إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

تعرف على 13 نوع من القهوة الإندونيسية اشتهرت عالميًا

Tiga Belas Jenis Kopi di Indonesia, Jadi Primadona Pecinta Kopi Dunia

- الإعلانات -

0 294

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – للقهوة أجناس عديدة بإندونيسيا، و قهوة إندونيسيا معروفة بجودتها. إندونيسيا تمتاز بتربة خصبة وجغرافيا مناسبة لنمو القهوة فيها. ولخصوبتها واتساع مساحتها تنمو القهوة بأجناس متنوعة.

العديد من المناطق بإندونيسيا تطور حقولها لزراعة القهوة. وحبوب القهوة الناتجة منها لها خصائصها المميزة التي تميزها عن الأنواع الأخرى. كم جنس من القهوة في إندونيسيا؟ وما خصائصها المميزة؟ سيتم الإجابة على هذا السؤال في التلخيص الآتي الذي تم جمعه من عدة مصادر.

مناطق سومطرة و سولاويسي شهيرة في انتاجها لحبوب القهوة

1. قهوة سومطرة

تحتل قهوة سومطرة المركز الأعلى بإندونيسيا، وتعرف بـ”قهوة سيديكالانج، وقهوة لينتونج، وقهوة مانديلينج”، وجنس هذه القهوة أشهر من غيره من جزيرة سومطرة. يقول بعض خبراء القهوة إن لقهوة سومطرة مذاق فريد من نوعه، رائحتها مثل خليط التوابل والتراب. وقوامها ناعم ورائحة حادة فريدة. قهوة سومطرة واحدة من أفضل الأنواع والأكثر مبيعا في العالم.

2. قهوة سولاويسي

القهوة الشهيرة الآتية من سولاويسي هي قهوة توراجا ذات المذاق الحاد. حموضتها العالية أصبحت ميزتها الأساسية. بالرغم من إنها تشبه قهوة سومطرة قليلاً، إلا أن الرائحة التي تنبعث منها تجعلها فريدة من نوعها وهذه ما يستمتع به محبي القهوة في جميع أنحاء العالم.

3. قهوة أتشيه غايو

قهوة أتشيه غايو تعتبر من أفضل أنواع قهوة أرابيكا في كل أنحاء العالم. تمتاز بمذاقها المر وقليل الحموضة. وهذا الجنس من القهوة يمتلك رائحة حادة. و بالرغم من مرارة مذاقها ولكنها تفتح الشهية بعد شربها.

المناطق الغربية بإندونيسيا لها قهوتها الخاصة أيضًا

4. قهوة بالي كنتاماني

قهوة بالي كنتاماني تمتاز بطعم الفواكة الحامض والمنعش. هذا الجنس من القهوة يعتبر فريدًا من نوعه لإختلاف طريقة زراعته. تزرع القهوة في بالي كنتاماني مع مختلف النباتات كالخضروات وفاكهة البرتقال، مع هذه الطريقة تنتج قهوة مميزة برائحة طازجة ومذاق أنعم من باقي أنوع القهوة المتواجد في الأرخبيل.

5. قهوة بابووا وامينا

قهوة من المنطقة الشرقية لإندونيسيا. تزرع على ارتفاع 1.200 متر فوق سطح البحر. تعطي مذاقًا خفيفًا ورائحة حادة. والمميز في هذه القهوة هو أنها تزرع بطريقة عضوية طبيعية أي بدون إضافة أي مغذيات أو مواد كيمائية. إذا كنت من محبي القهوة الخفيفة الناعمة قليلة اللب، فهذه القهوة هي الأنسب لك.

6. قهوة فلوريس باجاوا

هذا الجنس من القهوة نجده في محافظة نغادا. لهذه القهوة نكهة فاكهة خفيفة وتنبعث منها رائحة تبغ خفيفة. شيء فريد قد لا يمكن الحصول عليه من حبوب القهوة الأخرى الآتية من مناطق مختلفة.

تملك جزيرة جاوا أنواع قهوة مختلفة

7. قهوة جاوا

تعتبر جاوا واحدة من احدى الجزر الكبيرة بإندونيسيا، و من أكبر منتجي القهوة في الأرخبيل. تشتهر جاوا بقهوة أرابيكا. هذا الجنس من القهوة ينمو بشكل جيد في إندونيسيا في درجة حرارة من 16 إلى 20 درجة مئوية بالمناطق المرتفعة، فتزرع على ارتفاع 1.500 متر فوق سطح البحر. وتشتهر قهوة جاوا بصلاحيتها الطويلة حيث يمكن الاحتفاظ بها لمدة تصل لثلاث سنوات تقريبا. وهذا ما يجعلها تمتلك مذاقًا قويًا.

