تكلفة المغادرة للحج في ماكاسار عام 2018 بلغت 39,5 مليون روبية

Biaya ibadah haji embarkasi Makassar 2018 Rp39,5 jutaan

0 1٬259

 

ماكاسار، إندونيسيا اليوم – بلغت تكلفة تنظيم الحج (BPIH) لعام 2018 لركاب ماكاسار على وجه الخصوص إلى 39.5 مليون روبية وأكثر، بزيادة قدرها 525 ألف روبية عن العام الماضي بقيمة أكثر من 38.9 مليون روبية.

وقال رئيس المكتب الإقليمي لوزارة الشؤون الدينية في محافظة سولاويسى الجنوبية، عبد الوحيد طاهر:”الزيادة ترجع إلى عدد من العوامل بما في ذلك من أسعار وقود الطائرات والزيادة في الضرائب من قبل حكومة المملكة العربية السعودية ابتداء من هذا العام”. ماكاسار، يوم الخميس.

بالإضافة إلى ذلك، فإن المرسوم الرئاسي رقم 7 لعام 2018 الذي وقعه الرئيس جوكو ويدودو في 10 أبريل 2018 يقوي أيضا تكلفة تنظيم الحج (BBPIH) في 2018، أو 1439 من الهجرة قد تم إصداره.

في نظره، فإن هذا المرسوم الرئاسي ينظم نقطتين رئيسيتين، هما مبلغ تكلفة تنظيم الحج للحجاج العاديين في كل رحلة، ومقدار تكلفة تنظيم الحج للفريق التوجيهي الإقليمي (TPHD) لكل رحلة.

وشرح وحيد: “يتم استخدام تكلفة تنظيم الحج للحجاج العاديين، وبعض تكاليف الإقامة في مكة، وتكلفة المعيشة هناك”.

وفيما يتعلق بتكلفة تنظيم الحج وفريق التوجيهي الإقليمي، أضاف أنه يستخدم لرحلات الحج، ورسوم الإقامة في مكة، وتكاليف الإقامة في المدينة، ونفقات المعيشة، وخدمات الحج خارج البلاد، وخدمات الحج في البلاد.

بالنسبة للحجاج المنتظمين الذين دفعوا مبلغ الإيداع الأولي البالغ 25 مليون روبية، فإن المبلغ المطلوب إيداعه هو مبلغ صندوق الإيداع الأولي مع تكلفة تنظيم الحج التي تم تعيينه لكل رحلة.

وقال “يتم إيداع الأموال في حساب نيابة عن وكالة إدارة الأموال (BPKH) في بنك الإيداع في تكلفة تنظيم الحج التي تعينه وكالة إدارة الأموال”.

بالنسبة لما يتعلق بدفع رسوم الحج، قال وحيد طاهر، أن المديرية العامة لتنفيذ الحج والعمرة لوزارة الشؤون الدينية لجمهورية إندونيسيا، بصدد التحضير لقرار الحج، يقوم حاليا بإعداد المرسوم الصادر عن وزير الشؤون الدينية ومرسوم المديرية العامة لإدارة الحج والعمرة الذي ينظم الجوانب التقنية.

ويأمل أن يتم الانتهاء من هاتين اللائحتين هذا الأسبوع حتى يمكن الإعلان عن توقيت استرداد تكلفة تنظيم الحج للحجاج العاديين وفريق التوجيهي الإقليمي قريبا.

وأكد أن إضافة تكلفة تنظيم الحج لن تقلل من توجيه التدريب والخدمة والحماية للحجاج. حتى هذا العام، هناك زيادة في بعض البنود مثل إضافة كمية الحج إلى ثمانية أضعاف في المنطقة، ضعفي مستوى المحافظة.

“حجاجنا أيضا سيحصلون على حصص من الوجبات بقدر 18 مرة في المدينة المنورة و40 مرة في مكة ويحصلون على وجبة كاملة أثناء عرفة ومنى، إذن كلها متساوية.” قال ذلك رئيس المكتب الاقليمي.

لتسجيل تكلفة تنظيم الحج للحجاج العاديين في المغادرة استنادا إلى بيانات وزارة الشؤون الدينية كما أن مغادرة آتشيه ب31,09 مليون روبية ميدا ب31,8 مليون روبية، باتام ب32.4 مليون أكثر، بادانج 33 مليون أكثر، بالمبانج 33.5 مليون أكثر، جاكرتا (بوندوك غيدي) 34.7 مليون روبية وزيادة.

ثم إن لمغادرة جاكرتا (باكاسي) أكثر من 34.5 مليون روبية، سولو أكثر من 35.9 مليون روبية، سورابايا أكثر من 36.09 مليون روبية، بانجارماسين أكثر من 38.1 مليون روبية، ماكاسار أكثر من 39.5 مليون روبية، لومبوك أكثر من 38.7 مليون روبية.

