توقعات كون إندونيسيا مركزا لصناعيا لبيتروكيماويات الآسيوية

Indonesia Berpotensi Jadi Pusat Industri Petrokimia Asia

0 847

جاكرتا، إندونيسيا اليوم- توقعات كبيرة ومحتملة بأن إندونيسيا ستكون مركزا لصناعة بيتروكيماويات. حتى إن هذه الصناعة ستنافس على مستوى آسيان أو آسيا.

“صناعة البتروكيماويات كواحدة من قطاعات المنبع الذي يوفر المواد الخام التي تكاد  تكون في كل قطاعات الصناعة  تقريبا، مثل صناعة البلاستيك، والمنسوجات والطلاء ومستحضرات التجميل حتى الصيدليات فمن أجل ذلك كانت الاستدامة في تنمية صناعة البتروكيماويات أمر حيوي للنشاط الاقتصادي.” قاله مدير الصناعة الكيميائية، والمنسوجات، وأنواع وزارة الصناعة  أحمد سجيت دويواهيونو من خلال بيانه في جاكرتا، يوم الثلاثاء (6/2).

قد يهمك: استخدام أموال الزكاة المأخوذة من راواتب الموظفين الحكوميين

وأكد سيجيت، أن إندونيسيا قد أنتجت بعض المنتجات الصناعية من البتروكيماويات، إلا أن العدد لم يلب الاحتياجات لمساحات كبيرة. على سبيل المثال، نتاج نفتا كريكر حاليا تنتج ما يصل إلى 900 ألف طن سنوياً، في حين أن الطلب المحلي من 1.6 مليون طن. ومن ناحية أخرى، أصدرت سنغافورة 3.8 مليون طن وتايلاند 5 مليون طن سنوياً.

“ونتيجة لذلك، ارتفعت أرقام الاستيراد وأثرت على الدخل المحلي. فضلا عن ذلك، الاعتماد على استيراد المنتجات البتروكيميائية يسبب ضعف صناعة المصب نحو أسعار صرف العملات.” كما ذكره.

واعتقد سجيت أيضا، أن إندونيسيا يمكن أن تكون مركز نمو صناعة البتروكيماويات، حتى إنها ستكون  قادرة على المنافسة في آسيا أو الآسيان.

قد يهمك: الصحوة الإسلامية (3) بقلم كياهي الحاج الإمام زركشي، مؤسس معهد دار السلام كونتور الحديث

وقال:  “إن هذه الموارد لم يتم استخدامها على النحو الأمثل فنحن الآن  سنصدرها فحسب.”

وتحقيقا لهذه الغاية، من الضروري زيادة هيليريساسي المصنوعة لترقية قيمة إضافية للمواد الخام المحلية ومصادره للقدرة التنافسية. “يجب علينا أن نغير الطريق للتطلع نحو الموارد الطبيعية المحلية، ليس بمجرد السلع التجارية. ومع ذلك، فإنه ينبغي أن تستخدم كمؤيد للقطاع الصناعي. ” كما أضافه.

وأشارت وزارة الصناعة، على امتداد عام 2015-2017، نموا في صناعة البتروكيماويات المستندة إلى الغاز التي لا تزال متأثرة بالارتفاع في أسعار الغاز. لأن المواد الخام للغاز تشكل 70 % من هيكل الإنتاج في هذا القطاع.

ولذلك، في محاولة لتسريع الأعمال للاستثمار في صناعة البتروكيماويات، قد اقترحت وزارة الصناعة أن هذا القطاع يستحق الحصول على انخفاض في أسعار الغاز. ومن المؤكد مع أسعار الغاز الممكنة ستتزايد القدرة التنافسية في صناعة البتروكيماويات المحلية.

ذكر سجيت، أن زيادة الإنتاجية والقدرة التنافسية لصناعة البتروكيماويات المحلية، بين أمور وأخرى، تتأثر بمدى توافر الإمدادات والقدرة على تحمل التكاليف في أسعار المواد الخام والطاقة. ثم إن التوافق قائم بين صناعة البتروكيماويات ومنبع الغاز ونظام النقل الغذائي الذي يمكن الاعتماد عليه، وتطوير كفاءة الموارد البشرية، والاستفادة من البحوث والتكنولوجيا الصناعية.