8. قهوة لواك

هذا الجنس من القهوة له علاق قوية بتاريخ إنتاجها بإندونيسيا. ففي أوائل القرن 18، قام الهولنديين بإنشاء حقول القهوة في جزر الهند الشرقية الهولندية حتى جاوا و سومطرا. و قهوة أرابيكا واحد من أجناس القهوة التي تم تصديرها من اليمن. في عهد العمل الإجباري (1830-1870)، منع الهولنديين المزارعين الأصليين من زرع القهوة لمصالح شخصية. بالرغم من ذلك تذوق المزارعين هذه القهوة الشهيرة. اكتشفوا أن هناك نوع من الزباد أو المعروف بـ”لوواك” يأكل حبات القهوة، ولكنه يترك بزور القهوة غير مهضومة في فضلاته.

يقوم المزارعين بجمع حبوب القهوة من روث الزباد (اللوواك)، ثم تنظف ومن ثم تحمص وبعد ذلك تطحن الحبوب وبذلك صنعوا القهوة لأنفسهم. شهرة هذه القهوة انتقلت من مزارع لآخر حتى وصلت لمالك الحقل وأصبحت مفضلة إلى عصرنا هذا. وهذه القهوة من أغلى الأنواع بالعالم بل إنها غالية الثمن منذ عهد الإستعمار.

9. قهوة أرانج (الفحم)

هذه النوع من القهوة يعتبر إندونيسي أصيل. آتي من جيمبر وتعتبر الأكبر من بعد مدينة مالانج. وطريقة صنعها فريدة حيث يتم تحميص الحبوب حتى تسود. ولكن مذاقها ليس مرًا. وهذه القهوة أصبحت من أفضل أنواع القهوة بجاوا وتعرف أيضًا بـ”جافا جامبيت”. ولها ميزة أخرى بعد تخميرها فلها رائحة كالفلفل.

تقريبا كل القهوة المتوفرة بإندونيسيا أصبحت مشهورة عالمية

10. قهوة لانانج

أحد أنواع القهوة المعروفة بإندونيسيا تعرف بـ”قهوة لانانج”، لاناج باللغة الجاوية تعني رجل، لماذا سميت بذلك؟ لأنه يعتقد ان لهذه القهوة قدرة في رفع حيوية الرجل. القهوة التي يكثر إنتاجها  بمناطق جاوا الشرقية تحتوي على نسبة كافئين عالية، مما يجعل شاربها لا يحس بالنعاس. وشهرة هذه القهوة وصلت للولايات المتحدة الأمريكية لإستدارة شكل حبوبها ولنسبة الكافيين العالية بها.

11. قهوة بريانغير

تعتبر قهوة بريانغير واحدة من أكثر أنواع القهوة شعبية بإندونيسيا. وشعبية قهوة بريانغير موجودة منذ الاستعمار الهولاندي لإندونيسيا. مذاقها خاص جدًا ولذيذ. وشهرتها امتدت إلى أوروبا ولشدة شهرتها أطلق عليها اسم فنجان من جافا.

12. قهوة فلوريس

أحد أنواع القهوة الأصلية في إندونيسيا، والتي تملك جودة عالية هي قهوة فلوريس. نستطيع القول أن قهوة فلوريس من أفضل أنواع القهوة في إندونيسيا روبوستا كانت أو أرابيكا، لأنها حاليا أصبحت أحد الأنواع التي يكثر البحث عنها من قبل محبي القهوة بشكل عالمي. لهذه القهوة مذاق مميز ينبعث منها. وهذه المذاق نتج بسبب تأثير المنطقة التي نبتت فيها. وإضافة إلى ذلك فإن الميزة التي تميزها عن غيرها هي طبيعة نكهتها الحامض كالليمون ورائحتها الفواحة عند شربها.

13. قهوة لامبونج

قهوة لامبونج مناسبة لأن توضع كواحدة من أفضل أنواع القهوة بإندونيسيا لرائحتها ومذاقها المميزين. وهذا النوع من القهوة يكثر زراعته في منطقة لامبونج. وهي من نوع روبوستا. وأغلب حقول القهوة بلامبونج ملك لمجتمع لامبونج وتتواجد على التلال أي الأماكن المرتقعة بلامبونج. وتتمركز بلامبونج الوسطى، لامبونج الغربية ومناطق تانجغاموس.