في حين أن قائمة تكلفة تنظيم الحج لفريق التوجيهي الإقليمي لكل المغادرة كالمغادرة لأتشيه  أكثر من 58,7 مليون روبية، ميدان أكثر من 59,5 مليون روبية، وباتام أكثر من 60,1 مليون روبية، وبادانج أكثر من 60,7 مليون روبية، وباليمبانج أكثر من 61,2 مليون روبية، جاكرتا (بوندوك غيدي) أكثر من 62,2 مليون .

والمغادرة لجاكرتا (باكاسي)  أكثر من 62,2 مليون روبية، وسولو أكثر من 63,6 مليون روبية، وسورابايا أكثر من 63,7 مليون روبية، وبانجارماسين أكثر من 65,8 مليون روبية، وباليكبابان أكثر من 66,2 مليون روبية، وماكاسار أكثر من 67,2 مليون روبية، ولومبوك أكثر من 66,5 مليون روبية.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر: انتارا

Makassar, Indonesiaalyoum.com – Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk tahun 2018 khusus embarkasi Makassar sebesar Rp39,5 juta lebih,  mengalami kenaikan Rp525 ribu lebih dibandingkan tahun lalu senilai Rp38,9 juta lebih.

“Kenaikan ini disebabkan sejumlah faktor diantaranya harga avtur pesawat dan peningkatan jumlah pajak oleh pemerintah Arab Saudi mulai tahun ini,”sebut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Abd. Wahid Thahir di Makassar, Kamis.

Selain itu, Keputusan Presiden (Keppres) nomor 7 tahun 2018 yang diteken Presiden Joko Widodo pada 10 April 2018 juga menguatkan tentang BBPIH tahun 2018, atau 1439 hijiriah telah terbit.

Menurutnya, Keppres ini mengatur dua hal pokok, yakni besaran BPIH untuk jemaah haji reguler di setiap embarkasi dan besaran BPIH untuk Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) per embarkasi.

“BPIH jemaah haji reguler digunakan untuk biaya penerbangan haji, sebagian biaya pemondokan di Makkah, dan biaya hidup disana,”jelas Wahid.

Mengenai BPIH TPHD, tambahnya, digunakan untuk biaya penerbangan haji, biaya pemondokan di Makkah, biaya pemondokan di Madinah, biaya hidup, biaya pelayanan haji di luar negeri, dan biaya pelayanan haji di dalam negeri.

Bagi jamaah haji reguler sudah membayar setoran awal sebesar Rp25 juta, uang yang harus disetorkan adalah sebesar selisih dana setoran awal dengan BPIH yang telah ditetapkan per embarkasi.

“Dana tersebut disetorkan ke rekening atas nama Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) pada Bank Penerima Setoran BPIH yang ditunjuk oleh BPKH,” katanya.

Terkait pelunasan biaya haji, Wahid Thahir mengatakan bahwa Dirjen PHU Kemenag RI saat ini tengah menyiapkan Keputusan Menteri Agama dan Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah yang mengatur teknisnya.

Dirinya berharap kedua regulasi ini bisa selesai pada pekan ini sehingga waktu pelunasan BPIH bagi jemaah haji reguler dan TPHD bisa segera diumumkan.

Pihaknya menyakinkan penambahan BPIH ini tidak akan mengurangi jaminan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jemaah haji. Bahkan tahun ini ada peningkatan di beberapa item diantaranya penambahan kuantitas pemberian manasik haji yakni delapan kali di kecamatan, dua kali tingkat kabupaten.

“Jamaah haji kita juga akan mendapatkan jatah makan atau konsumsi sebanyak 18 kali di madinah dan 40 kali di Mekkah serta menerima makan secara full selama di Arafah Mina, jadi sepadan,” papar Kakanwil.

Untuk daftar BPIH jemaah haji reguler per embarkasi berdasarkan data Kemenag seperti embarkasi Aceh Rp31,09 juta Meda, Rp31,8 juta lebih, Batam Rp32,4 juta lebih, Padang Rp33 juta lebih, Palembang Rp33,5 juta lebih, Jakarta (Pondok Gede) Rp34,7 juta lebih.

Selanjutnya, Embarkasi Jakarta (Bekasi) Rp34,5 juta lebih, Solo Rp35,9 juta lebih, Surabaya Rp36,09 juta lebih, Banjarmasin Rp38,1 juta lebih, Balikpapan Rp38,5 juta lebih, Makassar Rp39,5 juta lebih dan Lombok Rp38,7 juta lebih.

Sementara daftar BPIH bagi TPHD per embarkasi seperti embarkasi Aceh sebesar Rp58,7 juta lebih, Medan Rp59,5 juta lebih, Batam Rp60,1 juta lebih, Padang Rp60,7 juta lebih, Palembang Rp61,2 juta lebih, Jakarta (Pondok Gede) Rp62,2 juta lebih.

Kemudian Embarkasi Jakarta (Bekasi) Rp62,2 juta lebih, Solo Rp63,6 juta lebih, Surabaya Rp63,7 juta lebih, Banjarmasin Rp65,8 juta lebih, Balikpapan Rp66,2 juta lebih, Makassar Rp67,2 juta lebih dan embarkasi Lombok Rp66,5 juta lebih.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: Antara

 

تعليقات
Loading...