تشكيل فريق خاص لتنظيم الأنشطة الدينية في “موناس”

Akan Ada Tim Khusus Urus Jadwal Kegiatan Keagamaan di Monas

0 787

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – تمت إعادة فتح “موناس” للأنشطة الدينية، بإلقاء محاضرة وطنية بمناسبة الاحتفال بيوم الأبطال الذي عقد في منطقة سيلانغ موناس يوم الأحد الموافق (11/26)

كما صرح نائب حاكم جاكرتا ساندياغ أونو أن الحكومة ستشكل فريقا خاصا بشأن ترتيب جدول الأنشطة الدينية في”موناس”، كما يتكون الفريق من مختلف الجهات الحكومية ذات الصلة.

وأضاف السيد ساندي في قاعة مدينة، جاكرتا، يوم الاثنين الموافق (11/27) “سيكون هناك فريق خاص يضم شرطة جاكرتا، و جميع الضباط الذين بحسب  الجدولة الزمنية المزمع تنظيمها.”

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Monas kembali dibuka untuk kegiatan keagamaan. Hal ini ditandai dengan adanya Tausiyah Kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang digelar di kawasan Silang Monas, Minggu (26/11).

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya akan membentuk tim khusus untuk mengatur jadwal kegiatan keagamaan di Monas. Tim terdiri atas berbagai instansi pemerintahan.

“Ada timnya di sini. Nanti ada tim yang khusus yang melibatkan Polda Metro Jaya, melibatkan semua aparat yang akan membentuk (mengurus) mengenai penjadwalan,” kata Sandi di Balai Kota, Jakarta, Senin (27/11).

تشكيل فريق خاص لتنظيم الأنشطة الدينية في موناس - اندونيسيا اليوم.

ومن جانبه،واجه السيد ساندي الانتقادات وردود الأفعال المتعلقة بإعادة فتح “موناس” للأنشطة الدينية، بما في ذلك اقتراح لتحويل الأنشطة الدينية إلى مسجد الاستقلال، كما كان من قبل.

وقد أكد ساندي أن مسجد الاستقلال لائق لأن يكون موقع الأنشطة الدينية. ولكنه يسمح أيضا للأشخاص الذين يرغبون في القيام بالأنشطة الدينية في “موناس”.

“أضاف ساندي: “من الممكن أيضا في مسجد الاستقلال. وإذا كنت ترغب في استخدام “موناس”فعلى الرحب والسعة”.

Sandi sudah mendengar adanya kritik dan masukan terkait kembali dibukanya Monas untuk kegiatan keagamaan. Termasuk, adanya saran mengalihkan kegiatan keagamaan di Masjid Istiqlal, seperti sebelumnya.

Sandi menilai, Masjid Istiqlal juga layak untuk menjadi lokasi kegiatan keagamaan. Tapi, warga yang ingin melaksanakan kegiatan keagamaan di Monas juga diperbolehkan.

“Boleh juga di Istiqlal enggak ada masalah, kalau yang mau pakai Monas silahkan,” imbuh Sandi.

تشكيل فريق خاص لتنظيم الأنشطة الدينية في موناس 2 - اندونيسيا اليوم.

كما  صرّح السيد ساندي أن هناك فوائد أخرى يمكن أن تؤخذ من مختلف المناسبات التي عقدت في كل من “موناس” ومتحف فاتح الله. هناك مزایا یمکن أن يشعر بها أصحاب الشركات الصغيرة حول موقع الأنشطة.

كما أضاف ساندي قائلا: “أن هذا النشاط يجب أن يجلب شعورا بالتفاؤل لمواطني جاكرتا،نظرا أن هناك أثرا اقتصادي إيجابي، لتعود الحيوية  للشركات الصغيرة والمتوسطة “.

المترجم: جيمي هينديكو | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: كومبارنج

Sandi melihat, ada manfaat lain yang bisa diambil dari berbagai acara yang dilaksanakan baik di Monas maupun Museum Fatahillah. Ada keuntungan yang bisa dirasakan oleh UMKM yang ada di sekitar lokasi acara.

“Kegiatan itu harus membawa suatu nuansa optimis kepada warga DKI karena ada nanti dampak ekonominya sehingga UKM-UKM juga hidup dan tertata dengan baik,” ucap Sandi.

Penerjemah: Jemmy Hendiko | Editor: Talal alSaigi | Sumber: Kumparan

 

تعليقات
Loading...