المترجمة: فتحية غزالي | المحرر: مؤمن مجدي


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Jenis kopi di Indonesia memiliki ragam yang bervariasi, bahkan kopi di Indonesia sangat terkenal dengan kualitasnya. Indonesia adalah negara memiliki letak geografis dan struktur tanah yang baik bagi pertumbuhan kopi. Bentang alam yang begitu luas dengan suburnya ini menghasilkan beragam jenis kopi.

Banyak wilayah di Indonesia yang mengembangkan perkebunan kopi yang masing-masing hasil kopinya memiliki karakteristik unik dan berbeda-beda. Berapa jenis kopi di Indonesia? Dan bagaimana karakteristik setiap biji kopi yang tumbuh di Indonesia? Berikut ini jenis kopi di Indonesia yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/1/2019).

Daerah Sumatera dan Sulawesi terkenal sebagai penghasil kopi

1. Kopi Sumatera

Jenis kopi di Indonesia yang paling juara adalah Kopi Sidikalang, Kopi Lintong dan Kopi Mandheling, jenis kopi ini yang paling dikenal dari Pulau Sumatera. Beberapa ahli kopi mengatakan kopi Sumatera memiliki cita rasa unik karena dengan karakteristik aroma rempah dan juga earthy. Dengan tekstur halus dan berbau tajam yang khas, kopi-kopi Sumatera menjadi salah satu kopi terlaris di dunia.

2. Kopi Sulawesi

Jenis kopi di Indonesia yang paling dikenal dari Sulawesi adalah Kopi Toraja. Rasa yang kuat dan kadar asam yang tinggi menjadi salah satu ciri khas dari Kopi Toraja. Meskipun sedikit mirip dengan kopi-kopi dari Sumatera, aroma yang dihasilkan kopi Toraja memiliki kekhasan sendiri. Keunikan itulah yang diminati oleh para pecinta kopi seluruh dunia.

3. Kopi Aceh Gayo

Kopi Aceh Gayo merupakan salah satu kopi Arabica terbaik di seluruh dunia. Cita rasa kopi Gayo sendiri terasa lebih pahit dengan tingkat keasaman rendah. Jenis kopi ini memiliki aroma yang sangat tajam. Meskipun memiliki citarasa pahit, namun ada rasa gurih yang diberikan setelah usai meneguk kopi ini.

Daerah Timur Indonesia juga memiliki kopi khas tersendiri

4. Kopi Bali Kintamani

Kopi Bali Kintamani memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar. Jenis kopi di Indonesia ini sangat unik dikarenakan tanaman kopi di Bali Kintamani ditanam bersamaan dengan tanaman lain seperti aneka sayuran dan buah jeruk. Dengan proses penanaman tumpang sari seperti ini, kopi Bali Kintamani memiliki aroma segar dengan citarasa lebih lembut dibanding kopi nusantara lainnya.

5. Kopi Papua Wamena

Jenis kopi dari timur Indonesia ini ditanam pada ketinggian 1.200 m menghasilkan citarasa ringan dengan aroma yang tajam. Hal yang paling istimewa dari kopi ini karena ditanam secara organik, tanpa campur tangan bahan kimia apapun. Jika kamu menyukai kopi yang ringan, bertekstur lembut dan nyaris tanpa ampas maka kopi Papua Wamena menjadi pilihan yang tepat.

6. Kopi Flores Bajawa

Jenis kopi di Indonesia ini dihasilkan dari Kabupaten Ngada. Kopi ini memiliki sedikit aroma fruity dan sedikit bau tembakau merupakan citarasa yang diberikan pada after taste-nya. Sebuah keunikan yang mungkin tak didapatkan dari biji kopi yang berasal dari daerah lain.

Pulau Jawa memiliki memiliki jenis kopi berbeda menurut daerahnya

7. Kopi Jawa

Jawa termasuk satu dari lima pulau terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu penghasil kopi terbesar nusantara. Jawa terkenal dengan kopi Arabika. Jenis kopi di Indonesia ini tumbuh dengan baik pada suhu 16 hingga 20 derajat Celcius atau berada pada ketinggian di atas 1.500 meter. Kopi Jawa juga dikenal sebagai salah satu kopi dengan umur terbaik di dunia karena bisa disimpan selama dua sampai tiga tahun. Hal itu jugalah yang membuat kopi ini memiliki rasa yang kuat.

