تمديد فترة الإقامة للسياح الأجانب إثر انفجار جبل آجونج في بالي

Dampak Gunung Agung, penumpang internasional dapat perpanjangan izin tinggal

0 762

 

بالي، اندونيسيا اليوم – قررت الحكومة الإندونيسية تمديد فترة الإقامة لركاب الرحلات الدولية تتوقف رحلتها بسبب انفجار جبل آجونج في بالي في الأيام الأخيرة.

صرّح بذلك السكرتير العام لوزارة النقل (سوجيهارجو) في المؤتمر الصحفي الذي عُقد في جاكرتا يوم الثلاثاء 11/30 و أضاف : أنّ أقصى مدة لتمديد تصريح الإقامة هو شهر واحد.

وأردف: “من القضايا الأخرى التي نوقشت في الوزارة بعد التنسيق مع الحاكم ونائبه أنه إذا كان هناك سائحي فإنهم يجبرون على تمديد فترة الإقامة التي انقضى أجلها، ويجب أن يكونوا قد تجاوزوا مدة الإقامة، سنسهل تمديد الإقامة لهم”.

كما أشار سكرتير شركة (أنجكاسا بورا إيسروادي) أنه بعد التنسيق مع مكتب الجوازات المحلي، يحق للركاب الدوليين الذين اجتازوا الإجراءات في مكتب الهجرة أن يحصلوا على “تصريح الخروج” الذي يصلح لمدة أسبوع.

“بالإضافة إلى ذلك، يتم التمديد لشهر واحد في مكتب الهجرة”. أضاف إيسروادي.

أما بالنسبة للركاب الدوليين الذين لم يكملوا إجراءاتهم في مكتب الهجرة، فيمكن أن يحصلوا على تمديد لمدة شهر واحد في مكتب الهجرة.

في ذات الصدد استأنفت شركة طيران (غارودا ) الإندونيسية رحلتين حاليا ، وهما GA 440و 441 GAمن لومبوك.

من جانبه، قال نائب الرئيس التنفيذي المناوب للاتصالات بشركة (غارودا ) (إهينجكي هيرياندونو) أن هناك 20 رحلة تتوقف في (لومبوك).

ومع ذلك، سنواصل مراقبة استعدادات الخطوط الجوية إلى لومبوك، إذا استمر الرماد البركاني الذي يغطي الأجواء أو في حالة توقعه”.

وعلاوة على ذلك، فتحت “سيتيلينك إندونيسيا” رحلات من سورابايا-لومبوك بينما ألغت “إير آسيا” الرحلات من وإلى لومبوك، حيث إن إلغاء الرحلات الدولية هي QZ511 من كلكتا إلى كوالا لمبور و QZ510 من كوالالمبور إلى كلكتا.

المترجم: جيمي هينديكو | المحرر: طلال الشيقي |المصدر: انتارا نيوز

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Pemerintah Indonesia memutuskan untuk memberikan perpanjangan izin tinggal bagi penumpang pesawat rute internasional yang tertahan penerbangannya akibat letusan Gunung Agung di Bali pada beberapa hari terakhir.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo usai konferensi pers di Jakarta, Selasa mengatakan perpanjangan izin tinggal itu maksimal satu bulan.

Baca juga: Wapres Usul Bali Democracy Forum Dipindah Ke Jakarta

“Satu lagi yang dibahas di Kemenko setelah konferensi dengan Wakil Gubernur dan Gubernur, kalau ada turis yang terpaksa memperpanjang tinggal karena habis dan harus `overstay`, akan diterbitkan kemudahaan izin tinggal,” katanya.

Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura I Israwadi mengatakan setelah berkoordinasi dengan kantor imigrasi setempat, penumpang internasional yang sudah melewati proses imigrasi keluar, akan diberikat “exit pass” yang berlaku selama satu minggu.

“Untuk selanjutnya, pengurusan perpanjangan selama satu bulan dilakukan di Kantor Imigrasi,” katanya.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai Bali Tutup 24 Jam

Sementara itu, lanjut dia, bagi penumpang internasional yang belum melewati proses imigrasi, dapat mengurus perpanjangan selama satu bulan di Kantor Imigrasi.

Saat ini, Garuda Indonesia mulai menerbangan dua penerbangan, yaitu GA 440 dan GA 441 dari Lombok.

Pelaksana Harian Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia Hengki Heriandono mengatakan ada 20 penerbangan dari Lombok yang belum dapat beroperasi.

“Namun demikian, kami kan terus memonitor lebih lanjut kesiapan jalur udara penerbangan sekitar Lombok tersebut, sekiranya sewaktu-waktu terdapat sekarang abu vulkanik yang perlu diantisipasi,” katanya.

Baca juga: Erupsi Gunung Agung, Bandara Lombok Praya Ditutup

Sementara itu, Citilink Indonesia juga telah membuka penerbangan Surabaya-Lombok dan AirAsia membatalkan penerbangan dari dan ke Lombok, rute internasional yang dibatalkan adalah QZ511 Kolkata-Kuala Lumpur dan QZ510 Kuala Lumpur – Kolkata.

Penerjemah: Jemmy Hendiko | Editor: Talal alSaigi | Sumber: Antaranews.com

 

تعليقات
Loading...