تصدير الملابس الإسلامية الإندونيسية يجب أن تكون موحدة عالمية

Ekspor Busana Muslim Indonesia Harus Berstandar Dunia

0 679

بوغور، إندونيسيا اليوم – قال الرئيس التنفيذي لغرفة الأزياء الإندونيسية (IFC) علي كريزما، وهو أيضا مصمم أزياء، إن إندونيسيا لديها إمكانات كبيرة للسيطرة على سوق الأزياء الإسلامية في العالم. ومع ذلك، فإن لتوسيع أسواق الملابس الإسلامية في الخارج، تحتاج الحكومة أيضا إلى توفير المواد الخام اللازمة بجودة أفضل.

“فالاحتياجات، يجب أن تتناسب مع منتجاتنا على مستوى العالم. بما في ذلك الرغبة. والوقت مستقبلا من بعد هذا اللقاء، سوف تتغير منتجات الأزياء الإسلامية في إندونيسيا.” كما أكد ذلك علي في القصر الرئاسي في بوغور جاوى الغربية، يوم الخميس (26/4).

ويرى علي، أن تصدير منتجات الأزياء الإسلامية الإندونيسية سوف تتكيف مع رغبة المجتمعات المحلية وكذا في الموسم من كل بلد. التوسع في حصة سوق الأزياء الإسلامية في إندونيسيا لا يمكن فصله عن الدعم الحكومي.

وأضافت الأمينة العامة للمجلس الوطني للحرف أيس سائدة أن نمو الموضة الإسلامية في إندونيسيا يتزايد كل عام. وقالت إن متوسط نمو صناعة الأزياء يصل إلى أكثر من 10 % سنويا.

فومن إحدى الدلائل هو العدد المتزايد من عاملي الأزياء المسلمين الذين يقومون بتسويق منتجاتهم من خلال المعارض المختلفة. لتشجيع توسيع الحصة السوقية لصناعة الملابس الإسلامية في إندونيسيا إلى دول أجنبية، ودعا الرئيس جوكو ويدودو أيضا عاملي صناعة الأزياء والمصممين إلى قصر الرئاسة في بوغور، جاوى الغربية يوم الخميس (26/4).

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر: ريفوبليكا

Bogor, Indonesiaalyoum.com- National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma yang juga seorang perancang busana, menyampaikan Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menguasai pasar busana muslim dunia. Kendati demikian, untuk mendorong perluasan pasar industri busana muslim ke luar negeri, maka pemerintah juga perlu menyediakan bahan baku yang dibutuhkan dengan kualitas yang lebih baik.

“Yang dibutuhkan, harus menyesuaikan produk kita dengan standard dunia. Termasuk selera. Nantinya setelah ketemuan ini akan sangat berubah bentuk, produk fashion Muslim di Indonesia,” ujar Ali di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/4).

Menurut Ali, nantinya ekspor produk busana muslim Indonesia akan beradaptasi dengan selera masyarakat setempat dan juga musim di setiap negara. Perluasan pangsa pasar busana muslim Indonesia ini juga tak terlepas dari dukungan pemerintah

Sekjen Dekranas Euis Saedah menambahkan, pertumbuhan busana muslim di Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya. Ia menyebut, rata-rata pertumbuhan industri fashion tersebut mencapai lebih dari 10 persen per tahun.

Salah satu indikatornya yakni semakin banyaknya pelaku industri busana muslim yang memasarkan produknya melalui berbagai pameran. Untuk mendorong perluasan pangsa pasar industri busana muslim Indonesia hingga mancanegara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun pada Kamis (26/4) mengundang para pelaku industri fashion serta designer di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr| Sumber: Republika

تعليقات
Loading...