8. Kopi Luwak

Jenis kopi di Indonesia ini amat erat kaitannya dengan sejarah produksi kopi di Indonesia. Pada awal abad ke-18, Belanda mendirikan perkebunan kopi di pulau-pulau Hindia Belanda baik di Jawa maupun Sumatra, salah satunya jenis Arabika yang diperkenalkan dari Yaman. Selama era Tanam Paksa (1830-1870), Belanda melarang petani pribumi untuk menanam kopi untuk keuntungan sendiri. Meski begitu, petani pribumi ingin mencicipi minuman kopi yang terkenal. Mereka akhirnya mengetahui bahwa beberapa jenis musang atau disebut luwak mengkonsumsi buah kopi, namun luwak meninggalkan biji kopi yang belum tercerna dalam kotorannya.

Petani pribumi mengumpulkan kotoran biji kopi luwak, membersihkannya, memanggang, serta menggilingnya untuk menjadikannya minuman kopi buatan mereka sendiri. Ketenaran kopi luwak beraroma ini menyebar dari petani dan penduduk pribumi ke pemilik perkebunan Belanda dan segera menjadi favorit. Hingga kini, kopi jenis ini menjadi salah satu kopi termahal di dunia. Kopi Luwak bahkan sudah mahal sejak masa penjajahan tersebut.

9. Kopi Arang

Jenis kopi yang satu ini merupakan jenis kopi asli Indonesia yang berasal dari Jember dan merupakan yang terbesar setelah kota Malang. Cara atau proses pembuatan Kopi Arang juga cukup unik yaitu dengan cara digosongkan, tapi rasanya tidak terlalu pahit. Kopi yang menjadi salah satu kopi terbaik di Jawa yang juga disebut ‘Java Jampit’ ini memiliki keunikan tersendiri setelah diseduh yaitu memiliki aroma mirip cabai.

Hampir semua kopi di Indonesia sudah terkenal di dunia

10. Kopi Lanang

Salah satu kopi yang populer asal Indonesia lainnya adalah Kopi Lanang. Dalam bahasa Jawa, ‘lanang’ itu artinya laki-laki. Kenapa dinamakan seperti itu? Karena dipercaya kopi ini bisa menambah vitalitas para pria. Kopi yang banyak diproduksi di daerah Jawa Timur ini punya kadar kafein yang cukup tinggi sehingga membuat penikmatnya tak akan merasa ngantuk. Kopi ini bahkan dikenal sampai ke daratan Amerika karena bentuk biji yang bulat dan juga kadar kafeinnya yang tinggi itu.

11. Kopi Preanger

Kopi Preanger ini merupakan salah satu jenis kopi di Indonesia dari Jawa yang sangat terkenal di dunia. Eksistensi kopi Preanger ini sudah ada sejak zaman pendudukan Belanda di Indonesia. Rasanya yang sangat khas dan nikmat, membuat kopi Java Preanger terkenal di Eropa dan bahkan saking terkenalnya mereka sering menyebutnya ‘secangkir Jawa’ (a cup of Java) cuma sekedar untuk mengartikan secangkir kopi.

12. Kopi Flores

Salah satu kopi asli Indonesia yang memiliki kualitas tinggi adalah Kopi Flores. Kopi Flores ini bisa keluar sebagai jenis kopi di Indonesia yang terbaik, baik jenis Arabika maupun Robusta, karena saat ini Kopi Flores sudah mampu menempatkan diri sebagai salah satu jenis kopi premium yang banyak dicari oleh para penikmat kopi di dunia. Kopi ini memiliki rasa yang begitu spesifik. Citarasa khas yang keluar dari Kopi Flores ini dipengaruhi dari tempat dimana kopi ini tumbuh. Selain itu, yang membuat kopi ini beda adalah citarasa asam yang murni dan bernuansa lemon serta harum saat dihirup.

13. Kopi Lampung

Kopi Lampung cukup pantas dikategorikan sebagai salah satu jenis kopi di Indonesia terbaik Indonesia karena keistimewaan aroma dan rasanya yang khas. Jenis kopi yang dibudidayakan oleh kebanyakan petani kopi di daerah lampung adalah jenis Kopi Robusta. Sebagian besar perkebunan kopi Lampung di dataran tinggi Lampung merupakan perkebunan rakyat yang terpusat di daerah Lampung Tengah, Lampung Barat, dan daerah Tanggamus.

Penerjemah: Fathiyah Gazali | Editor: Momen Majdi

(58)

تعليقات
Loading...
Click Me