“لقد دخلت بعض القطاعات الصناعية في الثورة الصناعية الرابعة أوالصناعة4.0 ومن بينها صناعة البتروكيماويات. ونأمل تشييد الابتكار التكنولوجي الإعلامي، لا سيما في قطاع الصناعة التحويلية، ويمكن تشجيع الصناعة المحلية أكثر إنتاجية والقدرة التنافسية.”

لقد أكد أير لانجا هارتانتو وزير الصناعة أن هناك ثلاث شركات على الأقل صرحت برغبتها في الاستثمار في قطاع صناعة البيتروكيماويات في إندونيسيا. “فإنهم سينتجون المواد الخام الكيميائية المستندة على النفتا كريكر في البلد حيث إننا لا نحتاج إلى الاستيراد مستقبلا.”

أولاً، شركة تشاندرا أسري بتروكيميكال للصناعة الوطنية، سوف تدعم بأموال تصل إلى 6 مليار دولار أمريكي حتى حلول عام 2021 من أجل زيادة القدرة الإنتاجية. في عام 2017، وتستثمر الشركة مبلغ 150 مليون دولار لزيادة قدرة بوتادين بما يصل إلى 50 ألف طن في السنة، وبوليتيليني 400 ألف طن سنوياً.

ثانيا، صناعة البتروكيماويات من كوريا الجنوبية لوتي شاميكال تيتان ستحقق استثماراتها التي  تصل إلى 3-4 مليار دولار أمريكي لإنتاج النفتا كريكر بسعة إجمالية تصل إلى 2 مليون طن سنوياً. وهذه المواد الخام الكيميائية هي لإنتاج الإثيلين، والبروبيلين وغيرها من المنتجات المشتقة منها.

ثالثا، صناعة كبيرة من تايلاند، سيام الأسمنت مجموعة (SCG)،  أيضا تعتزم بناء منشأة لإنتاج النفثا كريكر قيمتها 600 مليون دولار في تشيليجون، بانتان. “باستثمار إضافي من لوتي تشاميكال وشركة تشاندرا أسري بيتروتشيمكال سوف تكون إندونيسيا  قادرة على إنتاج النفتا كريكر المستندة إلى المواد الخام الكيميائية بأكثر من 3 مليون طن سنوياً. بل إندونيسيا، يمكن أن تكون في وضع كرابع أكبر منتج في الآسيان بعد تايلاند، وسنغافورة، وماليزيا.” قاله أيرلانجا.

المترجم: أحمد شكري | المحرر: فارس البدر | المصدر: صحيفة ريفوبليكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com — Indonesia berpotensi menjadi pusat pertumbuhan industri petrokimia. Bahkan industri petrokimia Indonesia bisa kompetitif di tingkat ASEAN maupun Asia.

“Industri petrokimia sebagai salah satu sektor hulu yang menyediakan bahan baku untuk hampir seluruh sektor hilir, seperti industri plastik, tekstil, cat, kosmetik hingga farmasi sehingga keberlanjutan dalam pembangunan industri petrokimia sangat penting bagi aktivitas ekonomi,” kata Dirjen Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono melalui keterangannya di Jakarta, Selasa (6/2).

Menurut Sigit, Indonesia telah menghasilkan beberapa produk industri petrokimia, namun jumlahnya masih belum memenuhi kebutuhan domestik yang cukup besar. Misalnya, produk nafta cracker yang saat ini diproduksi nasional sebanyak 900 ribu ton per tahun, sementara permintaan dalam negeri 1,6 juta ton. Sedangkan, Singapura sudah memproduksi 3,8 juta ton dan Thailand 5 juta ton per tahun.

