إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

توجيهات من الشرطة بدعم جوكو ويدودو

Kapolsek Mengaku Diarahkan Kapolres Galang Dukungan ke Jokowi

266

- Advertisement -

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قائد شرطة باسيروانغي بمقاطعة جاروت في محافظة جاوا الغربية سولمان عزيز يعترف بأنه قد تلقى أوامر من رئيس شرطة المقاطعة بأن يحشد الدعم لأجل الثنائي الرئاسي جوكو ويدودو و معروف أمين. و قد تلقى الأمر نفسه عدد من قواد الشرطة في المقاطعة نفسها لدعم الثنائي الرئاسي رقم 1.

قال عزيز أن رئيس شرطة مقاطعة جاروق قد عقد اجتماع لرؤساء مراكز الشرطة بالمقاطعة و أمرهم بأن يجروا استقصاء لدعم المواطنين لكلٍ من المرشحين الرئاسيين جوكوي و برابوو.

و ذكر عزيز أن ذلك الأمر حدث في فبراير الماضي. كما أضاف أن رئساء مراكز الشرطة قد تم تهديدهم بأن يتم نقلهم من مناصبهم إذا خير المرشح الرئاسي رقم 1، جوكو ويدودو، في مناطق ولايتهم.

قال عزيز: “لقد تم تهديدنا بأنه سيتم نقلنا إنذا خير المرشح رقم 1 في مناطق عملنا”.

و قد تم نقل عزيز بالفعل من منصبه، فلم يعد رئيس شرطة بعد الآن، حيث تم نقله إلى شرطة الآداب في جاوا الغربية.

و قد حاولت سي ان ان أن تتواصل مع رئيس العلاقات العامة في شرطة جابار، ترونويودو ويسنو أنديكو، إلا أنها لم تتلقى أي استجابة.

و كان هريس أزهر قد ادعى في وقتٍ سابق بأن الشرطة تقوم بجمع المعلومات عن مستوى دعم الجمهور لكلا المرشحين الرئاسيين. و ادعى كذلك بأن لديه معلومات عن حدوث هذا الأمر في عدد من المناطق.

قال هريس بأن البيانات التي تجمعها مراكز الشرطة يتم تنظيمها و صفها في ملفات إكسيل.

رئيس مكتب التوعية و العلاقات العامة بالشرطة الإندونيسية، بريججين ديدي براسيتيو لم يجادل بحدوث تلك الظاهرة في عدد من المناطق، إلا أنه ادعى بأن هذا الأمر يتم في إطار رسم خريطة للمناطق المحتمل وجود صراع بها بسبب التنافس السياسي.

قال ديدي: “يمكن أن تجمع الشرطة تلك المعلومات لرسم خريطة للمناطق الساخنة و تحديد النقاط التي ربما ينشب صراع بها. و كذلك لإعداد خطط التعامل إذا حدث و نشب صراع بين المواطنين”.

المترجم : مؤمن السيفي | المصدر: سي ان ان إندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Kapolsek Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, AKP Sulman Azis mengaku diperintahkan untuk menggalang dukungan kepada pasangan calon nomor 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin oleh Kapolres Kabupaten Garut. Perintah serupa juga diberikan kepada kapolsek lainnya di wilayah Kabupaten Garut.

“Beberapa kali saya dipanggil Kapolres untuk melakukan data dukungan kepada masing-masing calon diperintahkan untuk melakukan penggalangan,” ucap Sulman di kantor Lokataru, Jakarta, Minggu (31/3).

Sulman mengatakan Kapolres Kabupaten Garut juga pernah menggelar rapat dengan para kapolsek di wilayahnya. Dalam rapat itu, perintah menggalang dukungan diberikan. Perintah pendataan dukungan masyarakat kepada 01 dan 02 pun diberikan.

Sulman menyebut itu terjadi pada Februari lalu. Para kapolsek, lanjut Sulman, diancam akan dimutasikan. Tindakan tersebut akan dilakukan terhadap kapolsek jika paslon 01 kalah di wilayahnya.

“Kami diancam, kalau seandainya di wilayah kami bertugas paslon nomr 01 kalah kami akan dipindahkan,” ucap Sulman.

Sulman saat ini sudah tak lagi menjabat sebagai kapolsek. Dia dimutasikan ke Polda Jabar seksi penanganan pelanggaran.

CNNIndonesia.com menghubungi Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko namun belum merespons hingga berita ini diturunkan.

Sebelumnya, Haris Azhar menyebut kepolisian mendata kekuatan dukungan masyarakat terhadap paslon peserta Pilpres 2019. Dia mengklaim memiliki data mengenai hal tersebut di sejumlah wilayah.

Haris mengatakan data yang diperoleh dihimpun oleh Polres dan Polsek menggunakan Microsoft Excel.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo tidak membantah ada anggotanya di sejumlah wilayah melakukan pendataan seperti yang disebut Haris. Namun, menurutnya, pendataan dilakukan dalam rangka membuat peta rawan konflik.

“Bisa saja anggota melakukan mapping kerawanan dan untuk mengidentifikasi potensi – potensi konflik yang mungkin dapat terjadi serta akan membuat cara bertindak dan rencana contigency nantinya apabila hal tersebut terjadi,” kata Dedi beberapa waktu lalu.

Penerjemah: Momen Alsaify | Siumber: CNN Indonesia

(51)

تعليقات
Loading...
Click Me