تصدير 35 طن من الأسماك المصنعة إلى أمريكا

BUMN Perikanan Ini Ekspor 35 Ton Hasil Olahan Ikan ke AS

0 866

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – تم تصدير 35 طن من الأسماك المصنعة والمنتجات البحرية من إندونيسيا إلى الولايات المتحدة يوم الجمعة (1/12). والمنتجات المصنعة تأتي من وحدة صناعة الأسماك التي تديرها الشركة العامة بيريندو و شركة كيميلاو بينتانغ تيمور (KBT) في سيريبونغ، جاوى الغربية. وبلغت قيمة الصادرات 5.5 مليار روبية.

وقال مدير أعمال الشركة العامة بيريندو ريسيانتو سواندا في في بيان له يوم الجمعة (1/12): ” أنه بلغ قيمة هذا التصدير حوالي 410 آلاف دولار أمريكي أوما يعادل 5.5 مليار روبية.

وكانت الأسماك المصنعة التي ترسلها الشركة العامة بيريندو في حاويتين تتكون من سبيدج ، الأسماك ماهي-ماهي، النهاش، و غروبو. وقال ريسيانتو أن الشركة العامة بيريندوقد تستهدف السوق الأمريكية لتصدير الأسماك المصنعة والمأكولات البحرية إندونيسيا لأن إمكانيات السوق واسعة هناك .

وقال: “إن سوق التصدير هو أحد الخيارات التى نختارها لان هناك طلبا كبيرا وخاصة المنتجات المصنعة والاسماك الفاخرة”.

واعترف ريسيانتو أن طلبات الولايات المتحدة لاستيراد الأسماك من اندونيسيا عالية. وقبل هذا أراد رئيس شركة مصايد الأسماك من سياتل الولايات المتحدة الأمريكية أن يستورد الأسماك المصنعة من البحر أو البحيرة. وهذا ما تم إلقاءه مباشرة من قبل المدير الرئيسي لمصايد الأسماك فرانك ميرتشر عند زيارته إلى الشركة العامة بيريندو في موارا بارو، في جاكرتا.

وأضاف: “إنهم مهتمون باستيراد أسماك البحيرة مثل غولاما، وكورو، والنهاش الأبيض”.

والشركات الأخرى في الخارج التي تتطلع أيضا إلى الأسماك المصنعة الإندونيسية مثل تايلاند.

وهذا الأسبوع سيأتي رجال الأعمال من تايلاند إلى الشركة العامة بيريندوفي سورونج التي تستورد بشكل روتيني من منتجات بيريندو, وكذلك الصين في السابق تريد استيراد أسماك لايور بمقدار 30 ألف طن”.

وأكد ريسيانتو أن التعاون بين رجال الأعمال والصيادين سيفضي إلى زيادة الدخل لدى الشركة من قطاع التجارة وتجهيز الأسماك. وفي العام الماضي بلغ الدخل من هذا القطاع 150 مليار روبية.

واستمر قائلا إن هذا العام يتوقع أن يزيد بثلاثة اضعاف أو حوالي 400 مليار روبية”.

 

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر : كومبارانج

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Sebanyak 35 ton hasil olahan ikan dan hasil laut asal Indonesia diekspor ke Amerika Serikat pada Jumat, (1/12). Produk olahan tersebut berasal dari Unit Pengolahan Ikan yang dikelola Perum Perindo dan PT Kemilau Bintang Timur (KBT) di Cirebon, Jawa Barat. Nilai ekspornya mencapai Rp 5,5 miliar.

“Nilai eskpor kali ini sekitar 410 ribu dolar AS atau sekitar Rp 5,5 miliar,” kata Direktur Usaha Perum Perindo Risyanto Suanda dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/12).

Olahan dan ikan-ikan yang dikirim Perum Perindo dalam dua kontainer itu terdiri atas olahan cumi, ikan mahi-mahi, kakap, dan kerapu. Risyanto mengatakan, Perum Perindo memang membidik pasar AS untuk mengirim olahan ikan dan hasil laut Indonesia karena potensi pasar di sana cukup besar.

“Pasar ekspor jadi salah satu pilihan kami karena ada permintaannya cukup besar. Khususnya produk yang sudah berupa olahan dan ikan-ikan jenis premium,” ucapnya.

Geliat AS untuk impor ikan dari Indonesia diakui Risyanto memang tinggi. Belum lama ini, katanya, pimpinan perusahaan perikanan asal Seattle, AS tertarik untuk impor olahan ikan-ikan demersal. Hal itu kata Risyanto, diungkapkan langsung oleh President Director Arrowac Fisheries Frank M. Mercher saat ke Perum Perindo di Muara Baru, Jakarta.

“Mereka tertarik impor ikan-ikan demersal seperti gulama, kuro, dan kakap putih,” lanjutnya.

Perusahaan luar negeri lainnya yang juga melirik olahan ikan Indonesia adalah Thailand.

“Minggu ini mitra Perindo di Sorong juga akan kedatangan pengusaha dari Thailand yang juga suap impor rutin produk dari Perindo. Sebelumnya ada China juga yang berminat impor ikan layur 30 ribu ton,” ujarnya.

Kerja sama nelayan dan pengusaha nasional diklaim Perum Perindo mampu meningkatkan pendapatan perseroan dari sektor perdagangan dan pengolahan ikan. Tahun lalu saja, pendapatan perusahaan dari sektor tersebut mencapai Rp 150 miliar.

“Tahun ini diperkirakan naik tiga kali lipat, kira-kira akan sekitar Rp 400 miliar,” jelasnya.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares Albadr : Sumber: Kumparan.com

 

تعليقات
Loading...