“Konsekuensinya, angka impor menjadi naik dan mempengaruhi pemasukan dalam negeri. Belum lagi, ketergantungan impor produk petrokimia menyebabkan industri hilir rapuh terhadap dinamika nilai tukar mata uang,” paparnya.

Sigit meyakini, Indonesia berpotensi bisa menjadi pusat pertumbuhan industri petrokimia, bahkan bisa kompetitif di tingkat ASEAN maupun Asia. Hal ini karena Indonesia memiliki potensi cadangan minyak dan gas hingga 7,5 miliar barrel dan 150 triliun cubic feet serta cadangan batu bara 30 miliar ton.

“Sumber daya ini belum digunakan secara optimal dan selama ini hanya diekspor,” ungkapnya.

Untuk itu, perlu hilirisasi industri untuk meningkatkan nilai tambah bahan baku dalam negeri dan sumber daya saing. “Kita harus mengubah cara pandang terhadap kekayaan alam domestik, bukan lagi sekadar komoditas perdagangan. Tetapi, harus digunakan sebagai pendukung sektor industri,” lanjutnya.

Kemenperin mencatat, sepanjang 2015-2017, pertumbuhan industri petrokimia berbasis migas masih dipengaruhi oleh kenaikan harga gas. Pasalnya, bahan baku gas membentuk 70 persen terhadap struktur biaya produksi pada sektor tersebut.

Oleh karena itu, dalam upaya mempercepat realisasi investasi di industri petrokimia, Kemenperin telah mengusulkan agar sektor ini perlu mendapatkan penurunan harga gas. Dipastikan, dengan harga gas yang kompetitif, daya saing industri petrokimia nasional semakin meningkat.

Sigit menyebutkan, peningkatan produktivitas dan daya saing industri petrokimia nasional, antara lain dipengaruhi oleh ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga bahan baku dan energi. Selanjutnya, keterpaduan industri petrokimia dengan sektor hulu migas, sistem logistik transportasi dan pelabuhan yang dapat diandalkan, pembangunan kompetensi SDM, serta penfaatan riset dan teknologi industri.

“Beberapa subsektor industri telah memasuki revolusi industri keempat atau Industry 4.0, salah satunya adalah industri petrokimia. Kami berharap, pembangunan inovasi teknologi informasi ini, khususnya di sektor manufaktur, dapat mendorong industri nasional lebih produktif dan berdaya saing,” tuturnya.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan, sedikitnya ada tiga perusahaan yang telah menyatakan minatnya untuk berinvestasi dalam pengembangan sektor industri petrokimia di Indonesia. “Mereka akan memproduksi kebutuhan bahan baku kimia berbasis nafta cracker di dalam negeri sehingga nanti kita tidak perlu lagi impor,” tegasnya.

Pertama, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. selaku industri nasional, akan menggelontorkan dana sebesar 6 miliar dolar AS sampai 2021 dalam rangka peningkatan kapasitas produksi. Pada 2017, perseroan berinvestasi sebesar 150 juta dolar untuk menambah kapasitas butadiene sebanyak 50 ribu ton per tahun dan polietilene 400 ribu ton per tahun.

Kedua, industri petrokimia asal Korea Selatan, Lotte Chemical Titan akan merealisasikan investasinya sebesar 3-4 miliar dollar AS untuk memproduksi nafta cracker dengan total kapasitas sebanyak 2 juta ton per tahun. Bahan baku kimia tersebut diperlukan untuk menghasilkan ethylene, propylene dan produk turunan lainnya.

Ketiga, manufaktur besar Thailand, Siam Cement Group (SCG), juga berencana membangun fasilitas produksi nafta cracker senilai 600 juta dolar di Cilegon, Banten. “Dengan tambahan investasi Lotte Chemical dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk., Indonesia akan mampu menghasilkan bahan baku kimia berbasis nafta cracker sebanyak 3 juta ton per tahun. Bahkan, Indonesia bisa memposisikan sebagai produsen terbesar ke-4 di ASEAN setelah Thailand, Singapura dan Malaysia,” ungkap Airlangga.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: ROL

 

تعليقات
Loading...