق سالسا بيتش في منطقة شاطئ كارانغ قد تضرر بشدة. حيث وصلت مياة البحر إلى الفندق، بل إن ارتفاع المياه عن سطح الأرض وصل إلى مترين.

حركة المياه المرتفعة و سرعتها العالية حملت سيارات زوار الفندق و قذفت بها بعيدًا. و قد تضررت السيارات بسبب اضطدامها بالجدران و الأشجار.

ليس هذا فقط، فقد انهار سقف فندق سالسا بيتش، و تساقطت نوافذة و تحطم الزجاج فيه.

وفقًا لشهود العيان فقد كان الهواء شديد القوة. لكن هل حدث زلزال أم لا، لم يعرف بعد.

منذ الصباح كان يسمع صوت انفجارات بجبل أناك كراكاتو البركاني، لكن لم يعرف كذلك إذا كان سبب هذا التسونامي هو سعال الجبل البركاني أم لا.

تحديث: نقل مراقبي موقع إندونيسيا اليوم عن وكالة الأرصاد الجوية و الجيوفزيائية الإندونيسية عبر حسابها الرسمي على تويتر تصريح الوكالة بأن ما حدث في آنيير و ما حولها لم يكن تسونامي، بل هي موجة بحرية عالية. زاد قوتها تصادف اكتمال القمر هذه الليلة، مما يتسبب في ارتفاع المد.

كما دعت وكالة الأرصاد الجوية الإندونيسية المواطنين إلى عدم القلق و الحفاظ على الهدوء.

المترجم : مؤمن مجدي


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Kejadian alam berupa tsunami terjadi di kawasan Pantai Anyer, Banten. Sekitar pukul 21.15 WIB, tiba-tiba air laut di kawasan Pantai Anyer naik. sejumlah hotel roboh, masyarakat yang berada di sekitar lokasi langsung melarikan diri ke tempat tinggi.

Pantauan kumparan, Hotel Salsa Beach di kawasan Pantai Karang bolong porak poranda. Air laut masuk ke dalam hotel. Jarak antara permukaan tanah di hotel dengan air laut sekitar 2 meter.

Gerakan air yang naik ke permukaan dengan cepat dan kecepatan tinggi membuat mobil-mobil pengunjung yang terparkir terombang-ambing dan teseret air laut. Mobil-mobil pun rusak karena terbawa air dan menabrak tembok dan pohon.

Tak hanya itu, atap hotel Salsa Beach roboh. Jendela-jendela jatuh dan kaca pecah.

Menurut saksi mata, sempat terjadi angin yang sangat kencang. Namun, apakah ada gempa atau tidak, belum diketahui.

Hanya saja, suara dentuman dari Gunung Anak Krakatu memang sudah terdengar kencang sejak pagi. Tapi apakah tsunami ini karena Anak Krakatu yang sedang batuk, belum diketahui

Sementara itu dari pantauan Indonesiaalyoum.com, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika dalam akun resminya di Twitter menyebutkan bahwa yang terjadi di Anyer dan sekitarnya bukan Tsunami, melainkan gelombang air laut pasang. terlebih malam ini ada fenomena bulan purnama yang menyebabkan air laut pasang tinggi.

BMKG pun menyeru masyarakat agar tetap tenang.

Translated by: Momen Magdy

تعليقات
Loading...