تغيير مكان انعقاد منتدى الديمقراطي العاشر من بالي إلى بانتين

Kemlu pindahkan BDF dari Bali ke Banten

0 704

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – قررت وزارة الشؤون الخارجية نقل مكان انعقاد منتدى الديمقراطي العاشر في 7-8 ديسمبر 2017 المقرر انعقاده في نوسا دوا #بالي، إلى قاعة بومي سيربونج داماي (BSD) للمؤتمر، والمعرض في بانتين وذلك إثر رفع حالة التأهب جبل اجونج مما أدى إلى إغلاق مطار نغورا راي الدولي. (إقرأ: أفضل أماكن سياحية في بالي)

وأكد مدير عام الاعلام والدبلوماسية العامة بوزارة الخارجية سيسيب هيراوان فى جاكرتا يوم الخميس (30/11/2017) “أن الوضع العام في بالي كان طبيعيا، ولكن انفجار بركان جبل اجونج أثر على نشاط الطيران، ولأجل ضمان المشاركين، قررت الحكومة نقل منتدى الديمقراطي بالي العاشر (BDF) إلى قاعة بومي سيربونج داماي (BSD) للمؤتمر والمعرض بانتين ”

وحتى الآن فإن مطار نجوراه راي الدولي لا يزال مغلقا منذ يوم الاثنين (27/11).

,وقال في بيان رسمي للصحافة، أن المشاركين الذين أكدوا على الحضور يعرفون بوضع الرحلات من و إلى بالي إثر انفجار بركان جبل اجونج.

وفيما يتعلق بعدد المشاركين، تم التأكيد على أن الحضور من 29 دولة و 6 منظمات دولية التي تتكون من رئيس دولة واحدة أو الحكومة، و 16 وزيرا، و 10 نواب وزراء، والبقية من كبار المسؤولين.

وأضاف مدير برنامج التنمية الدولية (IDP) أنه من المتوقع أن يرتفع العدد قبل انعقاد منتدى الديمقراطي بالي العاشر (BDF) لأنه حتى الآن لا يزال هناك العديد من الأسئلة والطلبات للحصول على معلومات إضافية من الدول المشاركة.
وجدير بالذكر أنه فى وقت سابق، أعرب نائب الرئيس يوسف كالا عن قلقه بشأن انعقاد منتدى الديمقراطي الذي كان من المقرر انعقاده في بالي يمكن تحويلها الى جاكرتا بعد رفع حالة تأهب جبل اجونج إلى أعلى مستوى.

وقال يوسف كالا فى مكتب نائب الرئيس فى جاكرتا يوم الثلاثاء (28/11) ” وفي ظل الظروف الصعبة مثل الآن فإنه من المستحيل انعقاد الاجتماع في بالي ”

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر |المصدر : انتارا نيوز

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Kementerian Luar Negeri RI memindahkan tempat pelaksanaan Bali Democracy Forum (BDF) ke-10 pada 7-8 Desember 2017 dari Nusa Dua, Bali, ke Indonesia Conference and Exhibitition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Banten, terkait erupsi Gunung Agung yang menyebabkan Bandara Internasional Ngurah Rai ditutup.

“Kami ingin tekankan bahwa secara umum situasi di Bali berjalan normal, namun karena dampak erupsi Gunung Agung mengganggu aktivitas penerbangan, dalam kaitan ini untuk menjamin kenyamanan para delegasi maka pemerintah memutuskan untuk memindahkan tempat BDF ke Indonesia Conference and Exhibition (ICE) di BSD,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (IDP) Kemlu Cecep Herawan di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Wapres Usul Bali Democracy Forum Dipindah Ke Jakarta

Hingga saat ini Bandara Internasional Ngurah Rai masih ditutup sejak Senin (27/11).

Dalam penjelasan resmi kepada pers, Cecep menyampaikan hingga saat ini para calon delegasi yang telah mengonfirmasi kehadiran pada acara BDF menyampaikan pengertian atas situasi penerbangan dari dan ke Bali yang terkena dampak erupsi Gunung Agung.

Terkait jumlah peserta, delegasi dari 29 negara dan 6 organisasi internasional telah menyatakan akan hadir, yang terdiri atas satu kepala negara/pemerintahan, 16 menteri, 10 wakil menteri, dan sisanya pejabat senior.

Baca juga: Dampak Gunung Agung, Penumpang Internasional Dapat Perpanjangan Izin Tinggal

Dirjen IDP menambahkan, jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah jelang penyelenggaraan BDF karena hingga saat ini masih banyak pertanyaan dan permintaan informasi tambahan dari negara-negara peserta.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga telah menyampaikan perhatiannya pada penyelenggaraan BDF ke-10 yang sedianya akan dilaksanakan di Bali dapat dipindah ke Jakarta mengingat dampak erupsi Gunung Agung.

“Tidak mungkin `kan ada pertemuan penting dan terjadi erupsi sehingga pesawat tidak bisa masuk, pertemuan itu sulit terjadi,” kata JK di Kantor Wakil Presiden, di Jakarta, Selasa (28/11).

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares Albadr | Sumber: Antaranews.com

 

تعليقات
Loading...