تعليق سفير اندونيسيا بالسعودية على فعل المعتمرين الإندونيسيين أثناء أداء السعي

Jamaah Umrah Lantunkan Nasyid, Ini Tanggapan Dubes RI

0 728

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – تلقى السفير الإندونيسي لدى المملكة العربية السعودية، أغوس مافتوه أبيغبريل، الاحتجاج من حكومة المملكة العربية السعودية. وذلك يتعلق بما فعله المعتمرون الاندونيسيون من قرائة إقرار الأصول الخمسة (بانجاسيلا) ونشيد “يا للوطن” أثناء أداء السعي.

وهذا الفعل ظهر في وسائل التواصل الاجتماعي يوتيوب في التاريخ 24 فبراير. وذكر السفير أنه أسف على هذا الفعل غير العادي في فترة أو مكان عبادة السعي الذي قام به المعتمرون الإندونيسيون.

“إننا نأسف بشدة على الفعل غير العادى فى ذلك الوقت ووفقا للقوانين واللوائح المعمول بها، فإن حماية جميع المواطنين الاندونيسيين المقيمين فى السعودية هي مسؤولية البعثة الدبلوماسية  الاندونيسية هنا”. قاله أغوس مفتوه من خلال البيان الرسمى للسفارة الاندونيسية لدى المملكة العربية السعودية يوم الثلاثاء  (27/2).

وأضاف أن وجود الوافدين الإندونيسيين الذين يعيشون فى السعودية بالاضافة إلى المعتمرين أو الحاجون أو مجرد الزيارة إلى إحدى الدول في الشرق الأوسط هذه، فان السفير سيكون أول من يتلقى الاحتجاج من قبل حكومة المملكة العربية السعودية. ولذلك ناشد جميع الوافدين الاندونيسيين في المملكة العربية السعودية على الالتزام بالقوانين واحترام القواعد المعمول بها هناك.

وحظرت الحكومة السعودية بشدة جميع الأعمال المتعلقة بالسياسة أثناء أداء العمرة والحج. ولذلك، يعتبر هذا العمل في هذه الفترة من المحتمل أن يزعج العلاقات الدبلوماسية بين إندونيسيا والمملكة العربية السعودية، التي تعتبر حاليا في العصر الذهبي.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  صحيفة إحرام

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel telah menerima protes dari Pemerintah Arab Saudi. Hal ini terkait aksi jamaah umrah Indonesia yang melantunkan ikrar Pancasila dan Nasyid Ya Lal Wathan ketika melakukan ibadah Sai.

Aksi itu muncul di media sosial Youtube pada 24 Februari lalu. Duta Besar RI menyatakan sangat menyangkan terjadinya aksi yang dinilai tidak biasa di Masa atau tempat melakukan ibadah Sai yang dilakukan segelintir jamaah umrah Indonesia.

“Kami sangat menyayangkan terjadinya aksi yang tidak biasa di Masa dan sesuai peraturan perundang-undangan berlaku, tugas perlindungan seluruh warga Indonesia yang berada di Arab Saudi menjadi tanggung jawab perwakilan RI di sini,” ujar Agus Maftuh melalui pernyataan resmi KBRI Arab Saudi, Selasa (27/2).

Ia mengatakan jika ada ekspaktriat Indonesia yang tinggal di Arab Saudi, serta mereka yang melaksanakan umrah, haji atau sekadar berkunjung ke negara Timur Tengah itu, maka Dubes RI akan menjadi pihak pertama yang mendapat protes oleh Kerajaan Arab Saudi. Karena itu, ia menghimbau agar seluruh ekspatriat Indonesia di Arab Saudi untuk mematuhi peraturan, kepatutan, dan norma-norma yang berlaku di sana.

Pemerintah Arab Saudi telah melarang keras segala bentuk upaya yang terkait dengan politisasi umrah dan haji. Karena itu, aksi di Masa tersebut dinilai berpotensi menganggu hubungan diplomatik Indonesia-Arab Saudi, yang saat ini dinilai sedang berada di masa keemasan.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: Ihram

 

تعليقات
Loading...